• 12.2.19

    Mie Glosor Edas (Enak dan Pedas)


    Hola pecinta makanan, sudah lama nih ngga nulis resep. Tetiba saya kangen jajanan yang disebut Mie Glosor (orang Sunda bacanya Golosor). Dahulu, saya pernah bekerja di Buah Batu dan kali pertama tahu yang disebut Mie Glosor itu karena jajan depan Griya Buah Batu. Tahun 2013 harganya masih Rp 6000 cuma pakai Telor dan Kol, nggak tau nih sekarang kan serba mahal, ya. Kebetulan di Tukang sayur ada Mie Glosor, saya langsung beli saja deh. Harga Mie Glosor perbungkusnya Rp 2.000 saja, mungkin di Pasar akan lebih murah. 

    Jadi, apa sih Mie Glosor itu? Jadi Mie ini katanya berasal dari Bogor. Mie nya tuh berwarna kuning transparan, dibilang mateng tapi masih mentah, dibilang mentah tapi nggak kering. Teksturnya sangat kenyal sehingga membuat cita rasa unik, berbeda dengan Mie kering atau Mie telor biasanya. Oke deh, sekarang saya sharing resep Mie Glosor Edas alias enak dan pedas, semoga suka! 

    Bahan:
    1 bungkus Mie Glosor
    1 butir telur
    Kol iris secukupnya
    Tauge (opsional) 
    2 buah baso / sosis (opsional) 
    2 siung bawang merah
    1 siung bawang putih
    Bawang bombay iris secukupnya (opsional) 
    Cabe sesuai selera
    Kencur secukupnya (opsional) 
    Bawang Daun secukupnya 
    Bawang goreng 
    2sdm Minyak goreng
    20ml matang udara
    Garam, gula dan penyedap secukupnya

    Cara membuat:
    Tumis ulekan kasar bawang merah, putih, kencur dan cabe sampai harum, masukan bombay, baso / sosis dan telur, aduk rata, masukan kol, kemudian mie glosor beserta bumbu. Tambahkan air, tunggu mie matang, koreksi rasa, angkat dan taburi irisan cabe, bawang daun dan bawang goreng. 

    Mie Glosor kuah edas ini bisa untuk untuk dua porsi, siap untuk disajikan di musim penghujan. Jika kamu suka seblak bisa menambahkan kencur, jika tidak ngga apa-apa. Selamat mencoba! 

    11 comments:

    1. Sayangnya dikotaku kok ngga pernah lihat ada pedagang jual kemasan mie glosor ..., mungkin kalau diganti dengan jenis mie lain hampir mirip rasa ya, kak.

      Terimakasih resepnya ya, kebetulan saat ini masih musim penghujan ..., pas dingin-dingin nyantap mie kuah.

      ReplyDelete
    2. Sempet nyobain sekali.. biasanya suka dicampur sama seblak gtu ya kak sandra.. dan rasanya endolitaaa

      ReplyDelete
    3. Dari tampilannya kelihatan enak sekali Mie Glosor nya Teh, apalagi sedang hujan nih, jadi bikin ngiler, tapi sayang ditempatku nggak ada yg jual hiks.

      ReplyDelete
    4. aih ini aku belum pernah mii.. enak. Aku penyuka mie. Klo di sini ada nggak ya mie glossor, belum pernah denger sih. Kayaknya seger banget abis makan inii ya

      ReplyDelete
    5. Mie nya kayak mie di soto gitu yaa

      ReplyDelete
    6. Aku bari tahu mie golosor ini mami. Jadi penasaran soalnya aky tu penyuka mie hahaha. Oh ya ngomong-ngonong klo di griya buah batu emang banyak jajanan ya. Soalnya aku pernah jajan di sana hihihi

      ReplyDelete
    7. duuuh mbaaaa, lgs pgn bikin. apalagi msh srg hujan di jakarta ini :D. aku udh ngebayangin mirip seblak sih krn ada kencurnya. kalo seblak aku doyan, jd kalo bikin mie ini, aku masukin kencur jg sih . tp mie nya kalo ga nemu, pake mie biasa aja kali yaa

      ReplyDelete
    8. Mie glosor,,,kesukaan aku bangeettt..
      mmmm yummy,kalo di daerahku di cianjur itu mh terkenal bngt,rasa mie ny unik bangett.aku suka aku suka,,😋😋😋

      ReplyDelete
    9. Wah Baru nemu istilah kuliner ini. Bandung emang surganya kuliner ya ? Hahha apa aja ada gitu. Duh kalo ngomongi mie, saya suka ngiler euy. Karena buat saya Mie hanya ada 2 tipe. Enak dan enak sekali 😁😁😁

      ReplyDelete
    10. Uh, mantep... Saya kok belum pernah nemu di bandung, besok tanya2 deh kalau ke pasar... Dulu pernah dibawain sm adik ipar dr bogor, mi glosornya pake bumbu pecel gitu

      ReplyDelete

    COPYRIGHT © 2017 SANDRAARTSENSE | THEME BY RUMAH ES