• 8.4.19

    Tips Agar Enjoy Mengurus Anak di Rumah


    Dear Parents, baik Ibu rumah tangga atau Ibu yang bekerja diluar rumah sama-sama sayang sama anaknya, bedanya adalah frekuensi waktu dalam mengurus anak. Bagi Ibu bekerja, anak bisa dititipkan pada Orang terpercaya seperti Orang tua atau Saudara, Pembantu atau Baby Sitter maupun Daycare dekat kantor. Sedangkan Ibu rumah tangga harus full time mengurus anak di rumah. 

    Akan tetapi, Ibu rumah tangga belum tentu pandai mengurus anak seharian lho, Ibu bekerja pun belum tentu lalai mengurus anaknya. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tips dan pengalaman mengurus anak tanpa Asisten Rumah alias seharian mengurus anak di rumah supaya tetap waras katanya, tidak jenuh dan lebih enjoy, selamat membaca! 

    Jauhi sikap perfectionist dan ambisius
    Tujuan utama saat ini adalah memberikan perhatian pada Si kecil, apabila rumah berantakan sedikit wajar saja, jangan sampai hanya karena ingin rumah kinclong terus, anak kita jadi kurang stimulasi. Saya biasanya santai, asal jangan terlalu kacau dan kotor, yang penting kan anak nyaman dan aman saat bermain di rumah. 

    Ikhlas dan selalu bersyukur
    Rumput tetangga memang terlihat lebih hijau. Jangan iri jika teman kita karirnya melejit, traveling kemana-mana atau memiliki body goals. Kita juga bisa seperti mereka, bisa bisnis dari rumah, bisa jalan-jalan sama keluarga dan bisa olahraga lagi biar singset. Semua akan ada waktunya, semua akan indah kembali. 

    Sampaikan kebutuhan dan keluhan pada Suami
    Manusia tidak ada yang sempurna apalagi seorang Ibu baru yang baru belajar, belajar ilmu kehidupan yang tidak ada sekolahnya tapi selalu diuji sepanjang waktu lewat mengurus anak. Daripada curhat sama yang lain lebih baik curhat pada Suami, semoga pasangan kita mengerti dan mau mendengarkan nggak enaknya baby blues dan depresi paska melahirkan ya, bu. 

    Pilih lingkungan pertemanan yang positif
    Saya pikir setelah resign akan kehilangan teman, tapi ternyata tidak. Saya bertemu tetangga baik hati dan genk SMA 'hidup kembali', hal tersebut membuat saya bahagia. Saya dikelilingi oleh real friends maupun teman dumay yang selalu membuka pintu rezeki untuk saya, Alhamdulillah. Sebaiknya jauhi saja teman yang tidak sefrekuensi, supaya tidak stress atau terpengaruh buruk. 

    Belajar ilmu Parenting
    Ilmu itu harus terus di upgrade, sebagai orang tua millenial kita dituntut untuk serba tahu dan kreatif mempersiapkan bekal terbaik untuk anak. Ikutilah kelas Parenting, seminar, temu komunitas, baca buku maupun playdate yang mendidik agar tidak bosan di rumah terus. 

    Quality time sama Suami
    Sebulan atau dua bulan sekali titipkan Si kecil sebentar saja agar kita dan pasangan bisa pacaran singkat seperti dulu. Ngobrol dari hati ke hati di tempat favorit yang penuh kenangan pasti akan membangkitkan romantisme yang sempat terlupakan karena sibuk mengurus anak. 

    Percantik diri
    Meskipun seharian berada di rumah, jangan lupa menjaga kebersihan dan kerapihan diri sendiri ya! Mandi pagi, pakai wewangian dan rutin menggunakan skincare serta make up natural akan membuat hari-hari percaya diri. 

    Tetap menjalankan hobi
    Menurut saya pribadi, menikah dan memiliki anak bukan alasan kita untuk berhenti berkarya. Dengan melakukan kegemaran, otomatis kita akan menjadi bahagia, bukankah sebelum membahagiakan orang lain kita harus bahagia terlebih dahulu? Namun tetap sih prioritas utama adalah mengurus rumah tangga, mungkin satu atau dua tahun pertama waktu untuk hobi dikurangi tapi ketika anak beranjak besar, kita pasti punya waktu luang lagi untuk berkarya, jadi tetap semangat ya! 

    Demikianlah tips dan sharing agar enjoy mengurus anak di rumah, jika ada pengalaman lainnya boleh dibagi di kolom komentar ya! Semoga bermanfaat. 


    Baca juga:

    6 comments:

    1. aku terinspirasi bgt beb,meski sbner'y aku gk bisa quality time sm misua.sedih sih,,hehe
      tp gpp hrus sll di syukuri ya apapun itu,biar hidup kita sll bahagia..
      dan alhamdulillah keberkahan selalu menghampri,.😇jika kita pandai bersyukur

      ReplyDelete
    2. Ini bener bangettt. Ngurus anak sendirian itu tricky, apalagi kalo yang benar-benar mengurus sendiri tanpa bantuan siapapun, ya. Setelah anakku 1 tahun, mulai senang eksplorasi otomatis rumah makin amburadul. Belum pas lepas diaper di rumah, wiss bau pesing iya, berantakan juga iya, gapapa deh hahaha. Makasih ya Mba tipsnya!

      ReplyDelete
    3. Setujuuuuu banget ama semua mami sampaikan. Aku juga gitu, walau nggak bisa dipungkiri kita lelah ya, tapi hobi dan support sistem dia atas membantu banget buat nguatin kita

      ReplyDelete
    4. Betul sekali, Mbak. Menikah dan punya anak bukan alasan kita nggak bisa mengejar impian. Anak-anak akan menjadi teman terbaik kita...bukan hambatan...

      ReplyDelete
    5. Wahh hebat banget ya mommy nya baby G ini, sehari2 ngurus anak & kerjaan rumah masih bisa aktif berkarya, aku jadi termotivasi, mudah2an ntr bisa kaya mommy juga

      ReplyDelete
    6. bebner banget itu belajar ilmu parenting wajib bagi semua emak emak muda biar ga salah mengurus anak ya kak

      ReplyDelete

    COPYRIGHT © 2017 SANDRAARTSENSE | THEME BY RUMAH ES