• 20.6.19

    Mengenal Masalah Kulit Bayi


    Dear Moms, apa kabar? Semoga keluarga kita sehat selalu ya. Kali ini saya akan membahas tentang masalah kulit bayi. Seperti yang Moms ketahui, bahwa kulit bayi mempunyai sifat yang sangat sensitif dan cenderung lebih tipis. Tidak heran jika bayi sering mengalami beberapa masalah ringan hingga sedang pada kulit di bagian tubuh tertentu. Karena itu, salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan memberikannya sabun bayi yang aman dan tepat. 

    Mengenal Masalah Pada Kulit Bayi
    Bayi memang sangat rentan dengan masalah kulit, meskipun itu sudah Moms cegah dengan berbagai cara. Lalu apa saja masalah kulit yang sering dialami bayi dan cara mengatasinya? Berikut adalah beberapa macam masalah kulit pada bayi:
    Jerawat
    Tidak hanya orang dewasa saja yang sering berjerawat, namun juga bayi yang bahkan baru berusia satu bulan. Jerawat bayi sering muncul pada bagian pipi dan hidung dengan tampak bintik kemerahan. Namun, jerawat ini tidak berbahaya karena dalam beberapa bulan akan hilang sendiri, sehingga Anda tidak perlu mengkhawatirkannya. 

    Ruam popok
    Ruam popok ditandai dengan iritasi kulit pada bagian pantat yang memang tertutup oleh popok. Seringkali gejala tersebut dibarengi pula denga gatal-gatal dan kemerahan. Hal itu disebabkan adanya gesekan antara popok yang selalu basah dengan kulit bayi secara langsung. Karena itu, Anda harus sering mengganti popok bayi dan usahakan area pantat selalu kering. 

    Masalah ini juga ada yang disebabkan oleh alergi terhadap penggunaan produk tertentu seperti lotion, sabun, detergent, hingga tissu. Jika penyebabnya demikian, sebaiknya gunakan sabun untuk balita atau bayi yang aman dan minim bahan kimia. 

    Kulit kering
    Kulit kering pada bayi seringkali disebabkan oleh suhu atau cuaca yang begitu panas maupun terlampau dingin, sementara kulit bayi tidak cukup tahan dengan hal itu. Tentu saja masalah ini ditandai dengan kulit yang kering, bersisik, dan bahkan mengelupas. Cara mengatasinya adalah dengan memberikan lotion khusus bayi setelah mandi. 

    Biang keringat
    Masalah ini sering terjadi pada bagian kulit tubuh yang tertutup dengan pakaian seperti leher, dada, punggung, hingga paha. Hal itu ditandai dengan adanya bintik-bintik merah hingga gatal. Cara mengatasinya adalah dengan memilih pakaian bayi yang lebih longgar dan hindari produk bayi yang berbentuk krim. 

    Nah, sekian informasi tentang masalah kulit bayi, semoga bermanfaat ya!

    Read more:

    2 comments:

    1. Biang keringat yang sering dialami anak saya. Soalnya aktif banget lari sana sini. Tapi giliran disuruh ganti baju ngotot nggak mau. Kadang juga ga mau mandi. Ampuuun. Syukurnya dengan izin Allah pakai sabun mandi yang tepat bisa sembuh :D

      ReplyDelete
    2. makasih kak sandra.. ini cassie seringnya kena biang keringat karena produksi keringatnya sangat banyak nih.. makasih artikelnya dapat banyak ilmu.. dan mungkin bakalan coba beliin baju2 gede dan longgar

      ReplyDelete

    COPYRIGHT © 2017 SANDRAARTSENSE | THEME BY RUMAH ES