• 18.9.19

    4+ Cara Mendidik Anak Generasi Alfa

    Generasi Alfa

    Dear readers, seperti yang kita ketahui bahwa generasi saat ini, tumbuh dipenuhi dengan teknologi yang ada. Generasi alfa merupakan anak yang lahir dari tahun 2010 sampai 2014. Pada fase tersebut, memang perkembangant eknologi sedang berjalan dengan sangat cepat. Tidak heran, jika generasi saat ini begitu melekat dengan smartphone. Bahkan, sudah sejak kecil menggunakan smartphone.

    Tentunya, sebagai orang tua harus mendidik dengan benar. Karena, berkaitan dengan kehidupannya nanti. Jangan sampai, penggunaan teknologi justru memberikan dampak yang buruk bagi anak. Untuk itu, harus paham bagaimana mendidik generasi alfa dengan tepat. Jangan bingung, artikel ini akan memberikan beberapa caranya secara lengkap.

    Beberapa Cara Mendidik Anak Generasi Alfa
    Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan dalam mendidik anak untuk gen-A. Ini dia beberapa caranya:

    • Ajari Penggunaan Smartphone Secukupnya
    Salah satu hal terpenting yang harus diajarkan yaitu dalam penggunaan smartphone. Saat ini, sudah begitu banyak anak yang tidak terkontrol dalam penggunaan smartphone. Tentunya, hal ini sangatlah berbahaya. Karena, jika dibiarkan akan membuat anak menjadi lebih leluasa.

    Ada baiknya, untuk memberikan penggunaan smartphone secukupnya saja. Yaitu bisa digunakan kurang lebih 2-3 jam sehari saja. Penggunaan waktu tersebut membuat anak agar tidak kecanduan dalam menggunakan smartphone. Karena, memang belum waktunya untuk penggunaan smartphone.

    • Mengajarkan Agama Sejak Kecil
    Perkembangan dari teknologi yang berjalan dengan cepat memang harus diimbangi dengan agama. Mengapa demikian? Karena, agar dapat membuat anak menjadi lebih paham mengenai hal yang benar dan salah. Termasuk nantinya saat penggunaan teknologi. Maka, akan menjadi lebih paham penggunaanya.

    Selain itu, agama juga sangat membantu untuk membuat anak menjadi lebih paham pengetahuan. Karena, setiap anak berhak untuk mendapatkan pendidikan keagamaan. Terutama, orang tua memiliki peranan yang sangat penting dalam hal ini. Alangkah baiknya, untuk bisa diberikan pemahaman mengenai agama sejak dini.

    • Mengajarkan Sopan Santun
    Sudah seharusnya, sopan santun tetap dijaga. Terutama, dengan orang yang lebih tua. Darimana hal ini bisa diketahui oleh anak? Orang tua memiliki peran yang cukup penting dalam perkembangan anak. Karena, tumbuh kembang dari anak sangat berpengaruh disini. Untuk adab sopan santun yang diberikan juga sangat penting.

    Karena, dalam berkomunikasi sehari-hari juga terkadang bersama dengan orang tua. Untuk itu, ajarkan sopan santun yang baik dan benar. Pastikan anak anda memahaminya dengan
    benar. Karena, jika tidak nantinya bisa menjadi masalah kedepannya. Generasi alfa tidak hanya memiliki kecerdasan saja,melainkan juga harus memiliki sikap sopan santun yang
    tinggi.

    • Ajarkan Edukasi Melalui Smartphone
    Kemudahan dalam melakukan pembelajaran saat ini sudah hadir. Hanya dengan satu
    genggaman, sudah bisa mengenalkan anak berbagai macam pembelajaran. Tentunya, bisa melalui aplikasi maupun permainan yang tersedia di smartphone. Tentunya, hal ini memang cukup direkomendasikan. Karena, generasi ini sangat tertarik pada kemajuan teknologi.

    Jadi, anda bisa memberikan pengajaran yang memang sesuai pada ketertarikannya. Seperti untuk edukasi musik, menggambar dan yang lainnya. Kini semuanya bisa anda lakukan hanya dengan smartphone. Jangan ajarkan anak untuk bermain game yang seharusnya belum diketahui. Karena, hal ini akan berbahaya kedepannya!

    Bagaimana, anda sudah paham bukan? Jadi, jangan sampai anda salah dalam mendidik anak generasi alfa. Karena, jika salah dalam mendidiknya akan membuat anak menjadi kurang paham. Bahkan, cenderung hanya mengikuti zaman saja. Semoga  artikel ini bermanfaat!


    Baca juga:

    No comments:

    Post a Comment

    COPYRIGHT © 2017 SANDRAARTSENSE | THEME BY RUMAH ES