Skip to main content

Jjs ke Teras Cihampelas dan Hutan Kota Babakan Siliwangi Bandung

Dear travelers, Bandung selalu ramai pengunjung, apalagi kalau bukan untuk mengunjungi tempat wisata dan kulinernya yang enak-enak. Tapi sebagai Mojang Bandung asli, saya kadang enggak bisa menikmati Bandung seperti dulu lagi, Bandung sekarang agak panas, macet dan mulai konsumtif, dikit-dikit bayar. Maka dari itu saat Suami cuti di hari Senin rasanya seperti hari Minggu, senang sekali. Dulu malu banget kalo hari kerja ngemall atau jalan-jalan, ketauan Mahasiswa atau Pengangguran, tapi kalau sekarang jalan-jalan di hari kerja apalagi di tanggal tua berasa pengusaha yang tidur aja dapet duit hehe.


Jadi kemarin kami ngajak jalan-jalan santai baby ke tempat wisata yang lagi hits di kota sendiri, tadinya mau ke Gasibu tapi keburu panas, langsung ke Ciwalk saja untuk menyusuri Teras Cihampelas Skywalk, ini adalah skywalk pertama di Indonesia, makanya saat dibuka heboh banget semua stasiun TV.

❤Dekat pusat kota dan pusat belanja
❤Sarana tempat wisata keluarga yang gratis
❤Cocok buat pecinta selfie
❤Cocok buat kulineran dan beli oleh-oleh
❤Mencoba suasana baru, jalan-jalan diatas jalan
❤Lumayan teduh, fasilitas wc bersih, tersedia Mushola, jalan khusus Teman-teman Difabel, ada lift nya juga.


Meskipun tanaman bunga nya masih standar tapi kami yakin kalau pengunjung mau menjaga kebersihan pasti tempat ini akan tetap indah. Saran kami kalau mau ke Cihampelas Skywalk datengnya pagi-pagi di hari kerja, biar enggak macet.


Setelah dari Teras Cihampelas, kami menuju Hutan Kota Babakan Siliwangi masuk parkir di seberang lukisan dinding panjang di Babakan Siliwangi itu loh, terakhir kesini saat awal Kang Emil jadi Walikota, ada sewa sepeda, nah kami sepedahan kesini sekitar 3 tahun yang lalu kali ya. Waktu itu skywalk nya hanya sebelah Halte Babakan Siliwangi (Baksil) sekarang terdapat skywalk diatas hutan yang lebih panjang.


Kami menuju jembatan mirip Skywalk yang lama terlebih dahulu, seperti biasa banyak anak sekolahan yang sedang berfoto, yang bikin kaget adalah ada Pelajar SMP sedang merokok bersama teman-temannya, apakah mereka bolos atau sudah pulang UTS? Yang jelas, tindakan mereka merokok di Hutan Kota sangat berbahaya, bagaiaman jika terjadi kebakaran? Kami prihatin sama mental Pelajar zaman sekarang, bekal dan pacaran masih minta Mama tapi kelakuannya sama sekali enggak terpelajar. 

Keprihatinan yang kedua adalah beberapa tangga kayu bolong, boro-boro mau foto, lihat ke bawah saja serem banget, gimana kalau diri kita, barang seperti dompet dan hp jatuh ke bawah, di bawahnya selain hutan juga ada aliran sungai lho. Harus hati-hati kalau bawa anak kecil kesini.

Selain tangga kayu yang hilang entah kemana, ada oknum yang sengaja menggergaji besi tempat tangan berpengangan jika akan naik atau turun tangga. Memang tidak ada lampu disini karena pasti akan gelap banget, kalau ada kebayang kan orang-orang bisa jatuh kebawah. Apa oknum jahat itu enggak takut ya sama balasannya, konon daerah Taman Sari dan Babakan Siliwangi adalah salah satu tempat paling angker di Bandung. Perusakan fasilitas umum memang sudah sering terjadi di negara kita, hal seperti ini pernah kami lihat beberapa tahun lalu di kawasan wisata alam bersejarah, Curug Dago. Jadi, sehebat apapun Walikota nya, kalau Warga nya masih jahil dan gemar vandalisme, jangan harap Bandung dapat anugrah kota terindah.


Bosan melihat Pelajar banyak gaya, kami turun kembali ke spot skywalk yang baru, disini jembatannya lebih panjang mengikuti arah pertumbuhan pohon, jadi kita yang mengalah, bukan menebang pohon untuk rencana manusia. Menikmati udara segar disini lebih menyenangkan dari spot pertama, kami harap jembatan-jembatan di hutan kota ini bisa terus terawat dan terhindar dari tangan-tangan jahil yang tidak bertanggung jawab.

❤Dekat pusat kota, dulunl tiap hari lewat sini kalau ke kampus
❤Sarana refreshing warga yang gratis dan sejuk
❤Cocok bagi pecinta alam dan fotografi
❤Cocok untuk jalan-jalan santai dan Yoga disini kali ya
❤Karena dekat Sabuga jadi ada tempat makan murmernya juga.

Sayangnya tak jauh dari hutan kota ada penampakan hutan beton, disini juga ada galeri seni tapi seandainya galeri seni lebih terawat dan cafe nya bebas asap rokok, pasti asik menikmati kuliner di tengah hutan dengan suara alami aliran sungai. Oh ya jika mau kesini bawa anak jangan lupa oleskan obat nyamuk dulu ya karena nyamuknya suka gigit.


Kedua tempat tersebut tidak dipungut biaya ya, bawa payung dan alas kaki yang nyaman kalo kesana, jangan lupa sadar kebersihan, hmmm ternyata jalan-jalan segini lumayan juga bikin Bumil keringetan hehe, sekian ya jalan-jalan Mami, Papi dan Baby. Insya Allah nanti kami ingin berkunjung ke tempat seru lainnya. Salam!

Mungkin Travelers mau baca juga:

Comments

  1. Sering sekali lewat sini, tapi belum sempat-sempat mampir ke sini.
    Kalau saya sih sudah biasa jalan-jalan pas hari kerja. Cuek aja mau dibilang pengangguran. Lah kerjanya kerja sendiri kok. hehehe

    ReplyDelete
  2. duh terlihat menyenangkan ya bisa jalan jalan di hutan kota gitu. Sayangnya di sekitar sini engga ada. moga moga pas maen ke bandung bisa mampir ke sini ah.. :)

    bandarkrupux.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba selain tempat selfie berbayar, di Bandung banyak alternatif liburan gratis kok seperti taman-taman dan hutan kota^^

      Delete
  3. nah ke hutan kota itu sebelah mana ya dari teras cikapundungnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebelum Teras Cikapundung BWWS kalo dari arah Taman Sari atau Dago, sebelah kiri masuk ke area parkir Sabuga seberang lukisan dinding itu loh bu, deket Cikapundung kok

      Delete
  4. Bikin capek tapi gak berasa pas njalani mbak, itu enak banget. Ih pengen kesana deh ajak anak-anak pasti seru. Sehat terus sampai hari H kelahiran ya mbak... salam dr Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih banyak Mbak doanya, iya nanti kalo ke Bandung main kesini ya^^

      Delete
  5. para warga sangat merasakan dengan adanya Cihampelas Skywalk ya...itu teh saya jadi salah satu bagian yang membangunnyaloch (rada pamer sedikit ih... abisnya warga Bandung nggak ada yang bilang terimakasih sih kesayah...*eeh)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah sae kang, hatur nuhun ya

      Delete
  6. memang bandung saat ini sedang berbenah dan dalam proses pembangunan tata kota yang lebih baik, semoga kemacetannya juga di atasi oleh pemda dan masyarakat bandung.
    setiap bulan selalu main ke bandung karena cukup dekat dan banyak akses klo dr Jakarta.

    ReplyDelete
  7. Kayaknya tempatnya asyik ya mba dan instagrammable banget hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak yang hobi foto bisa main sambil ngadem disini^^

      Delete
  8. Seger dan adem gitu mba Hutan kotanya. Di daerah saya juga ada sedikit hutan kota. Banyak nyamuknya. Digigit sampai bentol2 besar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak harus pake lotion anti nyamuk dulu^^

      Delete
  9. wah jadi pengen niii kalau ke bandung.. thanks reviewnya ya mbak sandra hamidah :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts

[Review] Vaseline Repairing Jelly Original

[Review] Sampo Natur: Aloe Vera Extract

[Review] Kosmetik Inez

[Review] Herborist Zaitun Shampoo

Pengalaman USG di Cimahi

[Review] Mineral Botanica Face Brightening Night Cream

Wisata unik dan mendidik : Wisata Seni ke Bale Seni Barli

Hadiah Untuk Ibu Menyusui

[Review] Sisir Pelurus Rambut

[Review] Marina Body Scrub, Bright and Fresh