Skip to main content

#CoretanPagi : Siapa Nama Anakmu?


Dear smart parents, memberikan nama terbaik untuk buah hati tercinta ternyata gampang-gampang susah ya! Apalagi di Indonesia banyak "nama titipan" dari kakek dan nenek hehe. Terkadang nama anak muncul berdasarkan intuisi, waktu atau peristiwa yang dekat dengan kehadirannya ke dunia, misalnya anak yang lahir di bulan Februari, identik dengan nama Feby. Lahir di bulan Agustus bisa diberi nama Dirgahayu atau jika anak pertama diberi nama Pratama, kedua Dwi, ketiga Tri dan seterusnya.

Adapun pedoman atau kriteria dalam mencari nama berdasarkan buku Mommies Daily adalah sebagai berikut:
  1. Arti nama karena nama adalah Doa, jangan sampai nama yang kedengarannya indah ternyata memiliki arti kurang baik.
  2. Bagaimana menulisnya dan kedengarannya? Apakah nama anak mudah di tulis petugas Kelurahan supaya tidak salah dalam penulisan di Akte Kelahiran? Bagaimana jika memanggil nama anak yang di gabungkan dengan nama atau marga Orang tua nya, cocok tidak?
  3. Inisial, contohnya Tiara Anggraini Ismail berpotensi di bully atau jangan sampai nama panggilannya jadi bahan olokan saat bercanda di masa depan.
  4. Unik atau pasaran? mencari nama yang unik memang terlihat menonjol dan mudah diingat serta menyenangkan tapi tetap perhatikan arti serta cara mengeja nya. Sedangkan nama yang sudah pasaran biasanya sudah terpercaya memiliki arti yang bagus.
  5. Kebudayaan dan Agama. Kami pun sering mendengar curhatan pendengar radio pada Pak Aam di Percikan Iman pagi radio Oz tentang pemberian nama anak. Menurut Pak Aam, Rosul hanya memerintahkan untuk memberikan nama yang artinya bagus. Latar belakang budaya agama sering dikaitkan dengan nama seseorang, misalnya jika nama yang terdengar banyak huruf vokalnya terutama A serta diulang-ulang, biasanya orang Sunda. Nama yang berakhiran O biasanya orang Jawa, penggunaan nama depan atau Marga mengisyaratkan suku tertentu, pun demikian dengan Agama.

Bagaimana Seniman seperti kami memberi nama anak? Banyak yang bertanya di sosmed, siapa nama anaknya, San? Karena nama saya sudah cukup ke barat-baratan dan ke Arab-Araban (((Masalahnya kalo jalan-jalan orang manggil saya 'Teteh' haha. Wajah Sunda ga singkron sama nama kali ya?! )))), dulu aja nanya ke ortu arti nama Sandra, beliau enggak tahu soalnya pakai nama Sandra dari sandiwara radio, oalah untung Sandra artinya pembela kemanusiaan, kalau nama Suami sudah cukup sanskrit-Nusantara, tapi teteup karena ada sedikit kekurang puasan tersebut, kami punya nama beken atau nama pena sendiri ketika dewasa, semoga anak kami puas dan bahagia ya di beri nama ini karena kami enggak hanya mengandalkan Om Google, tapi baca Buku pintar Wayang dan berkunjung ke pusat kebudayaan, Alhamdulillah respon orang terhadap nama ini bagus, karena baby boy jadi ngasih nama anaknya harus gagah perkasa dong, maknanya tidak berubah sampai dia dewasa kelak, pantas dipanggil "Pak" atau "Mr.".



Jadi, saya dan Suami sepakat ngasih nama anak yang Nusantara banget dan tentunya artinya bagus. Nama depan berasal dari tokoh Wayang Asli Indonesia, anak Bimasena (Wrekudara) yang paling sakti, cerdik, enggak suka basa basi dunia karena minatnya menyebarkan kebenaran.

Nama tengah atau nama panggilannya untuk saat ini Gentra, itu bahasa halusnya Sora atau memanggil (Sunda) kalau dalam bahasa Indonesia artinya Suara, harapannya agar anak ini bisa menyuarakan kebenaran dan kebaikan. Saya mengusulkan nama ini lewat intuisi, Suami pengennya Genta lalu tercetus lah, Gentra, artinya enggak beda jauh kok.

Jadi, Jawa nya dapet, Sunda nya dapet dan penambahan nama keluarga pakai nama Papi nya biar jelas Bapaknya tuh siapa hehe.

Apapun bahasa nya yang penting artinya bagus, mudah ditulis dan diucapkan^^ aamiin. Kalau Mom & Dad gimana cara ngasih nama anak? Share dong... thankies!


Eh, baca ini juga ya!

Comments

  1. hahahahahha aku seuri pas baca yg inisial :)) bener nama itu doa jg harus dipikirin matang2, tapi jgn juga kematangan nanti lieur :D komo panjang2 nanti kl ngebuletin kertas ujian hararese hahahha. Aku dulu kepikiran kalau punya anak cowo pk nama2 pandawa 5, terlihat keren & ganteng... cuman karena anaknya cewe, jadi ga jadi deeeh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Teh sekarang mah ujiannya juga online hehe iya sih kalo panjang teuing bisi susah dihafal hehe btw semoga baby nya cowok ya aamiin

      Delete
  2. iya mba perkara nama emang susah-susah gampang sih. kalo ngikutin trend zaman sekarang biasanya di nama itu huruf 'i' diganti sama 'ee'. ya sejenis itulah, sampe kadang susah di lafalin saking uniknya penulisan hehe. tapi selama aritnya bagus, gapapa sih ya?

    salam kenal,
    kataditaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oia misal ejaan Inggris Natasha ya, dulu di Indonesia cuma Natasya hehe makin banyak tukeran huruf ya S jadi Z ada pula K, C dan Q. Salam kenal juga ya^^

      Delete
  3. betul, nama adalah doa. Anakku yang pertama bernama "Putrama Alun Tulodho (putra pertama yang bagaikan ombak/Alun senantiasa hadir untuk menjadi teladan/Tulodho bagi sesama).
    Yang kedua "Putriku Lintang Lelaku" (putriku adalah bintang/Lintang dalam lakon kehidupan kami/Lelaku).
    Salam kenal mbak Sandra :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tfs Mba Imelda, salam kenal juga, nama anaknya unik dan bagus sekali^^

      Delete
  4. widihhh mantap djiwa mbak sandra.. namanya penuh arti ya hehee.. oiya mbak sandra.. mungkin nama anak aku mau kesatuan nama dari ortunya aja kali yaa hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah Vikanova seperti orang Rusia ya^^ semoga cepet hamidun ya beb

      Delete
  5. anakku yang ngasih nama suamiku. dia pakai depan arab dan belakangnya jawa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang penting artinya ya Mba^^

      Delete
  6. Aku baru sadar soal inisial nama juga bisa jadi bully. Hehehe

    ReplyDelete
  7. Baguuus namanya.. aku suka juga nama Indonesiaa mbaa...
    Klo aku dan pak suami, mau 2 suku kata aja hehe terus klo bayi perempuan, aku yg suggest nama. Tetap approval pak suami :D klo laki, suami yg nyarii tapi ternyata anak kita perempuan semua ^^ hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Suami saya juga pengen 2 suku kata aja tapi saya pengen nambahin nama suami hehe kan ada tuh istri yang gamau pake nama suami soalnya katanya istri yang ngelahirin wkwk tapi suami yang hamilin kan ya hehe

      Delete
  8. aku hrs punay arti deh, aku juga suka dg tokoh wayang, jd anak pertama aku Yudhistira. YUdhistira tokoh wayang pndawa lima yg adil bijaksana, jujur. Jadi Yudhistira Aditya , Adi artinya bagus , tya dari tyas artinya keturunan. Jd keturunan ynag baik spt yudhistira. Biasa dipanggil Yudhis. Kl anak keduaku Annditya Putri. Aninndi artinya manis budi, jd keturunan yang manis budi. Dipanggilnya tya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah namanya bagus, semiga anaknya jadi anak yang sukses ya aamiin, tfs

      Delete
  9. Keren namanya :)
    Anak kedua ini saya ga terlalu antusias nyari nama... Jd ayahnya yg bikin long list, trus saya jadiin short list, trus ayahnya lg yg milih nama fixnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi iya saya semangat banget nih hihi

      Delete
  10. Bagus namanya. Sun sayang buat adik Gentra yaa...
    Memang buat nama gak boleh asal-asalan ya. Harus ada pakem yang dipatuhi :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts

[Review] Vaseline Repairing Jelly Original

[Review] Sampo Natur: Aloe Vera Extract

[Review] Kosmetik Inez

Pengalaman USG di Cimahi

[Review] Herborist Zaitun Shampoo

[Review] Mineral Botanica Face Brightening Night Cream

Wisata unik dan mendidik : Wisata Seni ke Bale Seni Barli

[Review] Citra Spotless White Glow Facial Foam

[Review] Marina Body Scrub, Bright and Fresh

[Review] Sisir Pelurus Rambut