Skip to main content

Mengenal Lebih Dekat Seorang Bassis Nusantara

Sandraartsense.com- Selamat Hari Musik Nasional, ini adalah pertama kalinya saya mengupas profil seseorang yang inpiratif. Beliau adalah Ringga Hardika, seorang Pemain Bass asal Bandung yang saat ini masih aktif mengajar, berkarya dan sedang merintis bisnis.


Awal ketertarikan Ringga Hardika terhadap musik adalah saat beliau berusia 5 tahun, karena di rumah ada piano, Ringga kecil jadi tertarik bermain piano ditemani sang Ayah.

Beranjak remaja ketertarikan terhadap musik semakin tinggi, di usia yang ke 11 tahun Ringga mulai mencoba belajar Gitar dan pertama kali bermain Bass saat usia 12 tahun. Bass adalah alat musik yang dipilih sebagai spesialisasinya sebagai Musisi. Ringga berlatih Bass setiap hari 1 sampai 5 jam secara otodidak. 

Ringga mengidolakan Bassis Mr. Big (Billy Sheehan) dan mulai mengidolakan John Patitucci saat SMA. Jika suatu hari diberi kesempatan jam session/ recording/performing, beliau ingin berkolaborasi bersama Pianis berbakat Joey Alexander, karena musikalitasnya yang tulus. 

Selain meraih predikat Bassist terbaik di berbagai festival band, Ringga juga pernah belajar pada musisi senior dalam dan luar negeri juga musisi etnik/ tradisional.

Album pertama Ringga Hardika sebagai Bassis yaitu pada tahun 2006 dan sekarang sudah menelurkan 8 album, album terbaru berjudul Dance & Spirit yang didominasi oleh musik Spanish Jazz dan sentuhan etnik seperti Angklung, Tabla dan Tari Kecak. Ringga aktif mengeluarkan album setiap 6 bulan sampai 2 tahun sekali. Sekarang Ringga juga sedang proses menuju album selanjutnya. Karya-karya Ringga sering terinspirasi dari keadaan sekitar, sosial, politik, bahkan saat beliau traveling.

Harapannya sebagai Nusantara Bassist, beliau ingin semua Musisi dapat meningkatkan kualitas musiknya dan pihak Sponsor mau mendukung setiap Musisi berkelas untuk meningkatkan kualitas musik Masyarakat Indonesia. Karena selera musik saat ini miskin harmonisasi, asal enak didengar dan looping demi popularitas semata.

Betul juga ya, coba Anda bandingkan dengan musik jaman dahulu yang lebih abadi, berbeda dengan musik sekarang, mudah ingat dan sangat mudah begitu saja dilupakan.

Untuk kerjasama dan pembelian album karya Ringga Hardika, Anda bisa menghubungi:
Kontak ringgahardika.webs.com dan email ringgahardika@gmail.com

Sekian ulasan profil inspiratif kali ini, salam berkarya!

Mungkin Anda berkenan membaca:

Comments

  1. Wuah uda mulai tertarik dunia musik dari umur 5 tahun? Hebat.
    Di usia segitu, saya taunya main petak umpet doang ahahaha
    Inspiratif, mak ulasannya ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahah sama, saya juga lagi belajar musik sama beliau^^ makasih Makdes

      Delete
  2. Wah mantap juga ya mbak.. Saya pengen dong belajar bassis sama mas ringganya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh Mba, ditunggu di Bandung ya^^

      Delete

Post a Comment