• 12.10.19

    Manfaat Membayar Tepat Waktu Angsuran KTA BTN untuk Kebutuhan Mendadak

    Manfaat Membayar Tepat Waktu Angsuran

    Hello readers, salah satu jenis pinjaman dana cepat yang banyak peminatnya adalah jenis KTA atau Kredit Tanpa Agunan. Merupakan pinjaman yang diberikan oleh pihak bank atau lembaga keuangan dengan memberikan kemudahan syarat dan tanpa harus menyerahkan aset sebagai jaminan. Hal inilah yang membuat jenis pinjaman ini booming. Tidak jarang mereka mengajukan pinjaman KTA BTN untuk kebutuhan mendadak sebagai alasan agar proses pengajuan bisa segera disetujui oleh pihak terkait. 

    Salah satu syarat agar pengajuan pinjaman Anda disetujui adalah record pembayaran angsuran kredit yang tepat waktu. Tidak hanya dalam hal kemudahan pengajuan kredit yang baru, terdapat beberapa manfaat lainnya jika Anda melakukan pembayaran angsuran secara rutin dan tepat waktu. Manfaat tersebut antara lain adalah sebagai berikut: 

    1. Tidak Akan Didenda
    Manfaat yang pertama jika membayar angsuran kredit tepat waktu adalah terhindar dari denda yang harus dibayar jika terjadi keterlambatan. Terdapat perbedaan mengenai persentase perhitungan denda. Hal ini tergantung dari kebijakan masing-masing bank atau lembaga keuangan. 

    Namun biasanya nilai denda keterlambatan tersebut kisaran 2% sampai 5% dari sisa pokok pinjaman. Membayar angsuran jika ditambah dengan denda tentu akan sangat memberatkan Anda. Hal ini bisa berdampak juga pada record pembayaran Anda pada pihak bank. Itulah sebabnya sangat dianjurkan untuk membayar angsuran tepat waktu. Ini karena semakin lama Anda menunda untuk membayar angsuran, semakin besar pula nilai denda yang harus Anda bayar. 

    2. Bebas dari Blacklist BI Checking
    Penting untuk mengetahui pentingnya riwayat BI checking bagi data riwayat pembayaran angsuran Anda. Jika record BI checking yang Anda miliki bersih, maka kemungkinan besar pengajuan kredit selanjutnya akan lebih dipermudah. 

    Dan sebaliknya, jika record yang Anda miliki ternyata buruk, maka hal itu akan mempersulit Anda saat akan mengajukan pinjaman KTA BTN untuk kebutuhan mendadak lainnya. Karena saat data pribadi Anda dimasukkan sistem, data tersebut akan ditolak oleh sistem tersebut karena terlihat masih ada tunggakan yang belum dibayar.

    Terdapat 5 kriteria nasabah dalam BI checking, kelima kriteria tersebut adalah sebagai berikut: 
    • Lancar
    Adalah nasabah yang selalu tepat dalam membayar angsuran, hampir tidak pernah telat dalam membayar atau tidak ada tagihan lama yang tertunggak.

    • Lancar dalam Perhatian
    Adalah nasabah yang pernah terlambat melakukan pembayaran atau mempunyai tunggakan, namun dalam waktu kurang dari 90 hari tagihan tersebut sudah dilunasi.

    • Kurang Lancar
    Adalah nasabah yang memiliki tunggakan atau keterlambatan pembayaran sampai dengan 120 hari tapi nasabah tersebut masih memiliki kemauan untuk melunasi tunggakan tersebut. 

    • Diragukan
    Adalah nasabah yang memiliki tunggakan keterlambatan pembayaran sampai 180 hari tapi masih memiliki kemampuan untuk melunasi tagihan tersebut.

    • Macet
    Adalah nasabah yang memiliki tunggakan angsuran lebih dari 180 hari dan mengabaikannya serta tidak ada itikad baik untuk melakukan pelunasan.

    3. Tidak Bertemu dengan Debt Collector
    Pihak bank atau lembaga keuangan mempunyai hak untuk melakukan penagihan kepada nasabah yang memiliki tunggakan pembayaran angsuran. Baik secara langsung dengan menemui nasabah maupun secara tidak langsung seperti menelpon, mengirim email, fax atau sms.

    Selain harus membayar denda tunggakan dalam jumlah yang besar, terlalu sering menunggak akan memiliki resiko diganggu oleh pihak debt collector (perwakilan dari bank atau lembaga keuangan yang melakukan penagihan). Orang yang mempunyai tunggakan pembayaran tagihan tentu merasa risih dan terganggu jika kelihatan oleh lingkungan sekitar ada yang datang menagih secara langsung ke rumah atau bahkan ke kantor tempat mereka bekerja. Untuk menghindari hal tersebut, akan lebih baik jika Anda melakukan pembayaran angsuran secara tepat waktu. 

    4. Hidup Menjadi Lebih Tenang 
    Manfaat lainnya yang bisa Anda rasakan jika membayar angsuran secara tepat waktu adalah perasaan tenang saat menjalani aktivitas sehari-hari. Begitu juga saat mengajukan pinjaman KTA BTN untuk kebutuhan mendadak, Anda tidak merasa cemas akan adanya penolakan dari pihak bank karena Anda tidak memiliki tanggungan berupa tunggakan yang belum dibayar. 

    Selain itu, Anda juga akan merasa cemas atau risih akan mendapat gangguan dari pihak bank, yaitu customer service atau debt collector. Mereka akan dengan gencar melakukan penagihan agar Anda segera melakukan pembayaran terhadap angsuran yang belum terbayar. Itu sebabnya akan lebih baik jika Anda melakukan pembayaran tepat waktu agar Anda bisa menjalani aktivitas Anda dengan tenang dan nyaman. 

    5. Mendapat Pelayanan Khusus
    Sebagian bank akan memberikan pelayanan khusus bagi nasabah mereka yang memiliki record angsuran terbaik, dalam hal ini tidak pernah terjadi keterlambatan pembayaran. Beruntunglah Anda jika bisa termasuk nasabah dengan kriteria ini. Karena Anda tidak akan mengalami kesulitan atau hambatan apapun saat akan mengajukan pinjaman KTA. 

    Bahkan sebelum Anda mengajukan pinjaman KTA, atau belum habis tenor angsuran tagihan yang sebelumnya, Anda sudah mendapatkan penawaran pinjaman yang baru. Dan yang lebih menguntungkan lagi, nilai batas limit pinjaman juga akan lebih besar jika dibandingkan dengan pinjaman yang sebelumnya. Agar hal tersebut bisa Anda rasakan, yang harus dilakukan adalah melakukan pembayaran secara tepat waktu. 

    Itulah manfaat yang Anda rasakan jika melakukan pembayaran angsuran KTA BTN untuk kebutuhan mendadak secara tepat waktu. Untuk informasi selengkapnya mengenai pinjaman KTA, Anda bisa masuk ke website CekAja.com melalui link berikut ini https://www.cekaja.com/banks/btn/pinjaman/kta-btn yang merupakan sebuah platform yang menyediakan semua informasi yang berkaitan dengan pinjaman KTA dan informasi menarik lainnya.

    Hey, jangan lewatkan baca ini juga ya!

    1 comment:

    1. Betul sekali! Supaya tidak merepotkan kemana-mana memang ada baiknya melakukan pembayaran tepat waktu yah mbaaa...

      ReplyDelete

    COPYRIGHT © 2017 SANDRAARTSENSE | THEME BY RUMAH ES