• 2.4.19

    Hindari Gaya Hidup Boros, yuk Nabung dari Sekarang!



    Dear good people, welcome back to my blog! Kali ini saya mau bahas tentang manajemen keuangan rumah tangga bagi kamu yang sudah menikah, tapi buat kamu yang masih Single, tak ada salahnya untuk belajar dari sekarang. Saya harap kamu jangan sampe bosen ya soalnya sharing ini nggak akan pernah kamu dapatkan di bangku kuliah setinggi apapun, cara satu-satunya adalah menjalani pengaturan keuangan bersama pasangan setelah menikah.

    Kalau kalian emang saling cinta, kayaknya nggak susah deh untuk saling membahagian pasangan dalam bentuk materi, iya kan? Selain sifat konsumtif, kebiasaan menabung juga harus dijunjung tinggi dong! Kebiasaan menabung memang gampang-gampang susah sih, apalagi bagi kaum millenials yang sekarang berada di usia produktif, kalau nggak bisa nabung pasti pusing deh melihat kehidupan orang lain di sosial media. Dan tahukah kamu bahwa hal-hal berikut ini ternyata bisa jadi akar pemborosan dan menguras pengeluaran yang cukup besar lho!


    Merokok
    Siapa nih yang masih merokok? Coba deh bayangin abu rokok itu kalau dirupiahin? Lumayan buat beli batako atau modal usaha kan? Kita ini nggak selamanya muda kawan,  kalau mati meninggalkan pasangan dan anak-anak apakah sudah cukup bekal pendidikannya?


    Pakaian Mahal
    Di zaman krisis sekalipun, semua orang tetap membutuhkan pakaian, sebelum membeli pakaian yang harganya selangin coba pikirkan lagi di negara miskin, mereka nggak sanggup beli pakaian soalnya untuk makan saja susah. Belilah pakaian sesuai kemampuan dan kebutuhan, jika sudah membeli, jangan lupa sumbangkan pakaian kamu untuk saudara atau yang membutuhkan ya!

    Botol minum
    Tinggal di negara tropis pasti bikin kita sering haus dan rajin minum supaya nggak dehidrasi, coba deh bekal botol minum dari rumah, selain hemat juga zero waste kan!

    Berjudi
    Dulu Ibu Kos saya pengangguran, hobinya main judi online sehingga hutangnya dimana-mana dan kesulitan keuangan sehingga banyak barang yang dijual untuk membiayai hidupnya.

    Perhiasan
    Tak dapat dipungkiri lagi jikalau perhiasan bisa menambah kepercayaan diri, namun perhiasan terutama emas bukanlah investasi karena berdasarkan pengalaman jual beli perhiasan emas, saat dijual akan mengikuti harga emas terbaru jika naik, harga jual tetap, jika turun maka harga jual akan ikut turun. Belilah perhiasan seperlunya, simpan uang di deposito demi keamanan dan kenyamanan.

    Mobil mahal
    Dulu kerabat menyuruh saya untuk belajar menyetir supaya saya jadi wanita perkasa dan mandiri, tapi saya belum tertarika karena nggak punya kendaraan pribadi. Faktanya beberapa tahun kemudian Ojek online dan Taksi online begitu menjamur dan saya bahagia bisa tetap merasakan naik kendaraan mewah tanpa kerepotan mengurusnya dan membakar uang untuk bahan bakar. 

    Makanan cepat saji
    Sebenarnya masak makanan cepat saji itu gampang banget lho kawan, kita bisa membuatnya sendiri di rumah, kalau tidak capek dan malas lebih baik saat di makan di luar atau Cafe jangan pesan menu yang bisa dibuat di rumah seperti ayam goreng, nasi goreng, mie goreng, spageti, soto, jus dab semacamnya karena bagi Istri yang rajin masak akan ketahuan deh harga bahan baku menu tersebut, iya kan?


    Tolong beri tahu pasanganmu agar menghindari kebiasaan boros diatas ya demi masa depan yang lebih cerah. Memang sih gaya hidup itu relatif, namun jika pengeluaran sudah lebih besar daripada penghasilan, itu namanya boros. Baiklah, setelah mengetahui mana saja yang bikin pemborosan, sekarang saya akan membagikan tips menabung setelah menikah! Semoga bermanfaat! 

    Segera buat pos dana darurat 
    Jauh sebelum mengenal istilah dana darurat ternyata Suami saya sudah memiliki dana darurat sebelum kami menikah dan sekarang kebiasaan baik tersebut terus berlanjut bahkan sebelum kami memiliki buah hati.


    Melunasi hutang piutang
    Nah, jika kamu masih memiliki hutang sebelum menikah, lebih baik diselesaikan terlebih dahulu, katakan jujur pada pasangan dan jangan nambah-nambah lagi hutang setelah menikah karena hutang itu bikin ketagihan dan sangat berat jika tidak dilunasi. Bekerja keraslah untuk masa depan, jangan membayar masa lalu yang hanya untuk kenangan, semacam pesta pernikahan. Apabila membutuhkan kartu kredit, harap dibatasi ya supaya tidak bingung bayarnya.


    Tabungan sistem auto debet
    Jangan hanya auto debet untuk cicilan dong, kalau kamu masih susah untuk menabung, coba deh sebelum membelanjakan gaji lebih baik ditabung terlebih dahulu supaya tenang saat belanja bulanan.


    Hindari belanja online
    Musuh terberat Ibu-Bapak kekinian adalah belanja online karena kesibukan dan kemacetan kota yang makin menggila membuat kita merasa dimudahkan dalam hasrat belanja. Pastikan belanja sesuai kebutuhan dan kemampuan, manfaatkan free ongkir, cashback dan special deals. Jika sudah kecanduan, sebaiknya segera unfollow akun online shop yang membuat konsumtif atau hapus aplikasinya.

    Demikian sharing keuangan kali ini, jangan ragu menyebarkannya ke sosial media kamu supaya semakin banyak orang yang terbantu keluar dari gaya hidup boros dan jadi rajin menabung! Salam.


    Tips keuangan yang perlu kamu ketahui:

    5 comments:

    1. Bersyukur bgt suamiku ga ngrokokm aduh ga kebayang punya suami perokok, abis uang banyak, bau asap rokok dimana2, ntrs sakit2an pula. Aku juga skrg kalau abis gajian langsung bagi uang sesuai posnya masing2, jd selalu ada budget buat pengeluaran bulanan tanpa mengganggu tabungan.

      ReplyDelete
    2. Pakaianmah murah2 aja ya sis.. banyak flash sale merajalela skarang.. tapi balik lagi gimna gaya hidup ya kak sandra.. thanks for sharing ya

      ReplyDelete
    3. setujuu ama tipsnya. aku cuma nambahin, kalo tipe yg boros dan susah nabung kyk aku, ada bgsnya pilih sistem investasi yg didebit tiap bulan. kalo dikantorku ada fasilitas pembelian reksadana yg akan dipotong tiap bulan dr gajiku. jd mau ga mau, dipaksa utk nabung. kalo g begitu, aju ga bakal ada tabungan mba. lah keseringan trveling hahahaha.. tp untungnya kebantu ama income suami sih.

      skr ini aku udh ga pake CC . CC ttp ada, tp hanya utk pembelian tiket pesawat, ato auto debit pln dan internet. itupun aku lgs byr lunas pas jatuh tempo. ga pgn terlibat hutang, ato cicilan rumah dll. lbh bgs investasi dlm hal yg kita mampu tanpa harus berhutang :)

      ReplyDelete
    4. Terima kasih sharingnya, Mbak. Hidup boros itu merugikan banget. Karena terbiasa boros, kadang sampai nggak bisa bedain mana butuh sama sekadar ingin, dan kapan mampu atau tidak. Banyak banget kejadian nyata di depan mata. Bersyukur saya dan suami tipe orang yang selalu melihat kemampuan dan kebutuhan..

      ReplyDelete
    5. Nambah ilmu buat yang masih single kayak saya nih😁, bisa di praktekin ntar pas udah nikah. He..he...

      ReplyDelete

    COPYRIGHT © 2017 SANDRAARTSENSE | THEME BY RUMAH ES