• 17.8.19

    Tips Mengikuti Lomba Masa Kini Karena Keputusan Juri Tidak Dapat Diganggu Gugat!


    Dear kuis hunter, pecinta lomba blog atau pemuja giveaway di jagad maya... Gimana udah petjah telor belum? Tetep semangat ya semuanya. Kali ini saya mau nulis random ah seputar balada Kuter alias kuis hunter, dimana mereka ngga cuma suka ikutan kuis tapi juga kian meluas hingga ikutan lomba foto, blog/vlog dan giveaway di aneka sosmed. Seperti yang kita ketahui nih, yang namanya lomba pasti ada dewan juri yang terhormat, yang keputusannya ngga dapat diganggu gugat! So, yuk kita kupas tuntas menyingkap fakta yang tertunda seputar kuis-kuisan yang bersumber dari pengalaman para peserta lomba. 

    • Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat
    Juri tuh siapa sih? Biasanya brandnya langsung sih, dipimpin oleh Marketing Manajer nya jadi agensi hanya melaporkan dan mengumumkan lomba saja. Mau lapor ke brand/perusahaan, nyepam sosmed yang dipegang admin agensi, mau nangis darah juga keputusan udah final, ngga ada gunanya protes karena keputusan juri mutlak! Alih-alih ngumumin pemenang di jam sibuk sosmed, ada lho yang pemenangnya diedit dan diumumin nya jam 12 malem, biar peserta udah tidur kali ya, jadi ngga ngeuh mau cek riceknya juga, terima aja, terima, nanti ada juri yang Maha adil di akhirat sana.

    • Pemenang lomba sudah ditentukan
    Tahukah kamu bahwa terkadang penyelenggara lomba tuh cuma ingin feedback positif buat brand atau perusahaan semata, misalkan ingin promosi dengan biaya murah, nambah followers dan produknya laku, caranya ngadain kuis atau lomba dong! Akan tetapi diantara lomba yang berkeliaran, mereka sudah menentukan pemenangnya alias orang dalam atau nepotisme misalnya, pemenang 1 dan 2 sudah ditentukan, tinggal cari pemenang 3, favorit dan hiburan. Mending sih kalau pemenangnya kompeten, lah ini asal-asalan, kadang sosmednya ngga ada atau baru bikin, blog baru bikin, foto lomba ngga ada, mencurigakan banget deh.

    • Juri mengkhianati peraturannya sendiri
    Okelah kita ngga menang, tapi sebagai peserta kita pasti udah tau dong saingan kita siapa, pasti ada feeling wah si A bagus banget pasti menang. Eh ternyata si A juga apes, nggak menang apa-apa, karena ternyata Juri lupa ama aturan lomba. Misalnya:

    1. Dalam lomba rambut indah eh yang menang bukan liat rambut, tapi grafisnya. Sekalian aja ngadain lomba grafis!
    2. Dalam lomba harus menyertakan link hidup tempat membeli produk, ternyata juara utama ngga ada link tersebut!
    3. Dalam lomba harus mention 5 orang dan struk belanja ternyata yang menang ngga mengikuti aturan tersebut, ajaib!
    4. Dalam lomba tidak boleh menjelaskan produk pesaing, ternyataaaa yang juara adalah yang membandingkan dengan produk pesaing, cerita yang sedih-sedih pengalaman buruk dengan produk pesaing, wow keren!
    5. Dalam lomba foto harus kreatif, yang menang ternyata ras tertentu, ada juga juri Rasis, kutandai kau!
    6. Juri menghapus postingan peraturan lomba atau mengubah seenaknya. 


    Memang tidak semua lomba berakhir tragis, tidak semua dewan juri asal-asalan, rezeki dan kemuliaan tidak akan tertukar, kan? Karena sudah tau fakta-fakta mengejoetkan diatas, berikut ini adalah tips mengikuti kuis atau lomba masa kini:
    1. Percaya hanya kepada Tuhan yang memberi rezeki.
    2. Jangan terlalu berharap, nanti kecewa berat ya bro sis.
    3. Jangan terlalu berkorban hanya untuk lomba, berlomba lah dalam kebaikan, asik.
    4. Lebih baik ikut lomba yang diendorse dulu, misalkan brand memberi produk gratis kepada kita sekaligus nanti dilombakan, biar nggak sakit hati ujung-ujungnya.
    5. Jangan heran kalau menemukan ketidakadilan, namanya juga kita mah usaha ya, nanti Tuhan ganti dengan yang lebih baik 
    6. Cari kuis/lomba/giveaway anti ribet, hidup mah dibuat gampang aja sih.

    Sekian tips mengikuti lomba masa kini, karena keputusan juri tidak dapat diganggu gugat! Gimana, hari gini masih tertarik buat ikutan kuis atau lomba? Please kalau kamu jadi juri, yang adil ya, jangan egois. Ceritakan juga dong misteri dunia kuis yang kamu tau... Ditunggu ya!

    2 comments:

    1. Aku udah ngrasain banget nih asem pahitnya ikutan lomba atau giveaway beb, emang nyebelin banget kalau udah susah payah ikutan lomba, udah dibuat sebaik mungkin sesuai kriteria eh ternyata yg menang malah ga seberapa, kezel! Rasanya nyesel aja ikutan lomba itu hahahhaa

      ReplyDelete
    2. Aku udah lama nggak ikut lomba mami. Rasanya sedih juga, tahun ini tahun aku ngga berprestasi. Nggak tau nggak mood aja. Pdahal 2 tahun ngeblog, tiap tahun pasti ada beberapa lomba aku menangkan. Tp tahun ini hiks

      ReplyDelete

    COPYRIGHT © 2017 SANDRAARTSENSE | THEME BY RUMAH ES