• 10.4.17

    Solusi Batuk Pilek Saat Hamil


    Hello Bumil cantiks, sebenarnya saya mengalami hamil yang sehat dan menyenangkan, tidak banyak mengeluh dan tidak ada keluhan berarti hingga suatu hari di kehamilan bulan ke 7 menuju bulan ke 8 saya di dera batuk pilek huhu.

    Batuk dan pilek ini berasal dari alergi debu saat renovasi beberapa ruangan, pindahan ruang gambar dan musik (((lagi))). Jadi, selama hampir 3 minggu saya merasa tidak nyaman karena sakit ini cukup mengganggu. Awalnya Suami terkena pilek, Suami sembuh lalu menular ke saya, masalahnya kalau batuk biasanya lebih lama sembuh dari pilek kan? Saat tidak hamil aja batuk itu sangat menyiksa karena bisa mengganggu aktifitas dan orang lain huhu. Selain kami yang tepar, adik ipar dan keponakan saya yang masih batita juga terkena sakit tenggorokan, batuk, pilek bahkan demam.

    Baca juga: Melahirkan sambil tersenyum

    Saya baca Buku Kesehatan Ibu dan Anak yang berwarna pink dari Bidan, kalau batuk lama itu salah satu masalah pada kehamilan, amit-amit ya gak mau lagi yang namanya sakit batuk, karena saya kasian sama Baby di perut, apa yang Baby rasakan ya saat Mami nya batuk tak tertahankan?. Suami sih bilang kalau batuk harus di tahan dan itu rasanya sakit sekali ke ulu hati, perih seperti heart burn. Kemudian Bidan juga bilang tidak usah ditahan, istirahat saja. Demikian pula saat USG 4D, saya bilang sama Dokter Obgyn nya kalau saya kena alergi debu dari renovasi rumah sehingga mengalami batuk kering, Dokter pun tidak memberikan obat batuk karena jika tidak renov kan saya tidak batuk. Bahaya memang jika sembarangan minum obat saat hamil, untungnya Baby sehat, kuat dan berat badannya naik, batuk ini juga tidak membuat Mami lemah dan jantung berdebar-debar, Mami masih bisa mengajar dan beraktifitas seperti biasa.

    Sekarang saya mau sharing solusi mengatasi batuk pilek saat hamil secara alami:
    1. Jangan renovasi dulu deh kalau tidak darurat.
    2. Selalu pakai masker saat naik motor.
    3. Sediakan tisu saat batuk dan bersin.
    4. Banyak minum air putih.
    5. Hindari Es.
    6. Sedia permen pelega tenggorokan, kalau bisa yang free sugar tapi saya ampuhnya pake permen K*nidi*n dan Rela** Izzy daripada Strep*** atau bisa juga permen Jahe.
    7. Bikin minuman Jahe hangat atau Jeruk hangat tanpa gula, dikit deh gulanya atau pakai madu wkwk.
    8. Peras jeruk atau Lemon dengan campuran madu/kecap.
    9. Sebelum tidur, kumur-kumur air hangat yang sudah dicampur garam secukupnya, nah ini ampuh banget, saya jadi enggak sakit menelan/tenggorokan, batuk kering berubah jadi batuk berdahak.
    10. Makan yang banyak, bener loh rasanya tenggorokan dan hidung jadi lebih nyaman rasanya.
    11. Konsumsi suplemen makanan/vitamin C.
    12. Jangan ditahan kalau batuk dan bersin.
    13. Pisahkan alat makan.
    14. Istirahat dan tidur yang cukup.
    15. Jangan kecapean.
    16. Jaga kebersihan.
    17. Pakai Pantyliner atau Pembalut, emang sih gerah tapi kalau batuk biasanya sampai pipis di celana loh hiks.
    18. Periksa kesehatan ke Dokter/Bidan.

    Alhamdulillah sekarang saya sudah sembuh, semoga saya dan Bumil lainnya juga tetap sehat ya aamiin. Ada yang tahu cara mengatasi batuk pilek saat hamil? Share dong di kolom komentar, terima kasih.

    Mungkin Bumil mau baca juga:

    23 comments:

    1. Dulu aku pas hamil cuman tidur aja mba keknya butuh istirahat aja sih mungkin debay tau mamaknya lelah hahhaa

      ReplyDelete
      Replies
      1. Iya Mba bumil emang harus istirahat tidur siang sejam ^^

        Delete
    2. Wah dulu aku jg waktu hamil sempat batuk pilek sebulan lho.. ya abis obat dari dokter juga ga ampuh hehe.. tapi alhamdulillah sehat debaynya..

      ReplyDelete
      Replies
      1. Wah obat tetep ga manjur Mba? Gpp ya yang penting baby sehat^^

        Delete
    3. Iya memang kesiksa kalau batuk pilek pas hamil. Bersyukur ga kena batuk ya, mba. Karena kalau bapil yang tersiksa itu saat batuk. Sampai mengejan kadang batuknya.

      ReplyDelete
      Replies
      1. Iya Mba, gak mau lagi sakit batuk deh^^

        Delete
    4. Dulu waktu aku hamil pas batuk pilek menghindari antibiotik. Memang sih sembuhnya agak lama tapi kan demi baby hehehe.

      ReplyDelete
      Replies
      1. Iya Mba, Obgyn dan Bidan juga enggak berani ngasih obat, emang lama banget sembuhnya^^

        Delete
    5. hehee, iya ya, kalaupun mau renovasi mending pindah dulu ke tempat yang gak berdebu. Aku kalau batuk juga lebih lama sembuh. Sekarang aku lagi batuk pilek,

      ReplyDelete
      Replies
      1. Iya Mba harus cari ruangan yang sirkulasi udaranya bagus, gak boleh kena debu, semoga cepat sembuh ya aamiin^^

        Delete
    6. memang menyiksa ya kalo kena batuk pilek saat hamil, bakalan pipis terus, perlu pakai pembalut supaya gak ngompol. Dulu solusiku sering minum susu jahe juga mbak

      ReplyDelete
      Replies
      1. Iya bener, bakal sering ganti celana dalam kalau gak pakai pembalut huhu

        Delete
    7. Terimakasih tipsnya cantik.. Isnyaaalh sangat bermanfaat untuk newbie seperti saya :)

      ReplyDelete
      Replies
      1. Aamiin, sama-sama ya semoga sehat selalu kak^^

        Delete
    8. Dulu pas hamil Raya, pas juga renovasi rumah.. aseli debunya bikin enek. Akhirnya pindah rumah nyewa apt deket kantor, costly tapi gimana lagi :( Trus paling aku jaga dgn makan buah yg banyak & vitamin C tambahan biar ga gampang kena flu mba :D

      ReplyDelete
      Replies
      1. Huhu iya bener banget Mba, tfs ya^^

        Delete
    9. Lumayan parah juga ya berarti batuknya kalau sampai pipis. Hihi. Untung ya sekarang udah sembuh. Semoga lahirannya nanti lancar ya Bumil...

      ReplyDelete
      Replies
      1. Iya nih Mba, semoga Mba sehat juga ya aamiin, makasih doanya^^

        Delete
    10. aku pernah ngalamin pas hamil batuk, ya ampuuun sakitnya di ulu hati memang yaaaa.. :( akhirnya ke dokter juga sih mba krn ga tahan.. dikasih obatnya yg aman utk hamil.. tp pas udah sembuh, aku pake minyak2 essence oil dari young living yg bgs utk mencegah batuk pilek... yg bagus raven, myrtle, peppermint, ditetesin apke alat difusernya, duuuh bikin udara rumah jd bersih dan mencegah batuk pilek mba.. lbh aman :)

      ReplyDelete
      Replies
      1. Woaa Mba, makasih sharing pengalamannya ya, semoga kita sehat selalu^^

        Delete
    11. Aku juga pernah batuk dan flu waktu hamil. Dan sama sekali gak berani minum obat apapun :D. Jadinya banyakin minum air putih, buah dan gak lupa minum sari kurma :D

      ReplyDelete
    12. Nggak enak banget mbak ya kalau batuk-flu pas hamil :" harus pandai" jaga kondisi tubuh dan minum vitamin jugaa. Kalau aku flu gtu banyakin minum air mbak :D hehehe

      ReplyDelete
    13. Kalo saya minum air kunyit plus gula aren mba, ampuh ngilangin batuk :)

      ReplyDelete

    COPYRIGHT © 2017 SANDRAARTSENSE | THEME BY RUMAH ES