• 17.1.18

    [Review] Film Loving Vincent (2017): Misterius, Unik dan Artistik!


    Dear artmate,  malam minggu kemarin saya dan papi nonton film Loving Vincent yang dapat rating 7,9 imdb ini wajib banget ditonton pecinta seni.  Siapa sih yang enggak kenal sama Vincent Van Gogh? Pelukis impresionism yang terkenal banget dengan lukisan Starry Night nya itu lho. Film tentang Van Gogh sebelumnya sudah ada beberapa versi tapi yang unik dari film Loving Vincent 2017 adalah film ini merupakan film pertama dengan lukisan cat minyak asli dari 125 Pelukis yang datang dari segala penjuru dunia untuk melukis ala Van Gogh. Selama 6 tahun mereka melukis 65.000 kanvas adegan film yang dimainkan oleh aktris dan aktor film tersebut.


    Sinopsis:
    Satu tahun setelah kematian Vincent Van Gogh, Postman Roulin meminta anaknya Armand untuk secara pribadi menyerahkan surat terakhir Van Gogh kepada saudaranya, Theo. Armand kemudian bertemu dengan orang-orang yang pernah singgah dalam hidup Van Gogh.  Armand terus menyelidiki kematian Van Gogh dan penuh curiga mengapa Van Gogh memilih untuk kembali ke penginapan setelah menembak dirinya sendiri di perut, daripada menembak dirinya sendiri lagi di kepala. Jadi sebenarnya Van Gogh itu bunuh diri atau ada konspirasi tertentu? Biar penasaran,  tonton saja ya!




    Review:
    Saya begitu menikmati setiap lukisan dalam film ini karena keren banget bisa menggabungkan adegan akting dengan lukisan manual. Selama film berlangsung, saya dibuat penasaran dengan misteri kematian sang Maestro. Ternyata mbak Marguerite tetap tidak menikah kemudian di rumah ayahnya beliau menyimpan lukisan Van Gogh selama lebih dari 40 tahun.  Tercatat bahwa Van Gogh melukis lebih dari 800 lukisan hanya dalam waktu 8 tahun, yang hanya laku 1 lukisan namun Van Gogh diberi nama oleh sejarawan seni sebagai bapak lukisan modern,  mantap kan? Melukisnya sebentar tapi bisa menghidupi dan menginspirasi dunia. 


    Dulu mana mau orang beli lukisan aneh punya Van  Gogh, tahu nya sekarang lukisannya jadi mahal banget. Begitulah bakat,  enggak les,  enggak diajarin,  beliau mulai melukis di umur 28 tahun dan meninggal saat 37 tahun, menghasilkan 800 lukisan dan 400 surat kenangan. Pesan moral dari film ini adalah jangan takut berkarya dan bermimpi. Van Gogh enggak kenal cuaca, beliau terus melukis dan melukis meskipun orang menyebut dia gila, karena beliau memang sedang berobat dan dibiayai saudaranya.

    Saya dulu sedih karena tidak les gambar dan tidak latihan sehingga belajar menggambar saat lulus kuliah malah jadi Guru gambar hehe. Ternyata, Van Gogh malah baru belajar di usia saya sekarang. Tidak ada kata terlambat untuk belajar hal yang kita sukai ya, pantas saja ada nenek yang baru melukis di usia 50 tahun. Keputusan saya tepat, ngurus anak dulu, melukis kemudian karena semua akan indah pada waktunya πŸ’•menyusui baby G hanya 2 tahun tapi berkarya bisa usia berapa saja. Semoga nanti saya bisa berkunjung ke Museum Van Gogh, amiin. Selamat menonton dan jangan menua tanpa karya! 

    Referensi dan foto: Wikipedia 

    41 comments:

    1. Jd semua adegannya pakai lukisan? Keren...

      ReplyDelete
      Replies
      1. Keren jadi film animasi lho

        Delete
    2. wow keren sumpah 800 lukisan itu idenya bisa dapat darimana ya mba?tp cuman laku 1 dan dikasi gelar kereeennn....Van gogh yang ngiris kuping kanannya juga bukan sih mba?aku asa lupa2 ingat baca tentang Van Gogh :D

      ReplyDelete
      Replies
      1. Idenya di sekitar dia mba, life painting.Yup Vincent Van Gogh yang iris kupingnya sendiri terus dikasihin ke PSK setempat huhu

        Delete
    3. Keren sekali, Mbak..lukisannya baguus, ya..

      ReplyDelete
    4. wah keren.

      lalu saat baca pernyataanmu itu, aku meleleh. Menyusui baby G hanya setahun, namun berkarya bisa...

      ReplyDelete
    5. Indah ya lukisannya. Aku suka yang suasana malam itu, dominasi birunya keren. Berasa kelam gitu *sok tahu XD

      ReplyDelete
    6. Nendang banget ini:

      "Tidak ada kata terlambat untuk belajar hal yang kita sukai ya!"

      ReplyDelete
    7. makasih ceriatnay, lukisan sellau membawa cerita tersendiri

      ReplyDelete
    8. Cocok nih referensi filmnya buat yang suka melukis.

      ReplyDelete
    9. wahhh kayaknya bagus nih filmnya.. selain lukisan Van Gogh yang memang selalu menyihir siapapun yang melihatnya. TFS mbak. Cari filmnya ahh

      ReplyDelete
    10. keren banget mami. Jadi pengen download ah di lk21.. makasi mami reviewnya bikin pengen nonton niii..

      ReplyDelete
    11. Amazing, 800 lukisan dalam 8 tahun. Hem, begitulah kalau sudah bakat dan minat

      ReplyDelete
    12. waaaahhh perlu jadi rekomendasi nih buat tontonan ntar malam. thank you mbak infonya :)

      ReplyDelete
    13. Jadi penasaran pengen nonton... pengen liat gabungan akting dengan lukisan manualnya,,,

      ReplyDelete
      Replies
      1. Film animasi keren setelah Coco

        Delete
    14. Kemana saja saya selama ini baru tahu kalau Starry Night itu dilukis oleh kang Vincent, ckckck. Aaa sinopsisnya bikin penasaran. Wah pasti ada banyak bgt pelajaran dari film itu. DAri membaca postingan Mba Sandra aja saya udah dapat inspirasi dan pelajaran. Ah, saya suka karya2 seperti film/tulisan yang berdasarkan kisah nyata.
      Ohya, termakasih sudah mengingatkan, "semua akan indah pada waktunya"

      ReplyDelete
      Replies
      1. 😍 masam salam kenal mba

        Delete
    15. Saya bahkan langung nonton Trailernya loh mba. Iy baru bisa nonton trailernya aja dulu.

      ReplyDelete
    16. Wow 800 lukisan? Keren banget. Aku juga ga bisa gambar nih. Entah siapa gitu yang bilang katanya siapa pun sebenernya bisa menggambar. Tinggal usaha sama niat.Bener ga sih,San?

      ReplyDelete
      Replies
      1. Benar banget teh soalnya Vincent van Gogh juga melukis di usia saya sekarang πŸ˜‚

        Delete
    17. Aih jd pingin nonton. Terimakasih infonya ya😊

      ReplyDelete
    18. Wah saya belum pernah nih nonton film dengan genre seperti ini. Filmnya sepertinya banyak ilmu pengetahuan yang ga umum ya kita dapatkan. Jadi bkin penasaran

      ReplyDelete
    19. aku bukan pecinta film kaya ginian, tapi aku mau coba ah setelah baca review teteh thx infonya teh

      ReplyDelete
    20. Jangan menua tanpa karya.. noted...
      Melukis kemudian, semangat yaaaa

      ReplyDelete
    21. Ini sedang diputar di bioskop ya mba? Udh lama ga nonton. Sbnrnya ga terlalu suka lukisan2 van gough sih, tapi aku seneng nonton ato baca kisah hidup orang2 ternama gini.. Ini agak nyesek ya si van gough, lukisannya baru booming stlh orangnya ga ada -_-

      ReplyDelete
      Replies
      1. Setahu saya di Indo belum ada, semoga nanti tayang deh aamiin

        Delete
    22. film loving vincent sepertinya menarik, banyak kejadian demi kejadian yang tak diduga. untuk seni melukis sebenarnya menyukai, tapi mungkin karena malas jadi aku ga terlalu bisa. jadi iri dengan van gough, meskipun di usia hampir memasuki kepala 3 ia tetap rajin dan tekun untuk terus belajar.

      jadi memotivasi untuk belajar menulis dan semangat membaca kak

      ReplyDelete
    23. Ini filmnya unik ya.
      Masukin list film yang mau ditonton tahun ini.

      ReplyDelete

    COPYRIGHT © 2017 SANDRAARTSENSE | THEME BY RUMAH ES