• 17.7.19

    Inilah Tips Untuk Kamu yang Ingin Mulai Berolahraga!


    Dear Sport lovers, gimana nih udah Lebaran apakah badan juga ikut lebar? Berat badan saya sebelum lebaran sih 46 kg, pengennya 42 kg aja biar celana jeans nggak ngetat banget haha. Sebenarnya untuk tinggi dan berat sekarang tuh BMI nya masih normal sih, nggak over atau under weight tapi ya itu, lebih nyaman kalo dibawah 45 kg deh. Setelah dua bulan nggak Zumba, akhirnya mulai Juli kemaren bisa Zumba lagi sama Ibu-ibu tersayang hehe.


    Biasanya hari Minggu tuh jadi waktu yang istimewa untuk saya dan Suami berolahraga. Suami gowes sepeda dan saya ber-Zumba ria hehe. Sebenarnya olahraga kan bisa dilakukan setiap hari, tapi karena kesibukan bekerja dan mengurus anak membuat kami lelah untuk pergi ke fitness center. Toh setiap hari juga kami "olahraga" tanpa pakaian olahraga bukan bermanja-manja seharian hehe. Ngurus anak juga bakar kalori (dan juga emosi) kan? Hehe. Bagi kami olahraga itu suatu kebutuhan bukan buat gaya-gayaan doang, toh udah disuruh sama Nabi kan? Disini saya akan sharing berupa tips untuk kamu yang ingin mulai berolahraga, enjoy!

    • Tentukan niat awal
    Kamu harus tau niat kamu berolahraga itu untuk apa? Apakah untuk menjaga kesehatan dan kebugaran atau hanya sebagai ikut-ikutan tren doang? Percayalah olahraga itu bikin kita bahagia dan bonusnya bisa langsing lho, ya minimal berat badan ideal lah ya, biarkan rekening tabungan saja yang gendut hihi.

    • Pilih olahraga yang kamu sukai
    Jangan melihat orang lain, tentukan pilihan olahraga mana yang kamu sukai, bisa coba dulu sih biar mantap karena nggak semua olahraga itu cocok buat kamu. Kalo kamu suka sama olahraga tersebut, kamu pasti akan berusaha buat latihan walaupun kesibukan melanda. Terkadang olahraga juga bisa berdasarkan kepribadian lho, misalnya saya kan orangnya energic jadi sukanya Zumba atau senam Aerobic, sedangkan orang yang calm atau pendiam biasanya suka Yoga atau Pilates. Kemarin juga baru liat di Instagram kalo olahraga juga bisa berdasarkan kecocokan zodiak lol, entah kenapa Zodiak Leo dikasihnya Zumba haha. 


    • Persiapan
    Nah, biar semangat persiapkan kebutuhan kamu saat berolahraga. Misalnya pakaian olahraga, sepatu dan botol minum disiapkan di dalam tas supaya besoknya tinggal berangkat aja. Orang-orang biasanya suka banyak alesan nih, nggak punya baju, nggak punya sepatu, nggak punya duit huhu padahal nih ya saya tuh dari usia 17 tahun senam, nggak punya baju senam sama sekali, senam cuma pake t-shirt ketat, celana training nyaman dan sepatu seadanya, bukan merek terkenal yang mahal itu, lagian senamnya juga masih gratisan dan outdoor. Bertahap lah, udah nikah baru deh senam di studio, berbayar, beli baju senam seksi dan sepatu senam yang awet.

    • Makan dulu sebelum berolahraga 
    Misalnya jam 8 pagi mau Zumba nih, maksimal sejam sebelumnya kita harus sarapan terlebih dahulu. Makannya nggak usah banyak-banyak ya yang penting ada energi buat work out dan sebisa mungkin setelah olahraga minum air putih aja, jangan minum yang aneh-aneh, apalagi udah Zumba ngebaso, uh jangan dong sayang perut haha.


    • Ajak teman
    Sebenarnya saya tuh nggak mau tergantung sama teman, kalo udah diajak nggak mau yaudah lanjut aja, toh nanti juga ketemu teman di tempat Zumba, yang utama kan olahraga nya bukan nungguin teman. Tapi kalo kamu tipe yang harus selalu ada teman, ajak teman yang seenergi buat olahraga bareng, karena itu bakal jadi motivasi buat kamu agar lebih semangat olahraga.

    • Jangan menyerah
    Apabila kamu punya goals atas olahraga yang kamu jalani namun hasilnya belum sesuai harapan, kamu harus ingat bahwa kamu sedang menjalani sebuah proses. Tidak ada yang instan untuk hasil yang menakjubkan, jadi jangan malas ya!

    Kapan nih kita berzumba bareng? Saya berharap dalam beberapa waktu dekat bisa Zumba di rumah lagi, tapi ingat anak jadi masih ragu soalnya dia udah tau kalau Mami nya suka senam hehe. Sekian sharing tentang tips untuk memulai berolahraga, semoga membantu kamu yang masih males untuk olahraga! Salam sehat selalu.


    Baca juga:

    3 comments:

    1. Wah, kalau saya scorpio cocoknya olahraga apa? Hihihi...

      ReplyDelete
    2. Niat mah sungguh luar biasa sekali, tapi ya itu mudah menyerah.
      Maklum karena tidak ada teman, mungkin kurang bersemangat.

      ReplyDelete
    3. semangat yuk olahraga, biar sehat, dan untuk memulainya butuh perjuangan. aku kalau mau yoga tuh kadang susah mau pergin berat tuh padahal terbukti manfaat ke tubuh

      ReplyDelete

    COPYRIGHT © 2017 SANDRAARTSENSE | THEME BY RUMAH ES