• 23.12.17

    Menulis atau Melukis?


    Dear passion people, apakah kalian sudah punya resolusi 2018? Semoga semuanya terealisasi ya. Saya lagi galau nih, sejak kecil cita-cita saya adalah menjadi Penulis atau Seniman. Alhamdulillah perlahan tapi pasti impian saya mulai terwujud, salah satunya bertemu atau berkenalan dengan orang-orang menyenangkan yang punya passion yang sama, baik offline maupun online.

    Sebenarnya kegalauan ini sudah saya prediksi, setelah punya anak masihkah bisa meneruskan hobi dan cita-cita? Saya yakin bisa, menikah dan punya anak bukan alasan untuk berhenti berkarya dan berprestasi kan? Justru kita harus terus upgrade kemampuan diri tanpa harus melalaikan kewajiban utama, mengurus Suami dan anak.

    Awalnya hobi menulis dan melukis berjalan beriringan, hingga suatu hari saya harus fokus belajar menggambar dari awal, vakum lah dunia menulis. Kemudian, ketika sedang asyik belajar melukis, ada keinginan berbagi lewat tulisan, akhirnya lahir lah blog gado-gado ini.

    Nah, tahun 2016 saya hamil, masih bisa menjalani kedua hobi utama ini beriringan, sampai awal 2017 saya ganti domain blog. Berbagai sponsored post, content placement, endorsement, promo bantu teman dan job review mulai berdatangan setiap bulan. Ditambah lagi setelah melahirkan, saya merasa lebih mudah menerima job menulis daripada job melukis.

    Ketika ada tawaran membuat ilustrasi pun hasilnya tidak maksimal karena dikerjakan malam hari setelah Gen tidur. Akhirnya saya terpaksa menolak halus job tersebut hiks. Padahal job nya keren, sebuah perjalanan spiritual tidak harus selalu Umroh dan Haji kan? Tapi mnggambarkan isi ayat dalam kitab suci yang menurut saya sangat sakral dan imajinatif.


    Jika job menulis, saya bisa lakukan setiap Gen tertidur setelah bonen (bobo sambil nenen hehe). Kemarin-kemarin buka Instagram, ada nenek-nenek yang usianya hampir 1 abad masih eksis melukis, beliau memulai belajar melukis di usia 50 tahun. Saya pikir, saat ini memang sudah seharusnya saya memilih untuk tidak mengajar dulu, fokus family first, urus Suami dan anak dan maksimalkan peluang rezeki dari menulis karena selain mudah, lebih cepat menguntungkan dibanding melukis hehe. Saya bisa menulis dengan santai sesuai kepribadian kita, rezeki akan mengikuti.

    Anak cepet gede kan? Nanti saya bisa melukis lagi dengan tenang dan nyaman, menjadi Mami sosilita yang punya banyak karya. Terkadang banyak hobi itu seru karena tidak semua orang punya hobi. Terkadang kita harus memilih skala prioritas. Jadi untuk saat ini fokus di hobi menulis deh, kecuali nih siapa tahu di tahun 2018 punya Ipad atau Wacom Cintiq, jadi bisa sambil belajar digital drawing juga hehe, why? Itu tadi, kepraktisan alias mobile. Sekarang kalian lagi fokus hobi apa? Share dong, cukup sekian dan terima endorsement!


    Sudah baca ini belum?

    18 comments:

    1. Aku gak bisa melukis samsek hihihi. Sandra keren deh

      ReplyDelete
    2. Saya sama sekali gak bisa gambar, apalagi melukis hehe kalau melukis wajah saya bisa

      ReplyDelete
      Replies
      1. Wah kalo lukis wajah suka kurang mirip eum heheh

        Delete
    3. Lukisannya keren pisaan... Saya juga punya hobi mencorat-coret tapi gak sebagus ini. Sukses terus ya menjalankan hobi menulis dan melukis

      ReplyDelete
    4. saya punya samsung tab s 3 kalau dimanfaatin bisa buat menggambar juga mbak, tapi karena saya ga terlalu mahir lebih sering digunakan untuk coret2 ide.

      jangankan melukis, menggambar saja itu menyenangkan mbak, setiap garis yang kita tarik dan warna yang kita poleskan kadang mampu membuat kita terhanyut dalam proses pembuatan karya itu. melupakan hal2 lainnya 😊

      ReplyDelete
      Replies
      1. Wah bikin mind mapping ya, duh jadi pengen punya Samsung Galaxy Note nih heheh

        Delete
    5. mamsyeee hamidun, aku seneng dua duanyaaa momsnyeeee... melukis melatih imajinasi,, menulis menambah ilmu.. dua duanya harus barengan mamsyeeee... semangattt yaaa berkarya mamsyeeee hamidahhhhh

      ReplyDelete
      Replies
      1. Ea Mamsyee makasih banyakkk muah!

        Delete
    6. Pelajaran melukis adalah pelajaran kedua setelah matematika yg bikin sy nggak betah di kelas :-D

      ReplyDelete
      Replies
      1. Hahahha entah kenapa kalo nilai Mtk ku jelek

        Delete
    7. Hebat bisa dua-dua.. Buat saya menggambar itu susah :)

      ReplyDelete
      Replies
      1. Mungkin karena suka kali ya :)

        Delete
    8. Aku prnh ngayal2, kalo dikasih bakat yang menonjol, pengennya itu bakat melukis :D. Kalo melihat pelukis sedang menggambar di atas kanvasnya, trutama yg bisa melukis realisme dan naturalisme.. Seolah real. Itu aku kagum ama pelukis2 yang begitu :).

      ReplyDelete
      Replies
      1. Mari belajar bersama Mba fann..

        Delete
    9. Huaaa Teteh hebat bisa melukis 😍

      ReplyDelete

    COPYRIGHT © 2017 SANDRAARTSENSE | THEME BY RUMAH ES