Skip to main content

Pengalaman USG di Cimahi


Sandraartsense.com - Kehamilan adalah proses sakral yang tidak hanya saja akan melahirkan manusia suci tapi juga Ibu baru dan Ayah baru. Salah satu pemeriksaan yang saya lakukan selama kehamilan ialah USG. Jika Mom mau pilih tempat USG, sekalian yang ada tempat bersalinnya supaya ada rekam medis selama kehamilan kita, jaga-jaga bila terjadi situasi darurat. 

Usg adalah Ultrasonografi medis (sonografi) adalah sebuah teknik diagnostik pencitraan menggunakan suara ultra yang digunakan untuk mencitrakan organ internal dan otot, ukuran mereka, struktur, dan luka patologi, membuat teknik ini berguna untuk memeriksa organ - Wikipedia.

Berapa kali USG selama kehamilan? 



Pas banget, pas hamil pas dapet info ini, Papi pengennya USG nanti aja pas hamil gede tapi Mami juga penasaran USG itu seperti apa hehe tapi Saya dan Suami setuju dengan Filosofi Ibu Robin Lim, pasti ada alasan kenapa Tuhan tidak membuatkan jendela di perut wanita supaya kita bisa sungguh-sungguh berdoa agar anak yang dilahirkan menjadi anak yang Soleh, sehat sempurna lahir batin, cerdas dan bahagia. Kami hanya memanfaatkan kebaikan teknologi, jadi tidak melakukan USG setiap bulan, Bisa dibilang saya beruntung karena USG di tempat yang tepat dan waktu terbaik. Berikut adalah review nya:

❤Trimester pertama
USG di Klinik Cimahi Sehat Jl. Pojok Utara Cimahi. 
Jadwal periksa dan USG di klinik ini adalah Senin-Sabtu jam 8-10 (10 orang) dan jam 14.00-20.00 (40 orang). Saat usia kandungan 12 week, saya booking sehari sebelumnya dengan membayar administrasi Rp 20.000 dengan nomor antrian 30an dan biaya USG Rp 130.000, kalo ga salah kebagian yang jam 7 malam, ternyata emang Indonesia itu subur banget ya, yang hamil banyak banget! Jadwal tiap USG hampir selalu penuh. Sebelum USG kami melakukan pendaftaran, ditensi dan ditimbang. Kemudian kami mengantri sekitar 30 menit baru di panggil perawat. 





Kesan pertama masuk ruang periksa, ruangannya sejuk dengan lampu temaram pokoknya homey banget deh. Setelah menyapa, dr Glenn langsung mempersilakan saya dan Suami menuju tempat periksa, perawat memberi gel khusus di perut kemudian Dokter mulai menempelkan alat USG di perut, Alhamdulillah beneran ada baby di perut, tangan dan kaki nya sudah ada dan baby aktif sekali, detak jantungnya seperti suara tapak kuda yang kencang, saking terkesima saya bilang "aaaah" duh malu, si papi diem gak ber uh oh ria seperti saya heheh, lupa gak direkam padahal layarnya jelas banget, kira-kira 1 menitan lah, USG berakhir padahal masih kangen baby, dokter Glenn juga resepin Asam Folat lagi cuma gak ditebus sama kami soalnya yang dari Bidan juga ada, selain itu tiap hari juga sama makan asam folat alami. Kesan untuk dr. Glenn itu formal banget dan terlalu terburu-buru, ya maklum aja sih masih hamil muda, secara 40 pasien ya jadi dokter kayaknya udah lelah. Kesan untuk Klinik utama Cimahi Sehat, tempatnya baru jadi masih bagus dan terawat, ruang periksanya homey, peralatannya canggih, dekat rumah tapi susah parkir karena jalan sempit, biaya terjangkau, normal 5 jutaan (suntik Salsabila tanpa rasa nyeri) dan Caesar 10 jutaan. Sayangnya antrian USG selalu ramai mungkin karena ada fasilitas USG 4d Rp 170.000.

Trimester dua
Rumah Bersalin Harapan Bunda Jl. Jend. Sudirman No. 9 Cimahi
Saat usia kandungan 20 minggu lebih, saya sudah booking USG di Klinik Cimahi Sehat sebelumnya, saat kesana sedang terjadi konsleting listrik jadi belum bisa dilakukan pemeriksaan dan antrian masih sangat banyak. Sudah tanggung keluar rumah, akhirnya kami cari Klinik lagi, Alhamdulillah di Klinik Harapan Bunda ada jadwal USG jam 6 Sore, sambil nunggu 2 nomor antrian saya melakukan pendaftaran, tensi darah dan timbang badan kemudian di panggil untuk periksa sama dr. Erris. Alhamdulillah baby sehat, otak dan organnya berkembang baik, jenis kelaminnya sudah kelihatan, lagi-lagi saya ber uh oh ria lagi, kali ini direkam sama Suami. Kesan tentang dr. Erris, orangnya santai banget, suaranya mirip Kang Emil lho, pas pertama kali datang yang ditanyain: Gimana Bu? Sehat Dok. Alhamdulillah udah masuk alam bawah sadar ya ini hamil tanpa keluhan hehe. Dokter Erris juga bukan tipe dokter yang banyak pantangan dan gak bikin khawatir pasien, Suami kemudian bertanya tentang kenaikan berat badan yang gak masalah karena saya berbadan kecil. Malah saya yang minta Kalsium, lalu dikasih lah Lycalvit Rp 20.000/ 20 kapsul murah kan? Soalnya saya enggak minum susu Bumil. Saya makan kalsium kalau kira-kira enggak minum susu atau makanan sumber kalsium hehe. Kesan klinik ini bangunan jadul, Ruang periksa luas dan terang banget, menurut saya sih alat USG nya lebih bagus yang di Klinik sebelumnya, tapi biaya disini lebih murah yakni Rp. 100.000,  lingkungan klinik adem dan ada jadwal Senam Hamil setiap Jumat jam 10 pagi. Ternyata kata Bidan saya, Dokter Erris adalah Spesialis Fetomaternal (kelainan ibu dan janin) dan konsultan Infertilitas (Kesuburan)  di RSHS Bandung, pas banget ya pas 5 bulan kehamilan diperiksa sama ahlinya. Pantas saja saat periksa ada Ibu yang lagi Pogram hamil.

Trimester Tiga
Alhamdulillah saatnya USG 4D, jika di Bandung biayanya bisa mencapai 400ribu-1,4 juta, di Cimahi tercinta cukup dengan 170ribu saja Bu Ibu. Yup saya USG lagi di Klinik Utama Cimahi Sehat, Dokter Obgyn Nogi nya sendiri yang posting kalau USG 4D itu bersifat entertain atau hiburan jadi enggak usah mahal, hehe. Saya sudah booking jauh-jauh hari via WA, setiap hari nya kecuali Minggu, Klinik tersebut melayani 50 Pasien, mungkin karena lebih hemat jadi seBandung Raya kesini semua haha. Saya dan Suami langsung ke Kasir karena sudah daftar, bayar Rp 20.000 dan langsung di Tensi serta Timbang BB oleh perawat. Kami disuruh menunggu sekitar 1 jam dan dipersilakan masuk, USG kali ini bersama dr. Renant, maaf kalau ada kesalahan penulisan hehe. Dokternya ramah, teliti, hati-hati sekali dan suaranya kecil tapi beliau detail menjelaskan dan menenangkan karena waktu itu kan lagi renovasi rumah jadi banyak debu, kami batuk pilek dan gak enak badan tapi karena batuknya cuma karena alergi debu maka dokter hanya meresepkan Vitamin DHA dan Kalsium. Saya sangat excited sebelum USG 4D, sudah bilang ke baby tolong liatin wajahnya dan saya berdoa baby mirip papi nya aja deh biar ganteng hehe. Pas USG, saya udah ga seheboh dulu mungkin karena di hipnotis sama Papi biar gak lebay wkwk. Total biaya USG Rp 150.000 dan Vitamin Rp 162.000.


Sebenarnya saya sudah merasa cukup USG namun karena saat usia kandungan 34w Bu Bidan bilang posisi janin melintang, pantas saja tidur menghadap kanan terasa sakit karena ada kepala baby, kemudian saya rajin sujud, udah gak kuat ngepel nungging/jongkok, pee aja di toilet duduk hehe. Saat periksa lagi di 36w Alhamdulillah kepala sudah di bawah, untuk memastikan besoknya Saya dan Suami ke Dokter Erris lagi, cukup ngantri 30menit langsung periksa karena enggak ada keluhan berarti, cuma saya bilang kalau "kemarin Bidan bilang posisi janin oblique" hasil USG bagus, kepala sudah dibawah dan Pak Dokter juga bilang hal yang sama dengan Bidan, minggu depan atau dua minggu lagi bisa lahiran dimana aja (tanpa saya tanya boleh lahiran di Bidan atau tidak) tinggal nunggu kepala baby masuk panggul saja, makan juga biasa aja karena saya sudah naik 13 kilo. Alhamdulillah semua bagus, plasenta, tali pusat dan air ketuban juga masih cukup. Pemeriksaan kali ini lebih singkat dan print USG nya lebih bagus, ternyata alatnya baru kali ya soalnya gak sakit saat USG hehe. Saya minta DHA dan kalsium tapi dikasih kalsium saja sih, mungkin beliau tahu mami dan baby udah rajin baca buku biar pinter hehe. USG kali ini kami bayar Rp 126.000 sudah termasuk jasa dokter dan kalsium. Pas lahiran ada satu lilitan tali pusat longgar, untung baby sehat selamat ya lagian kalo tau bisa stress secara baru melintang tambah lilitan.

Wajib Baca! Melahirkan Sambil Tersenyum 

Alhamdulillah ya saya selalu bertemu dengan Bidan dan Dokter yang menenangkan, enggak banyak pantangan. Sekarang saya tahu kenapa ada teman-teman yang sering gunta ganti Obgyn bukan karena gak cocok tapi bisa juga masalah jadwal periksa seperti saya. Sekian review Dokter Obgyn dan tempat USG di Cimahi, semoga bermanfaat! Mom periksa USG dimana? Share dong..

Mungkin Mommies mau baca juga:

Comments

  1. alhamdulilah selamat y mba San akhirnya bisa bertemu dengan belahan jiwa, btw kliniknya belah mana y nti aku japri ah soalnya 4D murce bgt hahahha beda bgt klo di RS

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba nanti WA aja ya, iya yang penting baby nya sehat dan keliatan lah wajahnya buat naikin good mood hehe

      Delete
  2. Harganya terjangkau banget ya mom, hanya 170.000, kadang memang beda lokasi beda harga :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya murah di banding di RS besar di Bandung^^ kan sayang udah mahal tapi baby ga keliatan wajahnya heheu

      Delete
  3. wah aku dulu aank dua agk pernah di USG, heee krn periksanya ke bidan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gpp juga sih, gak baik usg berlebihan.. yang penting baby dan mommy sehat selamat

      Delete
  4. mantap mbak aku belum pernah ush karena belum hamil.. doain ya biar ngerasain sensasi usg...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin semoga sebentar lagi hamil nyaman dan menyenangkan ya Mbaaa

      Delete
  5. semoga lahirannya lancar2 aja

    ReplyDelete
  6. mba boleh minta nomor WA klinik nya nggk?

    ReplyDelete
  7. Mba lahirannya dmna waktu itu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di Bidan Wisdyana, Ngamprah Bandung Barat^^

      Delete

Post a Comment