• 12.2.18

    Mengobati Gatal-gatal Setelah Melahirkan

     

    Dear readers, saya mewarisi kulit kering sehingga setiap musim hujan atau kemarau ada musim gatal-gatal di kaki saya, kaki kanan dan kiri gatal silih berganti. Puncaknya setelah melahirkan gatalnya gatal banget! Kalau tidur malam suka tidak sadar digaruk hingga berdarah huhu.  Saya pikir mungkin karena saya stress tapi ini orang serumah gatal-gatal semua! Penyebabnya bermacam-macam, ada yang alergi dingin dan adapula yang alergi sabun cuci.


    Kalau alergi dingin sih, saya juga suka gatal-gatal tapi kalau alergi sabun Alhamdulillah tidak, kebayang dong kalau tangan saya manja, nanti siapa yang nyuci? Hehe. Sedihnya lagi saat Suami ternyata alergi sabun sampai kaki nya kering dan terluka meskipun telah mengganti sabun cuci. Akhirnya tugas mencuci baju kami yang asalnya dilakukan Suami, dikerjakan oleh saya, syukur Alhamdulillah saya nya juga sehat terus.

    Melihat kondisi Suami yang kesakitan dan mengganggu aktifitas di kantor, kami mencoba Beauty Water & Strong Acid by Kangen Water dari sahabat Smk saya, Fitri (kalau ada temen jualan, beli aja). Soalnya Fitri bilang dulu ada yang pernah luka bernanah, langsung sembuh dengan menyemprot Strong Acid. Oke kami coba karena berbagai merek lotion dan repairing jelly hasilnya belum memuaskan.

    Untuk beauty water, digunakan setelah mencuci muka, berfungsi menyeimbangkan ph kulit dan membuat wajah cerah, saya belum terlalu ngeh sih apakah wajah jadi glowing atau tidak. Sedangkan strong acid nya sebagai anti bakteri, kaki Suami malah semakin kering kerontang. Yasudah, karena penderitaan ini sudah 8 bulan kami memutuskan untuk pergi ke Dokter.
    Karena punya BPJS, terpaksa kami gunakan, maunya sih sehat selalu, jangan sampai kepake karena sakit-sakitan soalnya sakit itu enggak enak hehe. Seperti biasa kami ke Faskes I, sore itu baru hujan sehingga pas sampai klinik sudah banyak banget orang yang mau berobat pakai BPJS. Setelah mendapat nomor antrian, kami beli Serabi oncom dan Batagor untuk mengisi perut. Belum juga terpanggil, kami sholat dulu di Masjid sebelah klinik.

    Saat kembali, nomor antrian kami terlewat 1, kami disuruh menunggu terlebih dahulu oleh admin nya kemudian ada Ibu-ibu yang sepertinya kurang piknik dengan menertawakan kami karena datang terlambat, saya jawab "iya tadi kami sholat dulu" , langsung diem deh malu sama hijab kekinian tapi belum sholat Magrib. Total kami harus menunggu 3 jam sejak dapat nomor antrian sampai akhirnya dipersilakan masuk ke ruangan Dokter.

    Saya sudah feeling enggak enak soalnya Dokternya pasti jutek yang pernah bawelin waktu saya hamil muda untuk periksa ke Bidan saja kalau hamilnya tidak ada keluhan. Ternyata benar Dokter Mars lagi nih, sambil nulis beliau menegur keterlambatan kami, saya jawab lagi 'iya kami sholat dulu", dokternya malu tapi masih ngedumel sambil kikuk. Kami maklum karena agamanya berbeda. Saya menceritakan tentang gatal-gatal ini kemudian diperiksa, beliau bilang kalau setelah melahirkan kulit memang jadi kering dan saya harus minum obat yang aman untuk Busui serta salep yang harus dioles tipis. Kemudian dokter menyarankan agar saya pilih sabun mandi yang mengandung  susu supaya kulit lembut.

    Kemudian giliran suami, dokter seolah tidak mau terima alasan bahwa suami alergi sabun karena dulu sempat mencuci setiap pagi bahkan setelah memakai sarung tangan dan sepatu boots pun, kaki nya masih gatal kemerahan. Eh dokter malah bilang Suami stress, saya spontan ketawa dan bilang "stress apa ya perasaan enggak punya hutang" , Bu dokter tersenyum kecut enggak mau kalah dan bilang "Ibu perhatiin deh Bapak mungkin stress kerjaan, apalagi mendekati tanggal-tanggal segini", maksudnya tanggal tua em. Suami terkekeh dan bilang kalau kami enggak punya cicilan yeay. Kok ini periksa kayak debat ya wkwk.
    Setelah duduk, dokter meresepkan obat dan salep yang lebih banyak untuk suami dan menyuruhnya datang kembali setelah obat habis, dok mau balas dendam sama orang yang hidup tenang enggak pakai hutang ya? Hihi. Harusnya saya yang dibilang stress karena capek juga ngurus anak, suami dan rumah tanpa pembantu, heran deh ama dokter yang satu ini tapi kami berterima kasih karena resepnya mujarab, akhirnya kami sembuh Alhamdulillah, sekarang kami enggak garuk-garuk lebay lagi.

    Oh ya, biaya dokter dan obat gratis ya karena kami pakai BPJS. Bagaimana teman-teman, ada yang punya pengalaman gatal/ketemu dokter unik/berobat dengan BPJS? Silakan sharing ya, semoga kita semua sehat selalu agar bisa berkarya lebih baik lagi, aamiin.
    Baca juga:

    6 comments:

    1. pernah kak Sandra ngalamin gatal di bagian kaki mungkin karena kurang bersih ketika mandi, akhirnya sekarang timbul deh bekas gatalnya yang ga ilang2 kak Sandra. Rencana kalau kenapa2 lagi mau coba pake bpjs juga biar dikasi salep ya ka Sandra. Thanks reviewnya kak Sandra

      ReplyDelete
    2. Terimakasih tips dan share pengalaman nya,
      Jadi tambah tahu walau belum ngalamin ginian, hehe

      ReplyDelete
    3. Eta dokter meni rumpi ceu hahaha kzl deh đŸ˜‚

      ReplyDelete
    4. iw ibu2 yg ketawain sama dokternya kok bikin gemez yah đŸ˜‚ syukurnya sembuh y mba san coba dah ciriwis begitu taunya resepnya ga ngefek aku mah balik deui mencak2 wkwkwk

      semoga sehat2 y mba n keluarga aamiin

      ReplyDelete
    5. aku juga punya alergi dingin, tapi jaraaaaang kambuh karena sekarang malah tinggal dikota Bandung. dlu kl dingin pasti gatel-gatel.

      ReplyDelete
    6. Untungnya aku ga ngalamin pas habis lahiran gatel begini mba. Mungkin memang krn alergi yaaa.. Tp duluuu malah prnh ngalamin gatal2 itu krn kulit terlalu kering. Akhirnya dinasehatin utk slalu pake pelembab utk kulit kering. Dan syukurnya sejak itu ga gatel sih. Makanya aku ga prnh lupa juga pake pelembab tiap kali mandi ato abis cuci tangan.

      ReplyDelete

    COPYRIGHT © 2017 SANDRAARTSENSE | THEME BY RUMAH ES