• 25.11.17

    Siapa Bilang Jadi Guru Enggak Bisa Kaya?


    Selamat Hari Guru, Bapak Guru, Ibu Guru, rekan-rekan sejawat dan juga calon Guru, Mahasiswa yang nantinya akan meraih gelar Sarjana Pendidikan. Balada Guru zaman now adalah begitu bangga nya mencerdaskan anak bangsa, ironisnya "penghargaan" tak sepadan dalam honor seorang Guru.

    Untuk menjadi seorang Guru, dibutuhkan kuliah bertahun-tahun bahkan ada yang gelarnya sangat panjang mengabdikan dirinya sebagai Guru. Tentunya biaya kuliah, waktu, tenaga, pikiran tak sebanding dengan honor yang diterima, pantas saja Guru dikenal dengan sebutan Pahlawan Tanpa Tanda Jasa.


    Betul memang, saat bekerja kita harus ikhlas dan profesional, rezeki sudah ada yang mengatur karena Tuhan Maha Kaya, sekarang mungkin jadi Guru yang dibayar beberapa rupiah, mungkin besok dapat rezeki nomplok, aamiin.

    Saat ada rekan Guru yang selfie memegang honornya Rp 150.000/bulan kemudian viral, prihatin rasanya, jika bahagia silakan, jika masih pengen ini itu, realistis saja, segera resign karena Guru Super banyak yang membutuhkan, bukan dimanfaatkan mengabdi bertahun-tahun hanya untuk naik status yang belum jelas kapan akan diangkat. Itu teori lama, pemikiran orang tua zaman old.


    Lalu gimana sih biar Guru juga bisa kaya atau nambah penghasilan? Syarat utama adalah JANGAN JADI GURU BERMENTAL RECEH, JADILAH GURU BERMENTAL SUPER. Jika rekan Guru yang ortunya emang sudah kaya 7 turunan, enggak masalah lah anaknya jadi Guru honorer atau bisa juga kaya mendadak karena menikah dengan anak pengusaha, tapi biasanya sih yang kaya nikah atau cari keluarga kaya juga.

    Yuk mulai berbisnis, cari side job, tekuni hobi, upgrade kemampuan diri supaya jadi Guru yang sejahtera tanpa harus terbebani dengan menunggu kenaikan pangkat. Ingat ya mencari rezeki itu harus halal, Guru muda itu harus sejahtera tanpa meminta-minta. Thank's for reading Teachermate!
    Baca juga:

    3 comments:

    1. Kok sedih ya bacanya ada guru honorer yg incomenya cm 150rb per bulan :( .. OB di kantorku aja udh UMR jakarta gajinya. Salut banget ama orang2 yg masih mau menjadi guru, mendidik anak2 tanpa peduli yg didapat berapa. moga2 orang2 seperti mereka ini digampang kan jalannya utk menambah penghasilan yg lain ya mba.

      ReplyDelete
    2. oh iya aku sempet liat yg viral itu rasanya kok kasian dan emang mba san kecuali dpt suaminya pengusaha atau keluarganya masih mau subsidi meski dia uda berkeluarga lah klo dpt suami pas keluarga jg susah ga realistis jg bertahan dg upah segitu lah kebutuhan pokok aja beras sebulan 10kg uda lebih dari upah dy hehehe IMHO

      ReplyDelete
    3. Adikku pernah ngajar di sekolah buat anak kurang mampu gtu, emang cuma dikasi 150-200 perbulan, tapi itu krn adekku yg pengen, selagi nunggu masa wisudanya.
      Profsi guru itu mulia, banyak pahalanya ya...
      Cuma kepengennya sih kalau bisa lbh dihargai lagi, seperti di Jepang misalnya, guru tu dihargai banget...

      ReplyDelete

    COPYRIGHT © 2017 SANDRAARTSENSE | THEME BY RUMAH ES