• 15.1.16

    Wisata unik dan mendidik : Wisata Seni ke Bale Seni Barli


    dok. pribadi
    Melakukan perjalanan wisata merupakan salah satu kebutuhan kaum urban saat ini, mengisi akhir pekan dengan aktifitas seru memang bisa membuat pikiran fresh setelah 5 hari  bekerja. Saat ini semakin banyak tempat wisata baru yang sedang hits dan menjadi tujuan masyarakat untuk berfoto selfie dari anak muda sampai orang tua, hampir semua yang berkunjung  ke suatu tempat wisata ingin mengabadikan momen kebersamaan yang mungkin langka untuk di dapatkan.

    Baca juga: badan langsing rekening gendut

    Aku lahir dan besar di Bandung, setelah menikah aku pindah ke Kabupaten Bandung Barat. Mendengar kata Kabupaten, dulu aku berpikir akan jauh dari dunia hiburan seperti tempat wisata. Ternyata setelah aku tinggal di Kabupaten Bandung Barat, aku mengetahui jika tempat wisata terkenal di Kota Bandung sebenarnya terletak di kawasan Kabupaten Bandung Barat. Jika kota Bandung menawarkan wisata kuliner, wisata sejarah dan taman-taman yang cantik. Kabupaten Bandung Barat justru menyuguhkan tempat wisata alamnya. Misalnya  Situ Ciburuy, Curug Malela, Curug Pelangi, Gua Pawon, Ciwangun Indah Camp, Terminal Wisata Grafika Cikole, Rumah Natural Hill, Cikole Resort, Perbukitan Karst atau Stone Garden dan masih banyak lagi.

    Selain Wisata alam, Kabupaten Bandung Barat juga memiliki wisata edukasi seperti Observatorium Bosscha, Puspa IPTEK Kota Baru Parahyangan dan Bale Seni Barli. Bagi teman-teman traveler yang antimainstream, yaitu tidak hanya selfie di tempat wisata tapi juga membawa pulang sebuah karya nyata, aku rekomendasikan kalian harus mengunjungi Bale seni Barli. Wah apa itu Bale Seni Barli? Bale seni Barli merupakan suatu wadah pembinaan seni non formal yang diprakarsai oleh Barli Sasmitawinata (1921-2007). Apakah kalian mengenal Bapak Barli? (What kalian belum tahu? Kalian bisa baca selengkapnya disini ) Beliau adalah seorang Maestro lukis Indonesia.

    Alm. Barli Sasmitawinata memiliki pemikiran dan gagasan bahwa seni lukis mampu meningkatkan keseimbangan pikiran melalui ilmu pengetahuan yang dijiwai oleh kemuliaan hati. Bale seni Barli berdiri sejak 21 April 2002 yang ditandai dengan pemecahan rekor MURI dalam memprakarsai kegiatan melukis di atas kanvas sepanjang 100 meter tanpa terputus oleh 100 wanita pelukis Indonesia dalam tempo 100 menit.

    Bale seni Barli memiliki misi dalam memberikan pembinaan karakter individual yang kreatif melalui aktivitas seni dengan tujuan untuk membantu menyeimbangkan kemampuan otak kiri dan otak kanan sehingga kelak diharapkan mampu menjadi insane yang berguna bagi nusa dan bangsa.

    Tempat wisata seni ini menyelenggarakan berbagai program pembinaan seni seperti: Studio Lukis dan patung, Sanggar seni rupa anak dan remaja, serta pelatihan seni bagi guru-guru. Bale seni Barli juga menawarkan sebuah kegiatan kunjungan dengan berbagai kegiatan seni seperti apresiasi seni (Galeri lukisan dan patung), berbagai Workshop Seni yang menarik dan Angklung Interaktif.

    Kegiatan workshop yang dapat dinikmati pengunjung antara lain: batik ikat celup, melukis gerabah, melukis celengan, melukis kaos, melukis payung Tasik, Melukis kendi, kreasi tanah liat, melukis kaca, melukis kanvas, melukis tas, melukis mainan kayu, melukis sepatu, melukis tambur, workshop animasi dan angklung interaktif.


    Pintu masuk Bale Seni Barli






    Sanggar Seni Rupa Anak


    Sanggar Seni Rupa Remaja


    Studio lukis dewasa


    Belajar musik


    Angklung Interaktif


    Turis asing aja suka Angkung masa kamu enggak?


    Workshop Batik




    menunggu hasil karya Batik ikat celup


    Melukis gerabah


    Studio Animasi Bangbara





    Workshop animasi
    Bale Seni Barli terletak di Jl. Parahyangan km 1,2 Kota Baru Parahyangan Padalarang Kabupaten Bandung Barat 40553, untuk reservasi kalian bisa menghubungi (022) 680 3007, lewat email: barli.art.center@gmail.com serta balesenibarli.blogspot.com. 

    Jika kalian ingin berkunjung ke Bale Seni Barli, dari kota Bandung kalian bisa naik Damri jurusan Alun-alun Bandung menuju Kota Baru, kalian akan sampai di depan Bale Seni Barli.  Mudah bukan? Kapan lagi liburan mendidik yang menghasilkan karya seni?

    MAU LES MUSIK? BACA INI


    12 comments:

    1. wah baru tahu nih patut dicoba

      ReplyDelete
    2. Halo Bu Tira, silakan berkunjung bu. Jika membawa lebih dari 50 orang free angklung interaktif loh :)

      ReplyDelete
    3. Ini kabupaten dimana aku tinggal tapi aku ngerasa nggak pernah explore apapun, duh miris haha, mungkin ntar dicoba kalau lagi libur semesteran ya Mbak :D

      Oiya, aku lagi ngadain giveaway lho Mbak, kalau mau boleh mampir ke bit.ly/ga-diywithacipa ^^

      ReplyDelete
      Replies
      1. Aduhhh neng kemana aja? Sini mampir heheu

        Delete
    4. Ini beda sama museum barli?

      ReplyDelete
      Replies
      1. Beda, kalo Museum dekat Karang Setra

        Delete
    5. Kepengen banget ke Bosscha, gara2 dulu nonton Petualangan Sherina terus syutingnya di sana.

      ReplyDelete
    6. wah keren dan seru... tapi akau jauh.. makasih udah share..

      ReplyDelete
    7. kalau bale seni barly deket dengan puspa iptek engak ya?atau beda lokasi?

      ReplyDelete
      Replies
      1. Deket kak, dari puspa iptek lurus saja di sebelah kanan setelah bunderan

        Delete
    8. Kalau datangnya membawa anak2 sekolah ada sistem paketnya ga?

      ReplyDelete
      Replies
      1. Tinggal telepon aja mas, nanti ada paketnya dan booking kedatangan nya, selamat berkunjungđŸ¤—

        Delete

    COPYRIGHT © 2017 SANDRAARTSENSE | THEME BY RUMAH ES