Skip to main content

Persiapan Kehamilan


Dear smart parents, traveling saja kita butuh persiapan, masa punya anak enggak dipersiapkan? Hehe. Memang banyak anak, banyak rezeki karena setiap anak mendapat rezekinya masing-masing, punya anak kan emang nambah rezeki, bukan nambah hutang, catet.

Mempersiapkan kehamilan sudah diperintahkan Tuhan dalam Qs. Annisa ayat 9 dimana Tuhan berfirman agar kita jangan sampai meninggalkan generasi yang lemah. Berikut adalah persiapan hamil yang dikutip dari buku-buku kehamilan dan pengalaman saya dalam mempersiapkan kehamilan semoga bermanfaat!

1. Fisik
Mencatat siklus menstruasi, melakukan hubungan intim yang berkualitas, bila ada dana lebih baik lakukan tes TORCH, usahakan berat badan ideal, tinggi dan berat seimbang, rumusnya tinggi badan kurangi 110. Contoh: tinggi 170-110= 60kg adalah berat ideal atau minimal supaya tidak berlebih, soalnya saat hamil pasti akan mengalami kenaikan berat badan.

Makan berkualitas dengan gizi seimbang, penuhi asupan asam folat (2bh pisang/hari cukup) atau vitamin prenatal, jangan lupa olahraga, hindari stress dan ikuti gaya hidup sehat ramah lingkungan.

2. Mental
Ini yang lumayan besar pengaruhnya, calon orang tua harus sadar karena mempunyai anak itu tanggung jawab dunia akhirat. Sudah siap break sejenak dari kesenangan atau pekerjaan? Sudah siap dengan keriweuhan mengurus buah hati? Sudah siap meninggalkan kebiasaan buruk? Sudah siap belajar hal baru dan mendidik? Sudah siap untuk sabar saat mengasuh? Jangan lupa baca buku, update informasi dan selalu berpikir positif.

3. Spiritual
Kita harus memperbaiki ibadah kita, menambah sedekah dan amalan supaya nanti saat punya anak, lebih mudah menasehatinya dan mengajaknya dalam kebaikan. Punya anak itu bukan hanya menyambut manusia baru tapi juga melahirkan Ayah dan Ibu baru.

4. Financial
Saya bilang ke Suami, kalau mau punya anak harus sedia uang buat melahirkan caesar ya, saya enggak mau punya hutang dan tidak bergantung pada Asuransi karena takutnya kecewa. Jadilah 2 tahun kita nabung dan berusaha untuk melahirkan normal, Alhamdulillah ternyata bisa melahirkan di Bidan, Aqiqah dan bikin akte kelahiran yang harusnya gratis tapi masih pungli (haha curcol).

Tuh kan, agar hamil nyaman dan menyenangkan, melahirkan mudah dan cepat serta bebas trauma paska melahirkan sang bibit unggul, bukan hanya soal proses pembuatannya tapi meliputi kesiapan yang sadar jauh sebelum masa konsepsi. 

Jadi, ketika orang-orang kepo nanyain kapan punya anak, kami mah woles aja toh segala ketetapannya sudah diatur yang maha kuasa, ada wanita dan pria yang subur, ada yang butuh waktu lama dan usaha ekstra untuk punya baby, ada pula yang memang ditakdirkan tidak punya anak di dunia ini. 

Sudah pernah nonton film India-Aussie yang berjudul LION (tenang, gak ada joget saat hujan kok). Dalam film tersebut, puluhan tahun lalu Nicole Kidman berkata: " Kami sangat mungkin memiliki anak, tapi kami melihat anak-anak di negeri lain kehilangan orang tua nya." Sangat mulia dan tidak egois ya, rasa empati yang besar dan pemikiran yang mungkin susah diterima masyarakat timur saat bule mau mengadopsi anak-anak kurang mampu.

Firman Tuhan  ((( Asy-Syura :49-50 )))
Milik Allah-lah kerajaan langit dan bumi, Dia menciptakan apa yang Dia kehendaki, memberikan anak perempuan kepada siapa yang Dia kehendaki dan memberikan anak laki-laki kepada siapa yang Dia kehendaki. Atau Dia menganugerahkan jenis laki-laki dan perempuan dan menjadikan mandul siapa yang Dia kehendaki. Dia Maha Mengetahui, Maha kuasa.

Masih berani nanya KAPAN ATUH PUNYA ANAK? KAPAN NAMBAH LAGI? eaa kumpulin air ketuban, yuk ah, belajar hati-hati soal privacy, wassalam.

Baca juga yuk!

Comments

  1. aku jg masih deg2an mau hamil lagi mba ni aja lagi masa menanti hamil ga yah 🤣😂 smg Alloh kasi yg terbaik deh makasi sharingnya mb San

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat Bunda cantik, semoga dikasih yang terbaik yaa

      Delete
  2. Ini setuju banget mom. Thanks sharingnya ya

    ReplyDelete
  3. Dulu saya hamil tau-tau udah tiga bulan, langsung belingsatan persiapin ini itu...wkwk
    sama sekali enggak nyangka bakalan langsung hamil, jadi enggak ada persiapan kehamilan. Huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang dipersiapkan saja merasa masih banyak kurangnya Mom, makasih udah sharing ya^^ semoga nanti lebih prepare yaa

      Delete
  4. Duh, jadi pengen hamil lagi. Hihi...
    rindu banget tendangan-tendangan kecil di perut

    ReplyDelete
  5. Finansial, yes. Itu yang kadang suka disepelein pas mau persiapkan kehamilan, suka ada aja omongan "ah nanti juga ada rezekinya" padahal kan tetep musti diikhtiarin ya...

    ReplyDelete
  6. Hehehehe persiapan yg lengkap bingitsss ^^

    ReplyDelete
  7. Jadi inget dulu, sembilan tahun lalu pas hamil Marwah, persiapanku lebih banyak dari ini haha, anak pertama soalnya jadi semua disiapin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wow lebih banyak Teh hehe iya anak pertama

      Delete
  8. kuereeen pake emoticon sendiri.. bikin sendiri san?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dikasih tahu Teh Tian tuh ake app Bitmoji, cobain Unii

      Delete

Post a Comment