Skip to main content

[Review] Pertama Kali Mencoba Clodi Babyland


Hi Moms! Setelah dapet pencerahan dari Mommy-mommy expert dalam postingan terdahulu: Popok kain, disposable diapers atau clodi ya? Akhirnya saya dan Suami memutuskan untuk melakukan mix and match saja buat si baby G.


Karena baby makin aktif, usia 2 bulan lebih udah enggak dipakein popok kain lagi, soalnya kalau popok kain plus celana, cucian makin banyak hehe, jadi kami beli clodi yang harga nya pertengahan, enggak mahal dan enggak murah juga, pas di kantong lah ya. Untuk disposable diapers alias popok sekali pakai (pospak), kami budget-in maksimal Rp 100.000/bulan dan mungkin nanti akan berkurang seiring pertambahan koleksi clodi hihi.

Penggunaan pospak dinilai sangat praktis tapi lama-lama boros juga, jadi pospak untuk malam hari agar baby nyenyak dan keperluan darurat misalnya enggak sempat nyuci, Mami sakit kayak kemarin kena cacar, juga saat bepergian supaya enggak ribet bawa wet bag. Selain itu pengurangan pospak juga upaya kita untuk ramah lingkungan, menjalankan sunnah Rosul juga kan? Hehe.

Berbagai hasil browsing telah kami nikmati, akhirnya kami order Clodi merek Babyland made in China di sebuah olshop, karena harganya pas dan dapat 2 insert microfiber sekaligus. Kami beli 3 clodi Babyland tipe pocket (untuk menyimpan insert) seharga Rp 50.000/pcs dapat 3 cover dan 6 insert.


Keterangan produk:
Clodi Babyland adalah popok kain impor yang dapat dicuci sehingga lebih hemat penggunaannya dibanding popok 1x pakai. Clodi Babyland dapat digunakan oleh bayi usia 3 bulan hingga 2 tahun.

Cloth Diaper Babyland pocket + 2 insert microfiber merupakan popok kain dengan satu ukuran yang dapat di setting ukuran S-M-L menggunakan adjusment snap button yang terdapat di bagian depan clodi. Babyland dapat digunakan oleh bayi dengan berat 3-15kg.

Outer = terbuat dari PUL (Poly Urethane Laminate), bersifat waterproof
Inner = terbuat dari 100% micropolar fleece, mencegah terjadinya ruam popok
Insert = terbuat dari bahan microfiber yang berdaya serap hebat tetapi cepat kering saat dijemur

Katanya merawat clodi itu ribet ya, makanya saya sesuaikan saja lah ya, solusi kan harusnya mempermudah bukan menambah masalah haha. Saat pertama kali barang sampai, saya hanya prewash 1 kali dengan air hangat dan sedikit detergent cair biasa, ternyata insert nya baru kering seharian (kurang lebih 24 jam) meskipun saya jemur di bawah sinar matahari. 

Pagi hari setelah mandi, saya pakein clodi dan baby suka soalnya anget kali ya, sekitar 3-4 jam, inner stay dry tapi agak lembab, nah ini bedanya clodi dengan pospak, clodi mengajarkan anak ada rasa kurang nyaman jika area genital nya lembab/basah tapi tidak ruam popok dan baby G enggak nyaman kalau basah dikit. Lagian kalau pakai clodi, kita enggak bisa pakai diaper rash cream karena inner dan insert nya akan menolak sehingga mengurangi kualitas clodi dalam menyerap cairan. Makanya kalau mau diaper rash cream, lapisi dengan liner diatas inner. Liner clodi warna-warni Rp 5000/pcs, saya beli merek Cluebebe sebanyak 7 pcs, bahannya lembut dan nyaman buat baby. Setelah 4 jam dan tidak yeye, cukup ganti liner dan insert saja, langsung cuci jemur, enggak usah sering pakai detergen/pemutih/pewangi, karena enggak bau pesing juga sih. Karena jumlah clodi baru dikit, malam masih pakai pospak.


Saat clodi terkena yeye, awalnya kaget duh ini kan inner dan insert warna nya putih, bisa ilang enggak ya, ternyata bisa! Justru kalau warna nya enggak putih kita tidak akan tahu apakah cover dan insert nya sudah bersih atau belum. Jadi saya rendam dengan sedikit Vanish, kucek-kucek, bilas hingga tidak ada residu, jemur di bawah sinar matahari tapi ada yang bilang kalau insert micro itu enggak boleh terkena sinar matahari langsung, tapi karena insert itu lama kering ya cuci jemur pakai deh hehe. Lagian saya jemur di rooftop garden, matahari terik sampai jam 1 an, setelahnya teduh.

Baby pernah juga yeye di sore hari, masih ada sisa warna kotoran tapi pas besoknya kena matahari, kotorannya langsung ilang! Karena clodi Babyland tanpa leg gusset jadi kalau yeye, agak sedikit kena lah cover sampingnya, tapi tenang kan ada om matahari. Meskipun sudah pakai liner diatas inner, tetap saja kalau baby yeye, tembus ke insert, tapi kotoran akan lebih mudah dicuci jika mengenai liner nya saja.

Kesimpulan:
Saya suka clodi Babyland karena motifnya banyak, harganya terjangkau, daya serap oke, karena pakai kancing jadi size bisa disesuaikan dan kokoh, tapi baby masih kecil jadi keliatan bulky kali ya hehe sayang insert pocket suka geser dan kalau yeye suka kena cover sedikit karena tidak ada leg gusset dan anehnya yang motif jeans bahan cover nya lebih lembut hehe. Mungkin nanti saya akan coba beli yang model pants dan insert bamboo.

Tunggu review clodi merek lainnya ya, buat Moms yang punya rekomendasi merek clodi yang oke, boleh share di kolom komentar ya terima kasih.

Baca juga yuk!
Clodi Z-Two
Clodi Pokado

Comments

  1. Aku gada bayi lagi. Tapi lihat postingan kayak gini jadi pingin punya baby lagi Mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah jadi pengen nambah ya heheu

      Delete
  2. babyland is the best dech. karena kemaren sempet beli yg merek FREE tidak setahan babyland.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh gt ya, tfs nanti saya coba merek lain juga deh^^

      Delete
  3. wah mksh sharingnya, walau anakku sdh dewasa semua , bt disimpan kalai2 buat cucu, heee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, nanti cucu nya pakai clodi aja^^

      Delete
  4. Wah ternyata popok Clodi ini bisa dicuci ya jadi lebih hemat. Bisa dipakai sama bayi usia 3 bulan hingga 2 tahun. Zaman anak2ku masih bayi belum ada popok.kayak gini. Tks infonya mb Sandra.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya saya juga baru tahu nih Mbak^^

      Delete
  5. Duuuh sayang waktu jamannya anak2ku clodi belum terlalu terdengar, uy.... Mayan bisa irit uang bulanan hihi

    ReplyDelete
  6. Pas nih buat keponakanku mba. Makasih reviewnya ya

    ReplyDelete
  7. Review ini sangat berguna bagi saya yang insya alloh sebentar lagi punya bayi. Ini review yang keren...

    ReplyDelete
  8. waduh saya pelajari dari sekarang ya mbaaa.. biar nanti udah borojol uda tau apa sih clodi xixi soalnya baru dengar ni sisttt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga baruntahu nih siz^^ semoga cepet dapet kabar gembira ok

      Delete
  9. bisa di praktekan nih ke buah hati

    ReplyDelete
  10. Jd pgn belanja clodi lg hihi...

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts

[Review] Vaseline Repairing Jelly Original

[Review] Sampo Natur: Aloe Vera Extract

[Review] Kosmetik Inez

Pengalaman USG di Cimahi

[Review] Herborist Zaitun Shampoo

[Review] Mineral Botanica Face Brightening Night Cream

Wisata unik dan mendidik : Wisata Seni ke Bale Seni Barli

[Review] Citra Spotless White Glow Facial Foam

[Review] Marina Body Scrub, Bright and Fresh

[Review] Sisir Pelurus Rambut