Skip to main content

Rekomendasi Film Untuk Pecinta Seni


Dear Art People, salah satu cara saya dan Suami mencari inspirasi dalam berkarya adalah dengan membaca buku dan menonton film yang berkualitas, film yang berkualitas ditandai dengan banyaknya raihan penghargaan dalam berbagai festival bergengsi. Sebenarnya film sendiri sudah menjadi bagian seni pertunjukan, namun akan lebih terasa unik jika ada film yang mengangkat tema idealisme seorang Seniman, khususnya Perupa dan Musisi seperti kami hehe. So, this is 😘  our favorite Art Movies👇

🎤The Sound of Music (1965)



Berkisah tentang Maria, seorang wanita Austria muda berjiwa bebas sedang belajar untuk menjadi seorang biarawati di Nonnberg Abbey di Salzburg pada tahun 1938. Kecintaannya pada musik, pegunungan, semangat muda dan imajinasi, membuat Maria kurang disiplin dan menyebabkan beberapa kekhawatiran di kalangan para biarawati. Kepala Biarawati percaya Maria akan lebih bahagia di luar biara, kemudian beliau mengirimkan Maria ke villa pensiunan perwira angkatan laut Kapten George von Trapp untuk menjadi pengasuh tujuh anak-anak sang Kapten yaitu Liesl, Friedrich, Louisa, Kurt, Brigitta, Marta, dan Gretl.

Kapten George telah membesarkan anak-anaknya sendiri menggunakan disiplin militer yang ketat setelah kematian istri pertamanya. Meskipun anak-anak berperilaku buruk pada awalnya, Maria merespon dengan kebaikan dan kesabaran, sehingga anak-anak akhirnya luluh untuk mempercayai dan menghormatinya.

Sementara saat Kapten bertugas di Wina, Maria mengajak bermain anak-anak ke sekitar pegunungan Salzburg dan mengajarkan mereka bagaimana cara bernyanyi. Kapten dan Maria saling jatuh cinta namun Maria harus kembali ke Biara, akankah cinta mereka berlanjut atau harus berpisah?

Review:
Ini adalah film jadul Musikal untuk keluarga. Adegan favorit saya adalah saat Maria mengajak anak-anak piknik sambil bernyanyi ke Pegunungan, duh rasanya pengen melukis disana ditemani Suami bermain musik, so sweet.

The Chorus (2004)


Film ini mengisahkan tentang seorang Konduktor bernama Pierre Morhange, yang harus mengajar musik di sekolah yang sangat disiplin karena banyak anak-anak yang spesial.

Review: Nama lain film ini adalah Les Choriste, yang saya ingat dari film ini adalah tokoh anak kecil bernama Pepinot, film musikal keluarga ini direkomendasikan untuk para Guru musik.

🎹Grand Piano (2013)


Tom Selznick adalah pianis yang sedang bermain piano dalam sebuah konser musik klasik, ketika sedang asyik bermain tiba-tiba muncul terror dimana Tom menemukan catatan yang ditulis pada lembaran musik nya yang menyatakan bahwa jika ia melakukan kesalahan dalam bermain Piano, maka Tom akan mati.

Awalnya Tom tak percaya dan ia mengabaikan hal itu, sampai akhirnya menemukan catatan lebih lanjut bahwa peneror mengancam Emma, ​​sang Istri yang juga sedang menikmati acara tersebut. Bagaimana cara Tom melacak keberadaan sang peneror dan menyelamatkan seluruh penonton konser?

Review:
Elijah Wood telah berlatih keras bermain Piano selama tiga minggu dan sempat stress, namun semua terbayar dengan aktingnya yang memukau dengan mimik muka yang membuat penonton ikutan tegang hehe.

Begin again (2013)


Dan Mulligan (Mark Ruffalo) adalah Produser eksekutif dari label rekaman sukses yang tinggal di New York City. Setelah dipecat dari pekerjaannya, dia pergi ke sebuah bar di mana ia bertemu Gretta James (Keira Knightley).

Gretta adalah penulis lagu muda dan sangat independen yang baru saja putus dengan sang pacar, Dave Kohl (Adam Levine), seorang musisi yang baru terkenal. Terpikat oleh musik Gretta, Dan menawarkan kerjasama musik.

Hati Gretta yang sedang patah hati, merasa semakin dikhianati karena Dave mengkomersialisasikan karya mereka saat masih bersama yaitu single "Lost Stars" sebuah lagu balada cinta dia pernah tulis dan untuk Dave sebagai hadiah Natal.

Dave mengundang Gretta untuk datang dan mendengar dia bermain lagu tersebut, akankah Gretta datang dan kembali menerima Dave sebagai kekasihnya?

Review: Salah satu alasan menonton film ini karena ada Mas Adam Levine hehe, tapi kok ya enggak seganteng di Video Clip ya? Malah aktingnya biasa aja, secara doi Musisi bukan Aktor yes? Hehe film Musikal ini ringan dan asik ditonton di akhir pekan bersama pasangan.

👀Big Eyes (2014)


Film ini diambil dari kisah nyata seorang Pelukis perempuan bernama Margaret (Amy Adams), berawal pada tahun 1958, Margaret bersama anak perempuannya Jane menetap di Pantai Utara, San Francisco. 

Margaret kemudian mendapat pekerjaan sebagai ilustrator di sebuah pabrik mebel. Margaret juga menciptakan potret di sebuah pameran seni outdoor, sampai akhirnya Margaret bertemu Walter Keane, yang menjual lukisan Paris street dan kemudian mereka menikah.

Walter pergi ke klub jazz populer dan mencoba untuk meyakinkan pemilik klub, Enrico Banducci, untuk membeli lukisan Margaret yang unik, namun dia hanya menyewakan dinding untuk memajang lukisan. Kemudian Dick Nolan, seorang Wartawan gosip tertarik pada lukisan Margaret. Setelah itu, Walter menjadi promotor (marketing) lukisan Margaret.

Walter membuka galeri seni, mempromosikan lukisan Margaret sebagai karyanya sendiri, kemudian menjual reproduksi dengan harga rendah yang membuat Margaret marah. Berhasilkan Margaret keluar dari kehidupan Walter sang penipu, bisakah Margaret meyakinkan dunia bahwa lukisan yang di akui Walter adalah miliknya?

Review:
Kalau karya kita dijiplak sih berarti kita sudah lebih sukses (inget buku Steal Like An Artist nya Austin Kleon) tapi paling kesel ya kalau karya kita di akui sama orang lain, nah film ini cocok dinikmati pecinta seni supaya kita bisa lebih menghargai karya orang lain.

Song Of The Sea (2014)


Bercerita tentang Conor, seorang penjaga mercusuar yang  tinggal di sebuah pulau bersama keluarganya. Kebahagiaanya redup saat Istrinya meninggal saat melahirkan sang putri Saoirse. Hari-hari Conor ditemani anak sulungnya yaitu Ben, Saoirse dan anjing bernama Cu.

Enam tahun kemudian, Conor sakit, Saoirse bisu, dan Ben menyalahkan sang adik atas kematian Ibunya. Kemudian sang Nenek dari kota, mengajak Ben dan Saoirse pindah ke kota, tapi mereka tidak betah dan ingin kembali tinggal di pulau bersama sang Ayah. Berhasilkah petualangan mereka?

Review: Film karya Tim Burton emang unik dan agak spooky ya, film ini wajib banget ditonton sama Watercolour Artist soalnya film animasi ini keren banget, seperti cat air bergerak.

🎼Whiplash (2014)


Andrew Neiman adalah Mahasiswa jazz tahun pertama di Shaffer Conservatory, kampus bergengsi di New York. Dia telah bermain drum sejak usia muda dan bercita-cita untuk menjadi seperti Buddy Rich. Konduktor terkenal, Terence Fletcher menemukan Andrew berlatih di ruang musik suatu malam dan akhirnya mengundang dia ke studio band-nya sebagai Drummer alternatif.

Saat mengajar, Fletcher sangat keras dan kasar terhadap murid-muridnya, dia suka mengejek dan menghina mereka bahkan Fletcher bisa melemparkan simbal dan kursi, menampar murid di depan kelas.

Pada saat ada kompetisi jazz, Andrew berlatih sampai tangannya berdarah dan hubungannya dengan pacar barunya Nicole, akhirnya bubar. Dalam perjalanan ke kompetisi, bus Andrew mogok dan ketinggalan stik drum nya. 

Setelah menggunakan mobil sewaan, Andrew mengalami kecelakaan dan harus merangkak dari reruntuhan, berjalan kembali ke teater dan tiba di atas panggung berdarah dan terluka. Ketika ia berjuang untuk bermain drum sambil terluka, Fletcher malah menghentikan dan memberitahu Andrew bahwa dia telah "selesai". Andrew marah dan menyerang Fletcher di depan penonton.

Ternyata Fletcher terlibat kasus hukum yang membuat ia harus dipecat dari kamus dab beberapa bulan kemudian, Andrew telah menemukan Fletcher tampil di sebuah klub jazz. Setelah pertunjukan, Fletcher mengundang Andrew untuk minum, kali ini Fletcher tampak lebih ramah dari sebelumnya. Fletcher menjelaskan bahwa sikapnya itu untuk melatih murid-muridnya agar mereka bisa meraih sukses dan menjadi seperti Louis Armstrong atau Charlie Parker. Apakah Andrew dan Fletcher akan berdamai? Apakah Andrew berhasil merajut cintanya kembali dengan Nicole?

Review:
Miles Teller sebagai Andrew merupakan Drummer yang cute tapi bisa berdarah-darah saat mengejar passionnya. Ini adalah tontonan wajib bagi calon drummer kelas dunia.

💃La La Land (2016)


Mengisahkan Mia, yang sering gagal dalam casting film dan Sebastian yang idealis dalam bermain Piano jazz, suatu hari mereka bertemu, berkencan dan meraih mimpi bersama. 

Review: Ini adalah film Musikal romantis yang dihias lagu dan tarian yang menakjubkan, selengkapnya bisa dibaca disini ya.

Poster film dari Wikipedia.

Sebenarnya ada film lainnya seperti Violin Devils dan Film musikal khas Disney, film pendek di Youtube juga banyak banget dan kami sekarang sedang menunggu film Van Gogh. Gimana teman-teman any suggest? Tolong rekomendasikan di kolom komentar ya, terima kasih.

Mungkin kalian juga mau baca:

Comments

  1. So much love for Begin Again & La La Land! Terutama soundtracknya <3 <3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Easy listening ya Kak, sekalipun pendengar bukan pecinta Jazz^^

      Delete
  2. La La Land malah belum nonton. Anak2ku berjiwa seni semua, satunya piano, satunya gitar & dua2nya suka lukis. Tapi mereka sukanya nonton film fairytales & action :(( Salam kenal ya, sepertinya aku baru sekali bw kesini :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah senangnya sudah tahu kesukaan anak-anak, salam kenal juga ya^^

      Delete
  3. wah the sound of music aku suka sekali

    ReplyDelete
  4. Aku baru nonton Begin Again sama Whiplash haha dan dua-duanya favorit walaupun yang satu lovely, satunya lagi lebih intense
    Big Eyes kayaknya kudu nonton nih, secara ada Christoph Waltz hihi tengkyu buat rekomendasinya ya mak :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Big Eyes wajib nonton lalu coba melukis kaya Mbak Margaret^^

      Delete
  5. wahh makasih ya jd penasaran sama big eye hihii btw ada lg kah film tentang senirupa semacam itu??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Met nonton Mbak, paling saya lagi nunggu Van gogh, nanti saya update kalo ada film tentang perupa ya^^

      Delete
  6. Wah the sound of music aku blm pernah nonton mbak.. Nanti aku coba nonton deh.. Thx for share y sist 😊

    ReplyDelete
  7. sebagian besar di bidang musik ya?
    baru nonton song of the sea sama whiplash doang saya mbak
    penasaran sama yang "big eyes" hehe, coba nanti download ahh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mas soalnya yang gak suka musik juga pasti suka deh film-film diatas^^

      Delete
  8. Aku suka banget nonton tapi semenjak punya dua bayi nonton dirumah saja sm suami hehehe.... nice info

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak, yang penting quality time ya^^

      Delete
  9. Masih juara The Sound of Music sih, berapa kalipun nonton ga akan bosen. Sama 1 lagi Petualangan Sherina!!!! Sampe skrg kalo disuruh reenact juga masih bisa haha

    -M.
    http://inklocita.blogspot.co.id/2017/04/7-kota-dalam-9-hari-di-jepang.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya kalo film Indo nya Petualangan Sherina^^

      Delete
  10. Yang baru aku tonton cuman song of the sea aja mba hahaha yang lainnya angguk2 baru tau, penasaran sama Big Eyes mba mau coba cari ah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Big Eyes bagus banget tuh^^

      Delete
  11. Ah Begin Again memang seru, apalagi pake lagunya Adam Levine :)

    ReplyDelete
  12. Baiklah, akan dicatat mbak, dan segera akan dicari filmnya. Kayaknya menarik semua. Terima kasih infonya mbak.

    ReplyDelete
  13. omg!! aku suka dan agree sama kesemua yang ada di list ini :D

    ReplyDelete
  14. Jadi penasaran sama big eyes 😊

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts

[Review] Vaseline Repairing Jelly Original

[Review] Sampo Natur: Aloe Vera Extract

[Review] Kosmetik Inez

[Review] Herborist Zaitun Shampoo

Pengalaman USG di Cimahi

[Review] Mineral Botanica Face Brightening Night Cream

Wisata unik dan mendidik : Wisata Seni ke Bale Seni Barli

Hadiah Untuk Ibu Menyusui

[Review] Sisir Pelurus Rambut

[Review] Citra Spotless White Glow Facial Foam