• 15.9.19

Bandung Zoo: Petualangan Gentra di Kebun Binatang Bandung

Bandung Zoo

Dear readers, Kebun Binatang Bandung merupakan salah satu objek wisata alam flora dan fauna yang ada di Kota Bandung, Jawa Barat, Indonesia. Kebun Binatang Bandung terletak di Jalan Taman Sari, berdampingan dengan kampus Institut Teknologi Bandung dan Sungai Cikapundung. Akses menuju Kebun Binatang Bandung sangatlah mudah karena bisa dilalui Angkutan Kota dan kendaraan pribadi.

Hari Jumat kemarin kami mengajak Gen ke Bonbin alias Kebun Binatang Bandung yang sekarang bernama Bandung Zoo dan dibawah pengawasan Taman Safari Bandung. Kok baru sekarang ya? Kenapa nggak dari dulu kerjasama dengan Taman Safari Indonesia? Kenapa setelah binatang nya berkurang...makanya sebaiknya sebelum ke Bandung Zoo kalian harus baca artikel ini sampai habis, semoga bisa bermanfaat 🙏

Kami sampai Bandung Zoo pukul 10.30 pagi kini ada mesin tiket parkir ya kalau dulu dipalak aja parkir mobil 50k. Setelah parkir kami sudah disambut pedagang wortel yang agak memaksa untuk dibeli buat ngasih makan Rusa 😌. Tapi kami nggak beli kan nggak boleh ngasih makan binatang, sudah banyak tulisannya tapi kenapa pihak Bandung Zoo masih membiarkan pengunjung membawa makanan untuk binatang? Kemudian ada Pak Security yang ramah seolah ngasih kode "maaf Pak kami sedang renovasi, mohon berhati-hati, loketnya sebelah sana". Oke loket tiketnya biasa banget, disambut tukang foto yang pas pulang nyegat 2 foto Rp 10.000 dan Gen udah bayar tiket karena tingginya lebih dari 80cm.

Pantas saja dulu Mama saya punya ritual kalau anak udah bisa jalan, ternyata biar bisa masuk gratis sebelum anak 80cm lol. Jadi, tiket Bandung Zoo per September 2019 adalah Rp 40.000/orang. Saat mau bayar nggak ada debit dong huhu, terus kita dikasih gelang anti air gitu sebagai tiket tanda masuk dimana tertulis sudah termasuk perahu dayung dan wahana permainan anak. Emang enak kesini dari pagi karena jam 4 sore udah tutup dan spooky.

Setelah mendapat gelang tiket, harus melewati alat scan gitu dan masuk ke Toko Souvenir terlebih dahulu, tapi kami udah ngingetin Gen supaya nggak minta beli. Kebayang yang anaknya pengen minta terus rewel ya. First impression wah bagus ya udah kayak taman-taman ala floating market gitu, kandangnya juga bagus jadi kandang pertama adalah jajaran Orang Utan asli Indonesia tapi kebagusan itu hanya bertahan sebentar karena setelah melewati jarak 200m kembali ke Kebun Binatang jadul yang biasa aja, kotor, bau dan ya renovasi dimana-mana, jadi Bandung Zoo ini selalu buka meskipun renovasi dimana-mana. Katanya ada koleksi 1600 satwa tapi berasa berkurang dibanding saat saya masih kecil dulu. Kami pilih hari biasa supaya nggak macet dan nggak terlalu ramai sih dulu kalau kesini hari Minggu penuh banget darimana-mana kan ya.

Bandung Zoo

Emang enak bawa anak yang udah bisa jalan dan ngomong jadi dia ngerti kalo binatang yang biasa di tonton di video atau baca di buku kini bisa lihat wujud aslinya. Karena lagi di renovasi gitu kadang suka bingung arah karena penunjuk jalan juga kurang jelas dan kurang banyak jadi kami segera menuju panggung atraksi saja karena setiap hari jam setengah 11 ada atraksi binatang gitu cuma sayang nggak di infokan sejak awal masuk di loket tiket alias kenapa Bonbin jadi kayak gini karena promonya kurang sedangkan sekarang di Bandung udah makin banyak tempat wisata kekinian hanya untuk selfie bahkan di Mall keren juga udah ada kebun binatang mini.

Atraksi nya sebentar saja hanya setengah jam, lumayan lah ya ada binatang beraksi seperti burung, anjing dan marmut, saya harap sih durasinya lebih lama dan lebih menarik lagi. Kemarin kami berkeliling sih liat orang utan, singa betina, harimau, beruang, buaya, burung, rusa, unta, monyet, ular, kuda nil, zebra dan gajah. Sedangkan yang nggak ada tuh singa jantan, padahal saya pengen banget foto ama singa jantan hehe lalu jerapah, si amang, kambing gurun.

Setelah Suami sholat Jumat, kita makan dulu di foodcourt ya g ternyata ada tetangga sih jualan Soto Ayam dan Soto Bandung, enak harganya juga murah cuma Rp 25.000/porsi. Kalau mau tunggang gajah dan unta bayar lagi Rp 15.000, masuk wanaha permainan terbaru, kereta api dan mobil-mobilan juga harus bayar lagi 15.000 tentu saja skip apalagi di deket kandang unta bau banget pantes nggak ada yang jaga karena ya kotor dan bau huhu sedih banget dan kalau ke Toilet juga harus bayar.

Perahu dayung 1 kiri, kalo yang ikan sepeda dayung Rp 15.000

Yang lucu sih waktu mau naik perahu dayung yang ternyata nggak jalan kalo ngga ada yang ngantri karena harus penuh dulu, jadi kami doang ngeliatin orang naik sepeda dayung atau bebek-bebekan yang harus bayar lagi Rp 15.000, mana yang jaga cuma seorang dong, kalo lagi ngedayung perahu nggak ada yang ngawasin pengunjung yang lagi naik sepeda dayung. Suasana danau dan pepohonan nggak terawat, jalanan belum mulus karena banyak akar jadi spooky dan harus hati-hati, saya males ah harus ngeboseh bebek-bebekan meskipun Gen jadi nangis karena pengen naik.

Petualangan berakhir di wahana permainan setelah melihat gajak makan. Btw kesan-kesan ke Bandung Zoo tuh biasa aja sih koleksi berkurang, masih kotor dan ya dikit-dikit bayar lagi yang bikin males. Katanya sih nanti bakal dibangun zona Afrika mungkin kalau mau dirombak habis-habisan harus nunggu 1 sampai 2 tahun kedepan, soalnya sekarang baru 10%, biar nggak setengah-setengah aja ya kan. Cuma emang sekarang jadi lebih tertib sih, sayangnya meskipun anak 80cm udah bayar tapi kandang belum semuanya kids friendly lho. Maksudnya gini, kan anak udah bayar tuh harusnya dia udah bisa liat binatang tanpa harus digendong atau dijagain lagi dong. Mau liat beruang harus digendong dan takut jatuh, apalagi liat buaya atau harimau di kandang terbuka yang mana kalau jatuh serem banget, emang udah ada beberapa kaca tapi entah kaca apa kok kayak rumek alias nggak jelas gitu.

Bandung Zoo

Kita ngga usah bandingkan dengan kebun binatang yang ada di luar negeri dulu deh, meskipun kita bisa menilainya dari video akan tetapi coba bandingkan dengan Dufan yang kalau diatas berapa cm bisa naik wahana tertentu biar apa? Biar aman lah jadi worth it bayarnya juga karena emang sesuai.

Semoga Bandung Zoo lebih baik lagi dan kalau sudah terlahir kembali pasti harga tiketnya berbeda, sayang aja gitu udah dari zaman Belanda 1933 masih gitu-gitu aja. Demikian review Bandung Zoo, Petualangan Gentra di Kebun Binatang Bandung, kami juga berdoa semoga nanti bisa berkunjung ke Taman Safari Indonesia, Bali Zoo, Batu Secret Zoo dan kebun binatang yang ada di luar negeri, aamiin. Sampai juga di jalan-jalan asyik bersama keluarga di episode selanjutnya!