• 21.10.19

    Beberapa Metode Tepat Bermain Sambil Belajar Pada Anak

    Bermain sambil belajar

    Dear Parents, anak anak memang masih sangat membutuhkan permainan. Bermain sambil belajar sangat perlu dilakukan oleh anak. Karena, sudah seharusnya juga anak dapat belajar sejak dini. Untuk proses belajarnya memang tidak bisa secara keseluruhan langsung. Namun, jangan khawatir karena bisa belajar sambil bermain.

    Menciptakan suasana belajar yang tidak monoton pada anak sangat diperlukan. Jika anak diajarkan belajar dengan sangat monoton, maka bisa berpengaruh pada kualitas dari anak tersebut. Seperti merasa bosan, efeknya justru anak menjadi tidak suka belajar. Langkah terbaiknya maka bisa bermain sambil belajar. Bagaimana cara bermain sambil belajar pada anak? Ketahui lebih jelasnya pada artikel ini.

    Bermain Sambil Belajar Pada Anak
    Banyak sekali permainan yang bisa digunakan sambil belajar pada anak-anak. Berikut ini beberapa permainan tersebut:

    • Tebak Benda
    Salah satu permainan yang bisa sekaligus belajar yaitu tebak benda. Permainan tebak benda tentu sangat mengasyikan. Sebagai orang tua, anda bisa mengajak anak untuk dapat bermain bersama. Benda disekitar rumah sangat bisa untuk dijadikan sebagai objek.

    Sebelumnya, para orang tua harus memberikan informasi terlebih dahulu mengenai benda tersebut. Jika sudah, maka ajak anak untuk bisa menebak benda. Berilah ketertarikan terhadap ajakan tebak benda tersebut. Sebagai contoh, jika anak menebak dengan benar maka bisa mendapatkan hadiah. Tidak perlu hadiah yang besar, terpenting anak menyukainya. Dari sinilah, anak akan mempelajari benda benda disekitar.

    • Bernyanyi Bersama
    Bernyanyi ternyata memiliki manfaat lain yaitu bisa mengajarkan anak untuk berkomunikasi lebih baik. Komunikasi merupakan salah satu hal yang penting. Lalu, bagaimana cara mudah untuk mengajarkan anak berkomunikasi? Bisa dengan bernyanyi bersama.

    Orang tua bisa mengajak anak untuk dapat menyanyi lagu bersama. Tetapi, sangat disarankan untuk bisa menggunakan lagu versi anak-anak. Jangan sembarangan dalam memberikan lagu untuk anak. Karena, anda tidak ingin anak mengenal lagu dewasa terlalu dini bukan? Cara ini terbukti bisa meningkatkan proses belajar komunikasi pada anak.

    • Game Puzzle
    Bongkar dan pasang kembali game puzzle akan sangat bermanfaat bagi si kecil. Daya ingat sudah seharusnya dilatih sejak dini. Tidak hanya itu saja, namun imajinasi juga harus ditingkatkan. Salah satunya, yaitu dengan menggunakan game puzzle.

    Jadi, para orang tua bisa mengajak anak untuk bermain game puzzle. Carilah gambar yang memang menarik dan mudah untuk di pasang kembali. Ketertarikan anak pada hal ini akan membuatnya menjadi lebih cerdas lagi. Sebaiknya, ajak secara rutin anak untuk bisa bermain game puzzle.

    • Menyusun Balok
    Bermain menyusun balok mampu mengajarkan anak mengetahui proses berhitung dan keseimbangan otak. Menyusuk balok ternyata bukan persoalan yang mudah. Apalagi, untuk
    anak anak yang belum memiliki daya pikiran tinggi. Jadi, permainan ini bisa meningkatkan konsentrasi anak untuk dapat berpikir lebih jernih lagi.

    Pada saat menyusun balok, anda bisa mengenalkan mengenai warna, proses berhitung dan lainnya. Saat anak memegang balok warna biru kenalkan bahwa itu merupakan warna biru. Juga setelah disusun, maka ajak anak untuk dapat berhitung balok yang telah disusun.

    Jangan ragu untuk mengajak anak mencoba permainan yang satu ini. Begitu banyak permainan yang bisa digunakan sambil belajar. Bermain sambil belajar pada anak memang sangat dibutuhkan. Sudah seharusnya, untuk pembelajaran dilakukan sejak dini. Namun, manfaatkan permainan sebagai metode dalam pembelajarannya. Selamat mencoba!

    1 comment:

    1. Bernyanyi yang paling sulit buat kami untuk bermain bersama anak. soale suara saya fals banget. Anaknya bisa mimpi buruk malamnya hhehe

      ReplyDelete

    COPYRIGHT © 2017 SANDRAARTSENSE | THEME BY RUMAH ES