Skip to main content

[Review] Popok Kain, Diapers atau Clodi ya Moms?


Dear smart parents, especially new Moms yang baru punya new Born toss dulu dong! Gimana rasanya punya anak? Cape tapi seru wkwkw. Bagi orang yang pelor kayak saya, Begadang is Enemy haha. Duh, untung kami sudah melewati masa-masa begadang sampai puncak 6 minggu nya baby.
Sekarang baby udah tahu siang dan malam jadi, siang bisa main dan malam tidur nyenyak, nangis karena pengen nonon, orang lain mah harus di cubit dulu biar baby bangun, ini malah baby yang bangunin kami hehe.

Kalau jaman kita yang Generasi 90 an pasti Mama kita cerita dulu nyuci popok sejolang karena siang malem kita pipis dan yeye terus nyebokin kita, kebayang capek nya warbiyazah ya gaes. Sejak adik saya yang lahir tahun 98, udah ada tuh popok sekali pakai, diapers, tapi tetep sih Mama saya pakainya popok kain.

Mungkin Mama saya trauma atau sayang banget sama saya makanya pas baby baru lahir, nyuruh pakai diapers aja ya nanti kalau pakai popok kain, cucian segunung dan capek nyucinya. Memang iya sih jadi nyuci setiap hari, tapi saya dan Suami udah bagi tugas, nyuci baju kami dan bayi adalah tugas Suami sebelum ngantor, sampai yeye nya baby di popok juga urusan Suami woah salut deh beliau mau bantu saya. Pembagian tugas enggak saklek sih, lihat sikon baby juga.

Sebelum melahirkan saya baru tahu kalau selain pilihan popok kain dan diapers, ada juga clodi alias Cloth diapers ((duh kemana aja sih saya))), clodi itu diapers bisa di cuci ulang, harganya lumayan mahal untuk awal-awal tapi di klaim lebih ramah lingkungan, awet karena bisa dipakai di Adik.



Oke, akhirnya kami beli popok selusin setengah, bahannya kain dan ada pula yang bahan handuk (recommended), setelah lahiran dapet lungsuran popok dari Adik Ipar juga, bahannya kain dan ada handuknya di bagian tengah, kombinasi gitu. Kemudian kami juga prepare diapers new born, bentuknya seperti pembalut. Kami juga pesan clodi murah via olshop karena pengen uji coba saja, baby cocok enggak ya pakai clodi.

Setelah baby lahir, kami kekeuh pakein popok kain dulu, supaya pipis dan yeye nya enggak kemana-mana jadi setelah popok, kami lapisi dengan kain lagi seperti kerudung bekas, singlet bekas, kemudian di bawahnya lagi ada bahan popok plastik tapi bukan plastik sih yang pasti bisa menjaga kain pernel atau bedong enggak basah and it works! Cuma belum kebayang kalau sudah 3 bulan kan dipakein celana, popok basah celana basah, nambah cucian bok haha.

Setelah puput pusar di hari ke 5, Mama menyarankan pakai diapers saja kalau malam, yasudah kami nurut saja karena clodi juga masih kebesaran. Pakai diapers emang enak ya jadi keenakan hahah, baby tidur nyenyak, kita nya juga tidur tidak terlalu terganggu urusan cebok, bisa ikut tidur kalau malam karena kasian juga baby kalau dicebokin malam nanti kedinginan. Ternyata semalam saja bisa abis 2-3 diapers, apalagi kalau baru ganti lalu yeye lagi atau yeye nya sedikit hahaha yang tadinya niat diapers buat bepergian aja jadi tiap malem deh pake diapers. Asalnya budget cuma Rp 50.000/ bulan jadi Rp 100.000/ bulan untuk diapers, belum lagi tiap pagi sampahnya harus dibuang, katanya sampah diapers baru terurai 500 tahun wew. Kami merasa beli sampah mahal ya haha kalau dihitung sepanjang hari pakai diapers selama 2 tahun kayaknya bisa Umroh Backpacker deh haha. Masalahnya pengelolaan sampah di negeri ini loh, beda sama di Eropa, baby nya pake diapers ya nggak masalah hehee. Eh tapi pembalut wanita juga sampah kan? Makanya setelah beres nifas mau pesan pembalut kain ah supaya lebih hemat, sehat dan ramah lingkungan yes.


Mau gimana lagi, Mommy jaman millenial kan sudah kerja cerdas bukan kerja keras lagi dimana jaman Mama kita kan ngurusin popok doang, nah jaman sekarang sekalipun Ibu Rumah Tangga kayak saya tetap banyak urusannya kerja cerdas, apalagi banyak Istri yang kerja di luar rumah, pasti ribet lah kalau ngurus cucian doang.

Clodi mulai dipakai setelah baby usia sebulan. Namanya juga clodi murah jadi kurang bisa diandalkan untuk menyerap pipis apalagi yeye nya. Kayaknya harus beli insert yang mahal atau bermerek deh. So, kalau ada yang mau endorse clodi mahal lokal atau impor yang harganya Rp 350.000/pcs boleh lah ya haha.

Kesimpulan: 
Pagi-pagi setelah mandi, baby pakai clodi biar enggak kedinginan sampai dua kali pipis, setelah itu pakai popok kain yang dilapisin kain-kain gitu, nah abis seka di sore hari, baru deh di pakein diapers kurang lebih 5 jam, syukur kalau yeye di diapers. Pakai diapers kalau ada acara dan jalan-jalan juga. Kalau baby cantik or ganteng yang dipuji kan baby nya, tapi kalau ada salah ya Mommy nya yang pertama kali disalahin kan? Padahal tugas Mommy bukan hanya ngurus baby tapi Papi nya juga haha.

Popok kain
❤Murah
❤Mudah di dapat
❤Tidak bikin ruam
❤Ramah dan sehat bagi kelaminnya, apalagi baby boy
💔Cucian numpuks

Diapers
❤Mudah di dapat
❤Enggak perlu nyuci
❤Praktis
💔Makin gede makin mahal
💔Kemungkinan ada bahan kimia
💔Tidak ramah lingkungan

Clodi
❤Praktis
❤Sehat dan ramah lingkungan
❤Motif lucu
❤Bisa diwariskan untuk adik
💔Clodi bermerek mahal banget
💔Tetap harus nyuci dan nyuci nya juga ribet karena enggak boleh pakai mesin, harus pakai detergen khusus atau eco washing ball
💔Insert lama kering, harus sedia stok banyak


Ya segitu dulu pengalaman dunia new born, bagi Moms yang udah expert bagi pengalaman dan sarannya juga dong, please...

Baca juga yuk!

Comments

  1. kalau anak saya pakai popok kain biasa hingga usai 3 bulan, setelah saya kembali krja baru clodi. krn bayi saya ASI memang akan cepat dan lebih banyak pipisnya, memang agak peer waktu hujan krn susah jemurnya. akhirnya saya pakai pampers aja deh hehe

    ReplyDelete
  2. Wah coba kalo tau clodi dari dulu, bisa umroh 2x deh, hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahha iya saya juga baru tahu

      Delete
  3. Saya mix antara popok kain (1 bulan pertama), clodi setelah 1 bulan sampai anak 2 tahun. Pakai pospak sekali pakai kalau pas lagi pergi-pergi. Atau kalau pas musim hujan cucian clodi gak kering-kering. Atau kalau pas lagi capek males lihat cucian numpuk.

    ReplyDelete
  4. Dulu siih aku pengennya pake clodi, dah beli yg import pun nitif temen dari luar... Tapi popok kain beli dikit buat jaga2... Bayangan tak seindah kenyataan karena aku ngurusin semua sendiri tanpa ada bantuan, walhasil popok disposal yg lebih masuk akal, plus ketika raya masuk daycare agak sulit pake clodi.. jadi sampe sekarang clodi & popok kain masih tersimpan rapih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tfs Teh Sandra, sama kami juga mandiri hihi

      Delete
  5. Wah klo saya waktu tahun kemarin lahiran dedenya pake popok kain sampe 6 bulan. Cuma pas usia 3 bulanan udah pake diapers malamnya aja hihihi. Cuciannya numpukkkk bokkk n stiap hari nyuci. Tetapi allhamdulillahnya dedenya jadi nggak pernah ruam n hemat. Sejak usia 6 bulan dan dede udah aktif k sana kmari. Akhirnya pke diapers deh biar ga bocor n ga najis dimana2 jg. Rncnanya bulan depan pas dede 18 bulan mulai saya ajarkan toilet training biar mengurangi diapers jg. Bgtu pengalamanku bun. 😃

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tfs Bun, wah iya emang numpuk puk banget ya.. semoga sukses toilet training nya yaa

      Delete
  6. Dulu jav pakai popok kain sampai 3 bln, habis itu pakai clodi... Pospak cmn utk klo pergi2 aja...
    Entah nanti gmn klo adiknya jav lahir, tampak males nyuci2 hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah tfs Teh Nat, muga lahiran lancar jaya yaa

      Delete
  7. Belum pernah nyoba clodiiiii....
    Hehehehe, selama ini pakai diapers sekali pakai, :D nyari diskon tiap jumat-sabtu-minggu hihihi

    ReplyDelete
  8. Oh diskon kalo wiken ya Maks tfs ya^^

    ReplyDelete
  9. Wahh baru tahu keunggulan kalau pakai yang clodi, heee
    emang kudet nih

    ReplyDelete
  10. Saya di mix, Mba. Di rumah pake Clodi, kadang pospak. Kalo pergi2 udah pasti pospak biar gak ribet. Pas bayi anak2 sy pakainya popok kain, dipakei pospak malah pd ruam waktu itu. Jd bener2 rajin nyuciin bekasnya deh. Salam kenal Mba Sandra :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal Mba Amel tfs ya, iya pake diaper biar ga ribet kalo bepergian ya

      Delete
  11. Kombinasi Mbak, kalo pas clodi bersih semua ya dipakai. Kalo belum pada kering pake pospak. Pas anak rewel nggak mau pakai pospak/clodi ya pakai celana biasa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah makasih ya sharing nya^^

      Delete
  12. Saya dan istri pakai clodi plus popok, popok kain dibalut oleh clodi, jadi tetap diserap popok kain pis nya dan clodi jaga celana ga basah. Sampai sekarang 5 bulan masih pakai, diapers dipakai malem aja biar tidurnya nyenyak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah makasih tipsnya ya nanti saya coba, iya diapers buat malam biar nyenyak ya baby n ortunya^^

      Delete
  13. Aku belum punya anak tapi aku lihat dan belajar dari kakak iparku... Bayi sampai 3 bulanan masih pakai popok kain... Kata dia memang perjuangan banget karena banyak pipisnya... Sabar aja telaten..


    Setelah itu pakainya clodi stok dibanyakin.... Sampai hampir satu tahun... Pakai pempes kalau lagi pergi jauh jauh aja itupun cuna diperjalanan.


    Setalah satu tahun lebih umur anaknya sampai dia bisa jalan dan bisa diajak omong meski dia cuma bisa bilang mam mam ma ma pa pa gitu sudah diajari terus kalau mau pipis dan ee bilang yah...


    Jadi kalau dia mau pipis udah pegang pegang kemaluannya... Trus diantar ke kamar mandi buat pipis meski awalnya selalu pipis dulu sebelum sampai kamar mandi hahahha...

    Aku rasa ketelatenan orang tua ngajarin anak sedini mungkin mengenalkan rasa ingin pipis akan sangat membantu dia sendiri...

    Trus umur satu tahun setangah lebih dua tahunan dah biasa bilang pipis.... Bebas clodi maupun pempes.


    Beda dengan adik iparku... Dari bayi sampai umur 3 tahun lebih masih pakak pempes bahkan mau ee juga di pempes... Dan aku lihat bekas pempesnya ya tuhannnnn menumpuk segunung begitu....


    Hehhe sekedar sharing aja yah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Woaaa makasih banyak sharing nya ya kaka^^ saya coba nanti

      Delete
  14. ada teh, yang buat nifas juga. semacam menspad kalo ga salah. clodi versi dewasa hehe
    tetangga sha ada yang males cuci popok dkk, tiap hari di pakein diapers sampe habis hampir sejuta sebulan. sayang banget ya, bisa buat nabung :)))))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nanti mu pake menspad ah heheu tuhkan kalo diitung bisa buat umroh hehe

      Delete
  15. Boleh simpan dulu ya teh buat persiapan masa depan hehehe...

    ReplyDelete
  16. Dulu cuman mix antara popok kain sama pampers. Belum ngerti ada clodi juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya saya juga baru update nih heu

      Delete

Post a Comment