• 4.2.16

    Resep Rendang Kacang

    Hallo Super Mom!!
     




    Mau tau caranya biar bisa makan enak tapi tetep kaya? BELAJAR MASAK.

    Sebenernya udah lama banget pengen nulis Resep Rendang Kacang, tapi karena Super Mommy yang satu ini lagi riweuh banget, pengen lukis, pengen nulis blog, pengen nyoba resep ini itu tapi ngajar part time, heboh ikutan kuis yang berhadiah seru, beberes rumah, setrikaan, nyuci seolah gak ada abisnya dan akhirnya semalem bisa juga visit Dentist buat nyabut akar gigi susu aww next tinggal scaling dan vaksin!

    Kalian udah pada tahu kan kalo Rendang khas Padang ini di nobatkan sebagai makanan paling lezat sedunia oleh CNN. Aku pertamakali makan rendang pas kelas 3 SD. Pertamakali nyoba emang suka banget, Rendang yang selama ini kita tahu kan Rendang Daging Sapi yang biasa kita bikin pas lebaran. Beberapa waktu lalu juga sempet ada tuh iklan Rendang Ayam supaya lebih hemat. Tapi kali ini aku akan berbagi resep cara membuat Rendang Kacang yang mudah. Aku sering masak Rendang Kacang karena Mama menanam kacang merah organic di kebun. Seneng deh kemarin Mama dan Bapa menjenguk membawa hasil panen di kebun, kalo masalah harga gak beda jauh kok sama daging ayam, tapi kalo lagi murah yah murah banget. Kenapa sih harus Rendang Kacang?

    Pertama
    Walaupun aku dan suami kompak, ada perbedaan selera makan sayur, aku suka sayur bening dan suami suka sayur berwarna. Uhm kata suami tuh kalo sayur bening kayak sayur sop dan Bayam itu kayak makanan orang sakit. Dan tau gak kalo suami tuh doyan banget sama sayur yang aku kurang suka yaitu sayur kacang haha.. so, aku nemu ide cari di internet gimana caranya kacang merah diolah biar tetep enak.

    Kedua
    Manfaat kacang merah diantaranya: Kaya akan antioksidan, sumber protein nabati, meningkatkan energy tubuh, menyehatkan pencernaan, mengontrol kadar gula darah, mengoptimalkan memori otak, membentuk otot tubuh, memenuhi kebutuhan gizi seha dan mencegah kanker. Wah banyak banget ya manfaat yang kita dapat. Yuk mari kita mulai membuat Rendang Kacang sekarang!


    Bahan:
    1.       1/2 kg Kacang merah
    2.       Bumbu instant Rendang, aku paling suka Indofood karena mendekati rasa rendang di rumah Makan Padang, sebelumnya aku juga pernah coba merek Sajiku yang murmer, merek Bamboo, Mama Suka dll
    3.       Santan, aku suka pake Sntan kara yang ukuran kecil atau santan kara bubuk ukuran kecil.
    4.       Kornet sapi
    5.       Kentang padang yang ukurannya kecil-kecil itu loh
    6.       Buncis/ kacang panjang (dari kebun mamak juga loh)
    7.       Kol
    8.       Salam dan saun serai/sereh
    9.       Daun jeruk (dari kebun sendiri)
    10.   Garam, gula pasir, air dan minyak secukupnya
    11.   Bawang merah, bawang putih, cabe merah di ulek

    Cara membuat:
    1.       Cuci bersih kacang dan sayuran, tiriskan
    2.       Rebus kacang sampai agak empuk, tiriskan
    3.       Masukkan 3 sendok minyak goring
    4.       Tumis ulekan bawang dan cabai
    5.       Masukkan bumbu rendang Indofood
    6.       Masukkan segelas air matang
    7.       Masukkan kacang merah
    8.       Masukkan santan
    9.       Aduk dengan api sedang sampai air mengental
    10.   Masukkan sayuran
    11.   Masak semua bahan
    12.   Tambahkan gula dan garam sesuai selera
    13.   Tiriskan


    Rendang Kacang siap dinikmati dengan nasi merah atau nasi putih hangat, beli lalap sambel di rumah makan padang, jadi deh berasa makan di restoran Padang! Selamat mencoba semoga bermanfaat yah!

    No comments:

    Post a Comment

    COPYRIGHT © 2017 SANDRAARTSENSE | THEME BY RUMAH ES