• 2.9.21

    7 Kunci Sukses Konsisten dalam Berkarya

    7 Kunci Sukses Konsisten Berkarya

    7 Kunci Sukses Konsisten Berkarya

    Dear readers, masih semangat untuk berkarya? Pastinya dong, apalagi sejak pandemi mungkin kita jadi punya hobi baru atau menggali hobi lama yang telah terkubur rapi hehe. Lumayan lah punya hobi itu bikin hidup nggak mudah jenuh, malu mengeluh dan senantiasa bersyukur, aseek. Nah, kali ini aku mencoba untuk berbagi artikel tentang 7 Kunci Sukses Konsisten Berkarya, semoga bermanfaat ya!

    1. Niat

    Menetapkan niat ini emang penting banget guys, awalnya aku menulis blog untuk membalas kebaikan semesta, lama-lama ngeblog ini justru bisa membiayai hobiku yang lain yakni menggambar! Sekarang aku monetasi blog agar bisa membantu keluarga, insya Allah niat yang baik akan kembali menjadi kebaikan untuk diri sendiri, ya kan?

    2. Membuat rencana

    Setelah punya keteguhan niat, sekarang kite membuat rencana apa saja yang harus kita lakukan supaya karya kita berkembang! Buatlah rencana jangka pendek dan jangka panjang. Aku lebih senang merahasiakan rencana-rencana indah ini agar working in silent, dengan lebih banyak bekerja dan berkarya dalam diam.

    Cukup kita saja dan mungkin orang terdekat yang tahu perjuangannya. Nggak usah mengeluh dan banyak bacot di sosmed jika hanya untuk cari perhatian biar disebut sibuk, mengeluh hanya mengganggu timeline orang lain karena kebanyakan orang hanya kepo, tidak benar-benar peduli sama kita. Daripada sibuk bikin status yang tidak bermanfaat, lebih baik pergunakan waktu untuk mempersiapkan karya yang lebih baik lagi.

    3. Menentukan target

    Setelah berencana dengan matang, silakan tentukan target yang ingin dicapai. Misalnya aku tahun ini ingin menulis blog 10 tulisan perbulan, aktif membuat tulisan dan  ilustrasi yang menghasilkan uang, bukan saja di nikmati sekarang namun juga bisa menjadi investasi atau passive income di masa depan.

    7 Kunci Sukses Konsisten Berkarya

    4. Mencari teman dan mentor

    Teman seperjuangan yang senang berbagi akan sangat kita butuhkan, dengan saling support kita tentunya bisa menjadi lebih semangat. Jika kamu ingin menjadi Blogger profesional, kamu bisa berteman dengan Blogger di kotamu, bahkan langsung saja, jalinlah pertemanan dengan Blogger paling hits dan berpengaruh di kotamu. Bukan menjilat ya, kalau dia nggak mau temenan sama kamu ya tinggal cari teman yang lain, ok?

    Jika ingin menjadi ilustrator ya bertemanlah dengan ilustrator, masuk komunitasnya dan begitu pula jika ingin menjadi penulis ya harus punya teman-teman penulis juga. Karena bagaimanapun kamu adalah siapa teman-temanmu dan buku yang kamu baca.

    Ngomongin soal mentor, aku sadar betapa pentingnya mentor setelah menonton drama Korea Start-Up. Dulu aku nggak punya uang untuk les atau kursus. Sedangkan sekarang aku punya uang untuk mengikuti Workshop yang aku mau tapi waktu luang yang terbatas haha. Memang ya kesehatan dan waktu luang itu sangat berharga, ya jadi tolong buat kamu yang anak sultan, anak orang kaya dari kaum privilege, minta saja pada orang tua untuk kuliah setinggi mungkin, S-1, S-2, S-3 pada jadi Profesor sana dah. Tapi kalau orang tua yang visioner, tanpa diminta pun mereka akan menguliahkan anaknya, mau punya dana pendidikan atau tidak, karena mindset ilmu akan menjaga kita dan harta kita, selalu ada rezeki untuk mencari ilmu. 

    Selama pandemi ini banyak banget workshop yang bisa kita ikuti. Mulai dari Zoom Meeting hingga Kulwap atau Kuliah WhatsApp. Jujur kalau untuk kelas menggambar aku lebih suka belajar langsung supaya praktik tapi berhubung pandemi, aku mencoba 4 kali mengikuti Workshop zoom meeting dan aku nggak puas karena keterbatasan waktu dan tidak ada rekaman meskipun mengikuti kelas berbayar. Materi tidak tuntas dan banyak sekali pertanyaan yang membuat proses Workshop membuat ngantuk karena kebanyakan ceramah hehe. 

    Untuk workshop blogger biasanya ada zoom meeting gratisan dari komunitas Memang sepanjang aku menjadi freelancer, komunitas Blogger itu yang terbaik karena sering sharing ilmu daging khususnya tentang blog, di grupnya sendiri tidak ada one man show, lebih luwes, tidak ada yang merasa paling jago, semua membernya baik dan nggak sok pengen dia doang yang didengerin, orang lain chat di cut wkkwkw, ada komunitas kayak gitu? Ada dong makanya gue left lol.

    Memang butuh waktu untuk mencari teman yang sejalan dan mentor yang mau menjembatani kita dengan impian. Untuk Ibu-ibu riweuh kayak aku, sudahlah lebih baik ikutan workshop Kulwap saja, males trial error buang waktu takut anak nggak keurus, nanti Suami manyun haha. Ikutan workshop udah kayak beli baju, modelnya lucuk-lucuk tapi kadang galau mau pilih yang mana karena jadwalnya bentrok huhu.

    Dulu aku suka mengidolakan artist mom Selebgram gitu tapi sekarang aku mending cari mentor yang mau berbagi meskipun tidak terkenal di sosmed. Karena apa? Selebgram itu seperti bintang di langit, bisa memotivasi tapi tidak terjangkau dan sulit dijangkau untuk saat ini, apalagi dengan latar belakang dan gaya hidup yang berbeda membuatku mencari teman dan mentor yang seenergi lebih tenang dan nyaman. Karena terkadang kita tak selalu butuh kata-kata, tapi pertolongan. Benar-benar butuh seseorang yang mau meluangkan waktunya, tulus berbagi memberikan bantuan nyata.

    5. Latihan!

    Ini sih jangan ditanya, konsistensi itu lahir dari kata rajin. Mau pakai media apa saja, kalau nggak rajin latihan ya nggak mudah untuk naik tingkat! Sebagai Ibu rumah tangga aku harus pintar curi waktu untuk ngeblog dan menggambar, meskipun waktunya sedikit tapi lama-lama pasti ada progress!

    7 Kunci Sukses Konsisten Berkarya

    6. Tidak membandingkan

    Aku berada di level tidak sedang berkompetisi dengan orang lain, cukup berkompetisi dengan diri sendiri. Aku tidak mau membandingkan karyaku dengan karya orang lain, cukup dengan karya sendiri di masa lalu dan karya yang sekarang. Ngapain juga mikirin orang lain, cukup lihat saja, oh baru sampai sana belajarnya, nggak perlu iri dan dengki karena kita juga nggak bantuin perjuangan dan air mata yang dikeluarkan.

    7. Menghargai setiap kemajuan

    Aku juga nggak perlu malu melihat karya yang dahulu karena itu bagian dari proses yang harus dilewati. Melihat orang lain berprestasi pasti kita kagum dong, tapi jangan lupa kalau kita juga punya kelebihan yang bisa dibanggakan, yuk hargai setiap kemajuan yang kamu dapatkan!

    Aku percaya bahwa apa yang dilakukan di masa lalu adalah kejadian yang dialami sekarang dan pekerjaan yang sekarang adalah gambaran masa depan. Jika kita konsisten, insya Allah akan selalu ada kesempatan emas untuk meraih masa depan gemilang. Sekian 7 Kunci Sukses Konsisten Berkarya. Jangan lupa ya, share cara kamu untuk konsisten juga! Terima kasih banyak telah membaca, salam.

    Boleh dibaca juga beb:

    Trik Menjaga Keseimbangan Hidup di Tengah Pandemi 

    Seni Agar Hidup Lebih Produktif Meskipun di Rumah Saja 

    2 comments:

    1. sudah bisa membiayai hoby dari penghasilan hoby itu termasuk harapan saya Mbak. Luar biasa deh.
      ada rencana masih tapi belum dicatat jadi belum ada target nih.

      Btw Mbak apa ada kenalan mentor blogger di Malang atau Surabaya?

      ReplyDelete
      Replies
      1. Hi kak coba gabung BloggerHub soalnya mereka sering ngadain zoom meeting dengan narasumber Blogger kece

        Delete

    COPYRIGHT © 2017 SANDRAARTSENSE | THEME BY RUMAH ES