• 18.6.19

    Resep Mie Kemangi, Yummy!

    Mie Kemangi 

    Dear foodies, setelah lebaran rasanya males makan ayam-daging-kuah santan terus ya? Cek kulkas cuma ada kol, abon dan kemangi. Kita bikin mie goreng aja yuk? Hihi. Emang sih biasanya kalau nasi abis, saya suka masak mie goreng, bihun goreng atau kwetiau goreng. Enaknya masak sendiri tuh kita bisa jamin kehalalan, kebersihan dan banyaknya sayuran atau toping penyedap masakan hehe.

    Kalian suka kemangi nggak? Kalau kata orang Sunda sih Kemangi disebut Surawung dan bahasa keren internasional nya Basil hehe. Kemangi merupakan daun-daunan yang bisa dipakai lalapan orang Sunda atau salad-salad mahal ala restoran, aromanya khas dan katanya sih bisa mengurangi bau badan hahha. Sok yang burket banyakin makan kemangi ya biar wangi hihi. Inilah resep istimewa dari saya, Mie Kemangi!


    Bahan:
    Mie Urai (pipih atau original, bebas sih merek apa aja), rebus hingga setengah matang
    Sayuran yang ada di kulkas, saya adanya kol dan kemangi hehe
    1 butir telur 
    Abon sapi atau ayam secukupnya 
    2 siung bawang merah
    1 siung bawang putih
    1 bh cabe rawit atau sesuai selera
    Irisan bawang bombay secukupnya 
    Saus tiram/ kecap atau Lada hitam/putih 
    Garam
    Penyedap rasa, saya pakai kaldu jamur

    Cara memasak:
    Panaskan minyak, tumis bawang, tunggu hingga harum. Masukan telur, orak arik juga bersama kol, tambahkan mie dan abon. Beri saus tiram atau lada hitam, penyedap rasa, aduk hingga merata, jika sudah matang bisa matikan api, beri garam, cabe rawit dan kemangi, koreksi rasa dan selamat menikmati.

    Itulah resep Mie Kemangi, Yummy ala saya, semoga kalian suka juga ya! 

    Baca ini yuk! 

    5 comments:

    1. Kreatif banget ini, mah. Kemangi itu sayuran favorit saya, Mbak..apa-apa dicampur kemangi pasti enaak banget, Insya Allah..hihi...

      ReplyDelete
    2. Aku suka banget lalapan kemangi bebs, bisa ngurangin bau badan tak sedak soalnya, tapi belum pernah nyoba mie pakai kemangi, kayaknya sedep ya, kapan2 coba ahh

      ReplyDelete
    3. biasanya kemangi aku makan bareng nasi :D. apalagi kalo dimakan ama agam goreng, dan sambel, nyoooosss banget. awal2 dulu sempet ga suka ama daun ini, krn g biasa ama aromanya. tp lama2 kok ya lidahku jd bisa nerima :D.

      besok aku coba resepnya deh mba :D. mumpung msh minggu. biar g capek masak juga.

      ReplyDelete
    4. Baru tahu bahwa basil itu nama internasional untuk kemangi alias surawung dari pos blog Teh Sandra, hi hi.
      Padahal dulu kala sering baca resep masakan di majalah dan tabloid kerap bingung basil itu apa dan gimana cara dapetinnya. Padahaaal, gampang banget karena saya juga nananm di pekarangan, ha ha.
      Jadi pengen bikin mie campur kemangi, sayang tanamannya udah gak ada lagi di pekarangan samping karena suami bikin-bikin sesuatu di sana jadi mungkin gak sengaja terinjak atau tercabut. Harus minta pada tetangga untuk praktikkan. Kebetulan saya ada kwetiau dan kol serta toge juga. Sebenarnya mau ngelotek da siang-siang gini panas, tapi sisihkan dikit untuk cobain ngemie goreng.
      Eh, Teh Sandra. Nanti mainnya ke pos lama yang belum dibaca, ya. Saya belum sempat bikin pos baru da sibuk dulu.
      Selamat lebaran, ta, mohon maaf lahir batin jika ada komen saya yang tak berkenan di hati. Nuhun.

      ReplyDelete
    5. Pasti haruuuuuuum deh mienya :) Iya dong kan pakai kemangi hehehe. AKu bisa nambah nih kalau lihat porsi sepiring di foto itu wkwkwkwkw. Tambahin cabe rawit orens mbak biar huh hah huh :) Mantapp!

      ReplyDelete

    COPYRIGHT © 2017 SANDRAARTSENSE | THEME BY RUMAH ES