Skip to main content

Jawaban Untuk Pantangan Selama Kehamilan



Catet ya bumil itu bukan orang sakit dan hamil itu bukan penyakit, hamil adalah bagian dari proses alamiah kehidupan seorang perempuan. Hamil itu menyenangkan, semua orang pada nanyain, care dan ngedoain kesehatan calon Mommy dan beybi. Saking pedulinya, kadang suka spooky dengan pernyataan mereka yang larang ini itu hehe.

Sejak sebelum hamil, saat hamil bahkan setelah melahirkan  pun banyak banget pantangannya, terus yang ngerjain kerjaan rumah siapa? Meskipun masih linu-linu ena, teteup aja saya gak tega liat Suami ikutan begadang dan bantuin nyuci popok dll karena Suami harus nyari duit! Hehe. Banyak banget larangan buat ibu hamil yang bersumber dari masyarakat bahkan mitos, bukan dari nakes atau jurnal penelitian.


Pertama, jangan makan lalapan atau sayuran mentah tapi di buku malah disuruh, di luar negeri juga. Mungkin mereka khawatir ama sayuran yang terkena tokso, pestisida dan polusi. Sebagai orang Sunda, saya suka banget lalapan, ga lengkap rasanya makan ayam tanpa lalap dan sambel. Nenek moyang dulu makannya apa ya? Pasti lalapan juga, gak mungkin makan junk food. Lagian waktu itu teknologi belum canggih pasti tau hamilnya pas perut mulai membuncit, mereka malah lebih sehat dari kita, wanita Sunda terkenal cantik-cantik  bukan? Solusinya makan sayuran organik atau yang ditanam sendiri, cuci bersih dan berdoa sebelum makan. Karena orang jaman dulu meskipun ibdahahnya sering bid'ah tapi mereka sangat yakin sama Tuhan semesta alam, sehingga sehat dan ga stress. Emangnya rokok, alkohol, msg, pengawet, junkfood, hutang, suap, korupsi dan riba gak berbahaya bagi kesehatan bumil? Saya pernah baca malah kalau di Eropa, Bumil harus banyak makan sayur mentah kayak salad kali ya, mungkin perbedaan iklim dan perkembangan virus ngaruh, secara kita penghuni Khatulistiwa.

Kedua, jangan angkat beban yang berat-berat, saya baca di buku Ibu Robin Lim sih maksimal beban Ibu hamil itu 3 kg. Kadang gimana ya emang pas hamil tuh enaknya disediain, makan tinggal am, cucian beres, jadi ratu aja 9 bulan. Tapi kenyataannya gak bisa gitu, Mama saya jauh, masa nyuruh mertua? Saya dan Suami tuh mandiri banget, selama belum bisa bahagiain ya jangan ngerepotin Ortu, lagian pastinya saya gak enak dan suami melarang dan kami ingin membahagiakan mereka bukan menambah beban buat mereka. Saya harus tetap nyuci baju, nyuci piring, nyetrika, ngepel, masak tiap hari. Saya dan suami harus setuju kalo Bumil gak boleh manja, biar anaknya rajin. Solusinya selalu ajak beybi beraktifitas, justru kalo saya ga beraktifitas nanti darah rendah, pusing rungsing ke suami wkwkwk yasudah jalanin aja itung-itung olahraga pengganti Zumba dan bernilai ibadah aamiin. Kalo cape? Bobo aja shay, jangan maksain.


Jangan naik turun tangga, kenyataanya kami tinggal di paviliun lantai 2 di istana mertua indah, masa cuma gara-gara hamil harus bikin kamar mandi dan lift biar kalo saya pipis gak boleh naik turun tangga. Solusinya ya kalo cape istirahat, pelan-pelan naik turun tangganya. Kami yakin Tuhan sayang sama kami secara kami mandiri, gak ngerepotin. Emang salah satu yang bikin parno itu jatuh selama hamil, Alhamdulillah saya selalu seimbang haha.

Jangan deket-deket kucing, gimana ya emang takdir saya tinggal di rumah pecinta kucing. Jumlah kucing di rumah lebih banyak daripada penghuninya. Saya sih biasa aja, gak suka dan gak benci sama kucing karena mereka juga makhluk ciptaan Tuhan. Emang banyak pro kontra apakah kucing penyebab virus toksoplasma? Solusinya adalah berdoa dan berpikir positif, Karena saya gak dari kecil tinggal sama kucing, insya Alloh selama 2 tahun lebih tinggal di rumah ini antibodi saya sudah bagus.  Kalo ada kotoran dan muntahan ya hindari aja. Memang sebaiknya 6 bulan sebelum hamil disarankan mengikuti rangkaian screening seperti Test TORCH terlebih dahulu tapi biayanya mahal, kalo ada budget silakan Mom. Kami berdoa aja anak kami sehat sempurna seperti anak kaka dan adik ipar kami yang pecinta kucing, toh kami selalu berusaha makan dari rezeki yang halal.

Bumil jangan olahraga, duh inimah nyuruh duduk dan ngemil sepanjang hari nih. Saya udah aerobik 9 tahun, meskipun perut saya ga serata Mbak Andien Aisyah tapi saya juga mau hamil fit and fresh dong, pokoknya kalo kalian liat Instagramnya Andien, itu hamil idaman banget lah, 5 weeks aja udah naik pesawat, 3 bulan udah naik gunung, traveling mulu, manggung mulu, olahraga apalagi. Inspiring banget deh jadi bikin pede traveling dan semangat babymoon huehehhe. Kok bisa? Soalnya beliau sudah mempersiapkan kehamilan dengan baik, makan sehat dan olahraga. Solusi: Alhamdulillah saya hamil sehat, menyenangkan tidak ada keluhan, saat hamil saya olahraganya beberes rumah, jalan kaki, kadang berenang, kadang senam hamil, banyak belajar, baca dan download video Prenatal Yoga di Youtube, latihan di rumah tapi banyak malesnya karena gak ada temen *alesan.

Saya baru ingat adegan ekstrim sebelum tahu hamil tuh naik Vertigo 2 kali di Trans Studio, bismillah aja, eh beybi lahirnya cepet kayak jet coaster hehe, saya juga sering kehujanan di motor (fyi, air hujan mengandung asam folat lol), karena enggak morning sickness jadi saya bisa tetap melukis yeay! Pas hamil 5 bulan pernah turun tangga gendong keponakan yang masih balita beratnya sekitar 10 kg karena ada tragedi kucing pup di kasur yang akhirnya itu kucing mati juga. So larangan-larangan gak boleh ini itu sebenernya disesuaikan sama kondisi bumil dan bayi ;) kalo sehat-sehat aja kenapa harus pura-pura sakit?

Emang sih ya jaman sekarang mungkin niatnya care tapi beda tipis sama kepo, semisal waktu belum hamil ditanyain mulu kapan punya anak endebray endebray pas udah brojol, boro-boro jenguk atau ngasih kado, ngucapin juga kagak, duh asoy ya haha emang ada makhluk kek gitu? Ada banget Mbak/Mas, buanyak hehe. Selamat berbahagia atas kehamilannya Mom.. semoga sehat selalu. Ceritain pantangan selama hamil dong...


Baca juga yuk!

Comments

  1. Saya sedikit intrupsi di point bumil jangan olahraga itu. Kalau sampe naik-naik gunung berabe mba. Kalau sekedar jalan kaki, sama kegiatan rumah2 ngak papa kali ya hehe. Maklum kindisi pisik nya beda-beda ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mas naik gunung buat atlit kali ya^^

      Delete
  2. Saat hamil, aku nggak banyak pantangan kecuali dari ibu Mbak. Pantangan cara kuno yang kadang ada benarnya juga hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Wahyu mungkin niatnya baik ya^^

      Delete
  3. Terus ini mba San dulu aku ga dibolehin tidur sama ibu mertua pas nanya ke bidan justru harus banyak istirahat krn pasca melahirkan sering begadang dan benerlah apa yang dikatakan bidan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa sama banget lah Bidan aku bilang kalo baby tidur kita istirahat^^ tapi tetep pikiran ke cucian dll haha

      Delete
  4. waktu hamil ketiga kemarin aku mah gak pake pantangan2 hehehe disesuaikan saja sama kondisiku :D eh bener jg tuh mba waktu blm hamil pada nanya eh pas udah brojol gak kliatan nengokin hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah expert ya mba, haha iya woles aja ya hamil tanpa intervensi^^

      Delete
  5. Semua tergantung keadaan bumil masing2 emang... Ada bumil yg rentan, ada yg setrong :D jadi menurut aku mah semua disesuaikan dan dikembalikan lagi sama bumilnya.
    Kucing membawa penyakit tokso biasanya kucing liar, karena makanannya ngga dijaga, kalau pny kucing rumahan & jarang keluar mah insha Allah aman, yg penting ngga ngurusin pupinya dulu hihihi.. sehat2 ya bumiiiil

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba balik lagi ke fisik dan mental bumilnya ya^^ nah itu pas hamil si kucingbpup di kasur, gimana ga stress tuh seminggu tidur di ruanh musik lah kita^^ Alhamdulillah sehat

      Delete
  6. Aku penggemar lalapan. DUh merana hidup kalau ga boleh makan lalap hihihi *padahal belum hamil, ya iyalah* Aku juga baru tau kalau ga boleh deket kucing itu cuma mitos. Kirain emang secara medis ga boleh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya asal nyuci lalap bersih dan kucing juga harus bersih tapi katanya kucing itu hewan bersih cmiiw

      Delete
  7. aku kalau pantangan dari makanan kayaknya nggak banyak. yang lucu itu malah yang mitos-mitos. jangan pegang pinggang nanti anaknya jadi pesek kata ibu. heuheu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahah bodor ya untung aku berdoa biar anaknya mancung^^

      Delete
  8. Waaahhh...baca ini pas udah brojolan semua, jadi malah nggak ngeh sama mitos mitos yang aneh aneh. Emak (dipaksa) setrong soalnya, pas hamil ama enggak aktivitasnya sama aja kakakkkk...hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya hamil atau ga hamil wanita emang kudu setrong ya kaks

      Delete
  9. Banyak pantangan saat hamil yang ada di lingkungan kita. Kalau saya sih, selama pantangan itu rasional ya diikuti tapi kalau aneh-aneh mah saya tolak (dengan baik tentunya)

    ReplyDelete
  10. Halo mamih hamidunae... semua ada positif dan negatif ya mba disesuaikan dengan ekadaan dan kondisi psikis masing2 mommy hamidun...

    Semoga kita diberikan kelancaran dan kesehatan selalu ya mamihhhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mommy Hamidun semoga sehat selalu ya Mom n baby^^

      Delete
  11. Dulu mamaku malah tiap hr naik turun bukit deket rumah, demi lahiran lancar.. Dokterku jg g prnh ngelarang pas hamil dulu ttg olahraga.. Malah nganjurin.. Tp dulu jujurnya aku males2an olahrganya mba, krn dr awal emg udh niat cesar.. Jd mikir ngapain hrs senam hamil dan olahraga :p. Hihihi jgn ditiru yaa

    ReplyDelete
  12. lalapan mentah memang enak. seger...

    ReplyDelete

Post a Comment