• 2.8.21

    4 Hal Penting yang Perlu Diperhatikan dalam Beriklan

    4 Hal Penting yang Perlu Diperhatikan dalam Beriklan

    Halo sobat, apa kabar nih? Nggak keras ya kita sudah berada di pertengahan tahun 2021. Kali ini aku mau sharing tentang tips beriklan terbaru, simak baik-baik ya. Pemasaran modern sangat kompleks dan selalu berubah. Sejak iklan digital meledak di tahun 2010-an, konsumen benar-benar dibombardir sepanjang hari setiap hari dengan pemasaran di ponsel mereka, di mobil mereka, di sofa mereka, dan di mana-mana di antaranya. 

    Untuk profesional berpengalaman yang mencoba beradaptasi dengan lingkungan baru, atau pemasar baru, ada baiknya untuk memiliki pendekatan yang bijaksana dalam mengiklankan  produk Anda. 


    Dedi Kartaji CEO Seon Indoneia


    Dan dalam artikel ini dijelaskan 4 hal penting yang perlu diperhatikan dalam beriklan, yaitu seperti yang disampaikan oleh Kang Dedi Kartaji CEO SeOn Indonesia

    1. Fokus di beberapa media iklan 


    Dengan banyaknya chanel periklanan bahkan sekarang ini tampak tidak terbatas jumlahnya, seringkali marketing kehilangan fokus karena terlalu banyak berikan banyak saluran. Ini memakan korban secara pribadi, karena pemasar mungkin mulai bertanya pada diri sendiri, 'Berapa banyak yang saya perlukan untuk berhasil?' 

    Dengan Kata lain banyaknya saluran iklan akan menguras anggaran Anda atau menjauhkan dari target Anda.


    Kecuali Anda memiliki staf dengan cukup banyak orang untuk memantau dan mengelola setiap platform tempat bisnis Anda hadir, jauh lebih baik untuk fokus pada beberapa outlet utama. Mulailah dari yang kecil di dua atau tiga saluran yang sesuai dengan minat dan audiens target Anda. 


    Jika dirasa sudah mampu mengelola channel media yang ada, bisa kita rencanakan media iklan baru lainya. Bagi yang sudah berpengalaman, betapa repot dan pusing mengelola banyak channel iklan bersamaan.


    Dedi Kartaji CEO Seon Indoneia


    2. Bangun Pemahaman Mendalam tentang Target Audiens Anda

    Berbicara tentang audiens target, mungkin prinsip paling penting di marketing di media apa pun itu adalah memahami secara menyeluruh siapa target audience. Biasanya ada pihak ketiga yang menawarkan jasa riset untuk target ini, anda bisa membelinya atau mengumpulkan informasi audience sendiri.


    Terkadang jawabannya jelas. Jika Anda menjual stocking, Anda mungkin menargetkan wanita dewasa. Jika Anda menjual solusi pewarnaan jenggot, Anda mungkin menargetkan pria dewasa yang lebih tua. Jika Anda menjual boneka dinosaurus, Anda menargetkan orang tua muda. Namun, semakin spesifik Anda bisa, semakin Anda bisa mengasah pesan Anda.

    3. Tetap Waspadai Saluran Baru dan Evaluasi Secara Objektif


    Berlangganan ke beberapa email publikasi bisnis dan mengikuti akun sosial mereka di platform utama akan memudahkan untuk tetap mengetahuinya. Tidak setiap saluran akan sepadan dengan waktu dan uang Anda, tetapi Anda perlu tahu apa yang terjadi  di luar sana.

    4. Evaluasi Strategi Anda Secara Rutin


    Akhirnya, ketahuilah bahwa meskipun Anda memiliki lebih banyak pilihan daripada sebelumnya, dasar-dasar pemasaran masih sangat berlaku. Perlu beberapa saat untuk mengetahui apakah suatu strategi efektif atau tidak. 


    Jangan panik jika Anda tidak melihat hasil yang Anda harapkan setelah satu atau dua minggu. Sebaliknya, lihat analitik sosial dan SEO Anda atau data relevan apa pun yang dapat dapat dikumpulkan dari channel media yang Anda gunakan.


    Buatlah sedikit penyesuaian pada elemen individual seperti informasi tertentu, waktu penayangan iklan, dan pengeluaran harian Anda. Jika Anda masih belum melihat hasil dalam tiga hingga enam bulan, Anda dapat mengevaluasi kembali, tetapi cobalah untuk tetap berada di jalur sebanyak mungkin selama penerbangan awal kampanye Anda.


    Dengan banyaknya pilihan media iklan dan akses informasi yang berlimpah kadang kita merasa kewalahan mencoba untuk berdagang di tahun 2021 ini. 


    Tetaplah berpegang pada dasar-dasar ini dan mulai dari yang kecil. Anda akan belajar banyak seiring berjalannya waktu, dan menjadi profesional periklanan yang lebih kuat dan cerdas! Sampai jumpa di artikel lainnya ya.


    1 comment:

    1. Ilmu baru nih untuk saya. Thanks for sharing, Mbak

      ReplyDelete

    COPYRIGHT © 2017 SANDRAARTSENSE | THEME BY RUMAH ES