• 17.1.19

    Inilah Cara Bertahan Hidup di Tanggal Tua


    Dear good people, saya masih sering mendengar keluhan atau cuitan orang-orang yang merana di tanggal tua. Suami sih ketawa-ketawa aja meskipun sudah tanggal tua. Bukan menertawakan mereka yang dompetnya menipis di tanggal tua, tapi menertawakan Istrinya hehe, karena saya juga pernah merasakannya betapa jauhnya tanggal gajian, tapi itu dulu, sebelum berkeluarga. Jadi, sekarang kalau inget, saya ketawa juga haha.

    Ternyata tips paling jitu agar selalu ceria di tanggal berapapun adalah menahan diri tidak berfoya-foya di tanggal muda. Menunggu waktu belanja dan traveling di tanggal tua, karena tanggal muda bagi kita itu waktunya beberes rumah, kami malas berdesak-desakan di tempat belanja dan wisata. Jadi buat kalian yang ingin survive sampai tanggal gajian, simak tips berikut ini ya, siapa tahu membantu.

    Sisihkan uang di awal dan akhir bulan
    Kalau sudah gajian, siapkan tabungan dan dana darurat supaya nggak deg-degan setiap tanggal tua.

    Berhemat untuk pulsa dan kuota internet
    Hidup di zaman modern menuntut kita serba cepat dan memanfaatkan perangkat teknologi untuk kemudahan bekerja dan berkarya. Berhematlah dan gunakan wifi kantor jika ada.

    Hindari hutang Bank
    Berhutang tidak akan menghilangkan masalah, justru akan menambah masalah baru jika tak mampu bayar. Sebaiknya cari penghasilan tambahan yang terjamin halal.

    Membawa bekal dari rumah dan botol air minum kemanapun
    Berdasarkan pengalaman kami, memasak itu jauh lebih hemat dan sehat. Setiap hari saya selalu masak untuk Suami tercinta, kalaupun misalkan pagi-pagi riweuh, kami membeli Nasi Kuning atau Kupat Tahu untuk sarapan. Tapi makan siang dan malam tetap masak, jadi nggak pagi siang malam jajan diluar. Saat jalan-jalan akhir pekan pun kami selalu membawa botol air minum supaya nggak usah beli, soalnya lumayan juga kan godaan minum aneh-aneh di luar rumah.

    Memanfaatkan transportasi umum 
    Jika ingin bepergian, coba bandingkan harga terlebih dahulu. Saat ini kereta api dan bus kota, armada dan pelayanannya sudah bagus, kita juga tidak perlu boros mengisi bensin atau capek menyetir.

    Mengajak Anak Bermain ke Museum atau Taman Kota
    Hidup di kota besar bisa menjadi tekanan tersendiri jika terus menerus terpesona pada kehidupan orang lain. Lebih baik tidak usah memaksakan kehendak hanya untuk eksistensi diri di dunia maya. Sekarang banyak sekali pembangunan ruang publik yang dapat dimanfaatkan sebagai tempat refreshing keluarga. Misalnya Taman Kota rindang yang gratis atau Museum yang harga tiketnya sangat terjangkau. Selain hemat, kedua tempat tersebut bisa menjadi sarana belajar sambil bermain bersama anak.

    Tahan diri untuk tidak jajan
    Menjamurnya tempat wisata dan kuliner di kota maupun desa membuat kita harus ekstra hati-hati merawat isi dompet. Karena jika kekbablasan, baru pertengahan bulan udah ngos-ngosan. Jika ingin berbelanja, buatlah daftar belanjaan dan batasi pengeluaran. Terakhir, silakan unfollow akun olshop yang mengganggu keteguhan hatimu. 

    Terima kasih telah berkenan membaca, sampai jumpa di trik selanjutnya!

    Read more:

    4 comments:

    1. satu lagi kak, menahan diri dari godaan diskon :'D

      ReplyDelete
      Replies
      1. Duh saletonirojim ya, tutup mata hahah

        Delete
    2. wkwkwkwkwk tips trakhir, unfollow akun olshop itu beneeeer sekali ;p.. akupun ngapusin bbrp akun olshop yg bisa bikin bablas belanja. aku sempet juga ngalamin begitu mba, zaman masih baru nikah.. Malah sampe ambil langkah ekstreme, aku potong semua CC.. bukan di matiin, krn beberapa pembayaran PLN dan TELKOM aku setting supaya masuk ke tagihan CC.. tp aku potong CC nya supaya ga bisa dipakai belanja di luar... jd cuma bisa utk tagihan pln dan telkom aja.. ampuh sih buatku.. jd kalo belanja, ya harus tunai ato pake debit :D . lbh terkontrol

      ReplyDelete
    3. hihii ini nih yang paling penting.. Tahan diri untuk tidak jajan ckckckc.. kadang liat go food keserigan malah bikin laper dan pengen jajan.. uh harus bisa menahaan nihhhh apalagi belum gajian huhuhu

      ReplyDelete

    COPYRIGHT © 2017 SANDRAARTSENSE | THEME BY RUMAH ES