• 22.10.20

    Mengatur Keuangan di Masa Pandemi

     


    Assalamualaykum readers, kali ini aku ikutan blogging collaboration with Bandung Hijab Blogger yeay! Tema yang diangkat bulan Oktober ini adalah tentang Financial Planning During Pandemic. Ya, seperti kita tahu bahwa 2020 ini merupakan tahun yang spesial karena adanya Covid-19 membuat kita harus lebih sabar, lebih kuat, lebih semangat dalam berbenah dan berubah menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Karena hanya yang siap menghadapi perubahan besar yang akan sanggup bertahan.

    Ngomongin soal uang, pertama-tama kita harus ingat bahwa rezeki Tuhan itu maha luas, rezeki Tuhan tidak kenal krisis dan pandemi, rezeki Tuhan diberikan kepada mereka yang dikehendaki, rezeki Tuhan untuk orang yang mau berusaha dan rezeki Tuhan bisa datang secara tak terduga. Hal tersebut bisa membuat kita optimis untuk tidak mengkhawatirkan masa depan, cukuplah kesusahan hanya sehari saja, esok tidak perlu dikhawatirkan karena belum terjadi. Karena terkadang rasa cemas, gelisah, takut dan khawatir membuat mental drop dan memengaruhi hari-hari kita yang harusnya ceria menjadi suram. Balik lagi soal mindset bahwa apa yang kita cari, akan kita temukan. Maka penting sekali mengikuti orang-orang sukses supaya energinya sampai pada kita.

    Pernah baca buku Magnet Rezeki nggak? Bukunya bagus banget, self reminder sih kalau sebenarnya Tuhan itu menciptakan manusia untuk dimanjakan, ingat kisah Nabi Adam dan Siti Hawa bukan? Rezeki itu soal ketenangan batin juga, jadi bukan untuk dikejar tapi jadikan diri kita sebagai magnet rezeki, rezeki datang sendiri. Makanya ada kiasan "nggak usah capek-capek mengejar kupu-kupu, buat saja taman yang bagus, nanti kupu-kupu, lebah, capung akan datang sendiri". Taman yang dimaksud adalah kepribadian kita, perbanyak ibadah dan sedekah, Insya Allah rezeki berlimpah. Nah, berikut ini adalah tips mengatur keuangan di masa pandemi, semoga bermanfaat ya!

    • Hemat bukan pelit
    Saat ini kita harus berhemat karena hemat pangkal kaya. Bagaimana pun berhemat menjadi punya pos lebih untuk kebutuhan lainnya.

    • Beli kebutuhan, bukan keinginan belaka
    Saatnya benar-benar fokus pada kebutuhan yang benar-benar penting dan menunda belanja yang tidak diperlukan.

    • Kurangi jajan
    Perbanyak masak dirumah dan kurangi jajan diluat lu supaya bisa lebih sehat juga

    • Jalan-jalan hemat saja
    Kalo kangen liburan, pilih tempat wisata alam yang cenderung lengang karena lebih aman dan bisa lebih hemat biaya daripada wisata komersil.

    • Memulai bisnis dan investasi
    Saatnya jiwa Wirausaha bergelora dengan memulai bisnis impian yang profitnya yang lebih besar daripada deposito bank tapi bisa dinikmati sekarang Perbanyak modal untuk investasi yang tak lekang di makan zaman.

    • Tetap berbagi kebaikan
    Meskipun sedang pandemi, sedekah dan wakaf jalan terus supaya rezeki kita semakin banyak dan berkah, aamiin.

    Mungkin sekian dulu tips mengatur keuangan di masa pandemi, semoga kita semua sehat selalu ya dan pandemi berlalu dengan menjadikan kita insan mulia yang semakin dimanjakan oleh kasih sayang Tuhan semesta alam.

    Baca juga dong:

    Review Dermies Hello Glow Radiance Series, Bye Kulit Kusam! 

    Review Susu Enfagrow A+ 3 dan 4 rasa vanila

    Review Serum Organik: Skin Dewi Helichrysum Brightening Vitamin C Treatment 

    13 comments:

    1. Awal pandemi dulu aku stress kali ya dirumah trs, mana lg hamil tua, mls masak, akhirnya jajan trs dan pengeluaran mambengkak, Puji Tuhan setelah lahiran bisa ngerem jajannya, lebih sering masak, lebih sehat & hemat hahaha

      ReplyDelete
    2. Anonymous23.10.20

      bneer bgt mom setujuuu,,,thanks yaa atas tips" nya InsyaAllah di peraktekan heheh

      ReplyDelete
    3. Nah, ini yang susah : kurangi jajan. Belanja sesuai kebutuhan.
      Kadangkala yang diinginkan sering dapat legitimasi menjadi yang dibutuhkan.hehehe

      ReplyDelete
    4. hemat itu bukan pelit ,tapi tepat nya lebih bijak dan disesuaikan, hemat pangkal kaya tagline nya

      ReplyDelete
    5. Jajan malah makin banyak nih aku, masih belom bisa di rem. Apalagi klo anak-anak minta makan terus dan malas masak, akhirnya jajan deh. Tapi alhamdulilah temen-temen banyak yang jualan kuliner juga jadi bisa beli makanan ke mereka, selain harganya lebih terjangkau di banding beli ke resto tapi kita juga bisa bantuin jualannya.

      ReplyDelete
    6. Berhemat itu seru ko sebenernya, kita juga bisa sekalian belajar sabar dan jadi lebih teratur dan terencana. Banyak banget sebenernya manfaat dari berhemat, yang bukan hanya sekedar nominal uang aja :)

      ReplyDelete
    7. Beli kebutuhan, bukan keinginan. Ini aku terapin banget nih di Masa pandemi sekarang. Pokoknya harus diperhitungkan segala pengeluaran. Hehe

      ReplyDelete
    8. akhirnya ada yang sependapat dengan aku hemat tapi bukan berarti pelit

      ReplyDelete
    9. Semua tipsnya aku setuju. Hemat sampe bersyukur semua best. Aku juga lagi banyak2 sabar pengen jajan baju hahaha

      ReplyDelete
    10. Setuju teh.. segimana susah ya keuangan kita di masa pandemi tetep ya sedekah harus diupayakan jangan sampao lolos

      ReplyDelete
    11. Masha allah seneng banget sama kutipannya, harus siap memperindah diri dengan banyak berbuat baik supaya jadi magnet rejeki :)

      ReplyDelete
    12. Nah beli bukan karena keinginan nih godaannya besar banget Teh hehe... jadi harus bener2 berfikir futuristik ya..

      ReplyDelete
    13. Bner ni jlan2 sma jjan d luar yg bikin pengeluaran membengkak tiap bulanny,semoga bisa ngurang-nguragin,hehee

      ReplyDelete

    COPYRIGHT © 2017 SANDRAARTSENSE | THEME BY RUMAH ES