• 28.2.21

    Tips Investasi Mudah untuk Ibu Rumah Tangga

    Tips Investasi Mudah untuk Ibu Rumah Tangga

    Hello readers, apa kabarnya nih? Semoga sehat selalu ya semuanya. Selain harus kuat imun, pandemi ini membuat kita harus kuat secara financial. Bagaimana tidak, di tengah kebutuhan kian bertambah setelah berkeluarga juga mengharuskan kita gercep memiliki sumber penghasilan baru. Apalagi sejak melahirkan, aku belum kembali mengajar lagi dan sibuk mengurus rumah tangga. Pandemi ini suami masih ngantor namun penghasilan perusahaan berkurang sehingga memengaruhi gaji bulanan. Aku juga harus putar otak untuk membantu suami atau sekadar ingin memberi pada orang tua dan adik yang masih kuliah.

    Meskipun demikian, pandemi ini menurutku adalah kesempatan emas dari Tuhan untuk memperbaiki kehidupan demi masa depan yang lebih cerah. Oh ya, aku mau cerita dulu nih financial journey selama pandemi.

    Rezeki Tuhan maha luas ya. Alhamdulillah ada saja rezeki yang datang silih berganti, mulai dari usaha sampingan Suami dan aku juga membuka orderan menggambar. Meskipun selalu ada rezeki, tetap kami harus hidup dengan bersahaja, menghemat pengeluaran, dan membeli hanya sesuai kebutuhan saja. Kemudian pandemi juga memberikan ide bisnis bagi keluarga kami. Tapi bisnis juga perlu effort yang tinggi dan memang paling enak itu investasi karena kita nggak perlu capek ke sana-ke mari lagi.

    Kali ini aku mau sharing tentang Tips Investasi Mudah untuk Ibu Rumah Tangga, semoga membantu kamu ya!

    1. Mulai investasi dari rumah

    Cukup investasi dari rumah emang paling cocok buat ibu rumah tangga seperti aku.

    2. Memilih investasi yang mudah

    Sebagai investor pemula, aku harus pilih investasi yang mudah dan mobile friendly.

    3. Produk investasi harus diawasi oleh OJK. 

    Ini penting banget guys, supaya tidak terjadi penyalahgunaan.

    Sejak menikah, kami sudah mencoba berbagai investasi seperti logam mulia dan deposito. Membeli logam mulia karena dapat mempertahankan aset dari inflasi. Kemudian Deposito di Perbankan syariah dengan akad bagi hasil, meskipun nilai keuntungan tidak terlalu besar namun bisa digunakan sebagai dana darurat. Nah, setelah mencoba berbagai instrumen investasi, akhirnya aku ingin mencoba investasi Reksa Dana karena risiko nya tidak setinggi saham. Akhirnya pilihan jatuh pada fitur terbaru dari aplikasi OVO yaitu OVO | Invest

    Tips Investasi Mudah untuk Ibu Rumah Tangga

    Tips Investasi Mudah untuk Ibu Rumah Tangga

    Review OVO | Invest 

    Kini OVO semakin lengkap ya guys, bukan cuma membantu transaksi harian ibu rumah tangga anti ribet kayak aku, tapi bisa diandalkan untuk memulai investasi yang mudah hanya dalam genggaman. OVO | Invest merupakan layanan kerja sama OVO bersama Bareksa yang menghadirkan produk reksa dana pasar uang yang dikelola oleh Manulife Aset Manajemen Indonesia, bernama Manulife OVO Bareksa Likuid atau MOBLI.

    MOBLI yang bisa didapatkan di OVO | Invest sudah diluncurkan secara resmi pada 26 Januari 2021 kemarin. MOBLI merupakan terobosan terbaru di Indonesia yaitu dengan mengintegrasikan e-money dan e-investment. Mantul kan, guys?

    Syarat pendaftaran OVO | Invest, cukup mudah:

    • Memiliki aplikasi OVO versi terbaru. Jadi kamu harus update dulu ya!
    • Upgrade menjadi member OVO Premier. Jika belum, silakan lakukan pengajuan langsung di aplikasi. Gampang kok. Tinggal foto e-KTP melalui kamera aplikasi OVO nanti akan otomatis data kamu muncul. Kamu juga harus melakukan foto selfie (tanpa KTP) untuk verifikasi. Kalau tidak ada kendala, dalam beberapa menit, kamu akan langsung bisa menikmati fasilitas OVO Premier. Jika belum terverifikasi, biasanya foto e-KTP kamu blur atau tidak jelas.
    • Pastikan kamu memiliki saldo di OVO untuk melakukan investasi.

    Nah, jika syarat-syarat tersebut sudah terpenuhi, kamu bisa mulai mendaftar. Bagaimana mekanisme pendaftaran dan investasinya? Silakan ikuti langkah berikut:

    • Buka aplikasi OVO dan temukan ikon/logo “Invest”
    • Lakukan pendaftaran dengan mengikuti langkah yang ada. Proses verifikasi akan memakan waktu maksimal 3 hari di luar hari kerja.
    • Jika sudah terverifikasi, kamu bisa mulai melakukan investasi dengan melakukan pembelian menggunakan OVO Cash. Buka portfolio kamu dan klik “Beli”.

    Tips Investasi Mudah untuk Ibu Rumah Tangga

    • Jumlah minimum investasi mulai Rp 10.000 saja dan tentunya dibebaskan untuk jumlahnya.

    Tips Investasi Mudah untuk Ibu Rumah Tangga

    Tips Investasi Mudah untuk Ibu Rumah Tangga


    • Proses pembelian sampai realisasi di portofolio memakan waktu maksimal 3 hari bursa (tidak termasuk akhir pekan dan hari libur). Kalau pengalaman pribadi, pembelian berhasil cuma beberapa menit saja lalu menunggu verifikasi selama 2-3 hari. 
    Tips Investasi Mudah untuk Ibu Rumah Tangga

    Tips Investasi Mudah untuk Ibu Rumah Tangga

    Tips Investasi Mudah untuk Ibu Rumah Tangga

    Adapun mekanisme pencairan investasi ke OVO Cash dapat dilakukan dengan cara:
    •  Buka portfolio investasi
    •  Klik pada button “Jual”

    Tips Investasi Mudah untuk Ibu Rumah Tangga

    Tips Investasi Mudah untuk Ibu Rumah Tangga

    •  Input jumlah yang akan kamu jual. 

    Tips Investasi Mudah untuk Ibu Rumah Tangga

    Tips Investasi Mudah untuk Ibu Rumah Tangga
    Tips Investasi Mudah untuk Ibu Rumah Tangga

    • Secara langsung dana akan cair ke OVO Cash kamu. 

    Tips Investasi Mudah untuk Ibu Rumah Tangga

    Dana kembali lagi ke saldo OVO Cash seperti di awal yakni Rp 200.000. 

    Kenapa sih harus ikutan investasi bersama OVO | Invest? Karena OVO | Invest memiliki beberapa keunggulan:
    • Proses pendaftaran mudah dan 100% online dalam aplikasi OVO. 
    • Pembelian produk yang mudah dengan OVO Cash. 
    • Investasi bisa dimulai hanya Rp 10.000 saja
    • Bebas biaya pembelian. 
    • Pencairan dana ke OVO Cash yang cepat, tanpa menunggu juga tanpa biaya admin. 
    • Mendapatkan potensi keuntungan dari return investasi. 
    • Portfolio investasi dapat dipantau dan diatur kapan saja dalam aplikasi OVO. 

    Gimana nih, gampang banget kan investasi zaman now? Yuk, kita mulai gercep atur keuangan untuk menjadi Ibu Rumah Tangga yang pandai berinvestasi #GercepBiarMantep. Semoga kamu nggak bingung lagi ya mau investasi di mana. Jangan lupa mulai investasi reksa dana, *Yuk daftar OVO | Invest sekarang dengan klik di sini. Sekian Review OVO |Invest, Tips Investasi Mudah untuk Ibu Rumah Tangga supaya semakin membantu Ibu rumah tangga lainnya dalam berinvestasi. Salam.

    14 comments:

    1. Wah baru tau kalau bisa invest di OVO juga, makin keren aja nih inovasi OVO, mempermudah orang kalau mau invest

      ReplyDelete
    2. Anonymous9.3.21

      Baru tau aquh ada fotu invest d ovo jd penasaran pengen nyobain

      ReplyDelete
    3. Pantesan aku gagal terus teh waktu upgrade mungkin krn foto di ktpnya agak blur dan blm pake hijab ya. Padahal tertarik bgt nih pengen coba invest disini

      ReplyDelete
    4. Masyaa Allah ternyata investasi bisa via ovo, aku baru tau lho teh. Makasih yaa infonya bermanfaat banget nih

      ReplyDelete
    5. Hiyaaa...hiya hiya... dan c aku masih jadi bagian dari #timkudet yg baru tau kalo di OVO ada fitur investasi kaya gini... bisa2nya aku gak tau đŸ™ˆ mulai dari 10ribu pula, praktis bangetlah buat perempuan rumahan kaya aku gini mah fiturnya.

      Knapa mesem2 teh Sansan sama "perempuan rumahan"? đŸ˜‚đŸ˜‚ itu aku sungguh ✌đŸ˜„

      ReplyDelete
    6. Saya juga udah mulai investasi di Reksa Dana bulan februari tahun ini, mbak. Tapi saya pakai aplikasi Bibit.id yang relatif mudah, user-friendly interface-nya, mudah dipahami untuk yang paling pemula dalam berinvestasi sekalipun. Cuma di Bibit minimal invest Rp100.000. Mekanismenya hampir sama seperti fitur invest yang ada di aplikasi OVO.

      Bibit itu aplikasinya lebih mirip ke Bareksa. Tetapi di Bibit ada fitur Robo Advisornya yang bisa dengan gampang memberi panduan untuk pengguna yang belum tau seluk-beluk investasi Reksa Dana. Jadi enak banget, kita tinggal cek faktor risiko kita, lalu kita bisa bikin portofolio investasi sesuai kebutuhan kita, seperti saya bikin portofolio dana Tabungan Kalki yang 10 tahun lagi harus terkumpul uang 50juta buat kuliah, maka akan dihitungkan oleh Robo Advisor Bibit supaya saya nabung rutin itu Rp260.000 sampai Maret tahun 2031. Begitu juga untuk portofolio dana tabungan Kavin yang kuliah 12 tahun lagi, maka Robo advisor udah menghitungkan saya perlu nabung rutin pada instrumen investasi yang dipilihkan sebesar Rp200.000 sampai Maret 2033. Begitu mbak, ada goal-goal lain yang bisa kita setting untuk portofolio khusus keinginan kita dan kemampuan nabung rutin yang bisa kita penuhi. Nggak nabung rutin pun juga bisa, kapan ada uang, bisa top up saja ke Reksa Dana buat nambah-nambah investasi kita, misalnya sebagai dana darurat :)

      Seru ya bahas investasi :)

      ReplyDelete
    7. Seneng bgt yah sekarang mau investasi yg aman lebih byk pilihan dan lebih praktis

      ReplyDelete
    8. Makin canggih yaa skrg e-wallet. Aku juga udh coba invest di bibit dan bayar pake go-pay. Maybe ini bisa jadi next option buat investasi tipis-tipis

      ReplyDelete
      Replies
      1. Wah samaan kita ya, mbak Anisa Nuha... Bahkan kalau beli RD di Bibit lewat Gopay banyak cashback-nya,ya.. hehehe. Saya belum pernah sih beli RD pakai akun Gopay. Selama ini pakai virtual account pembayaran transfer rekening bank saja. :)

        Delete
    9. wah bisa investasi mulai 1o ribu aja ? seriusan ini Teh ? emang cocok ya buat ibu rumah tangga kayak kita, itung2 anggaran jajan baso dijadiin investasi hehe

      ReplyDelete
    10. Ehm ovo ekspansi nih, btw Emng bener bangeut inventaSi yg aman itu reksadana ,di ovo udh bisa nih yuk inVes bu ibu

      ReplyDelete
    11. wah aku baru tahu ada ovo invest menarik juga

      ReplyDelete
    12. Owh, ternyata sekarang di OVO ada fitur investasi reksa dana juga ya, aku baru tau. Makin lengkap, mudah dan murah ya.

      ReplyDelete
    13. Ga ada lagi alasan ibu rumah tangga gaptek ato ga ngerti investasi :D. Krn zaman skr udh gampaaaaaang banget mau invest apapun ya mba. Yg penting niat Ama konsisten aja. Ga gampang tergoda utk belanja :p.

      Sejak udh resign, aku fokus trading saham, dan invest di beberapa platform. Buatku itu cara paling gampang utk naikin aset yg aku punya :D. Blm coba sih invest yg Ovo, Krn utk Reksadana aku ttp prefer melalui bank ku, tapi yg Ovo invest cocok bgt buat ibu2 yg memang ga suka berurusan Ama bank :D

      ReplyDelete

    COPYRIGHT © 2017 SANDRAARTSENSE | THEME BY RUMAH ES