Skip to main content

Belajar Hand Lettering mudah dan murah ala Sandra Artsense

Dear Art Lovers, saat ini perkembangan Seni semakin maju dan menarik, kreatifitas para Seniman tiada hentinya meniru karya Tuhan yang luar biasa dan tanpa batas. Sekarang lagi ngetrend banget nih hand lettering sampai ada workshop dan komunitas nya segala.

Kalian ada yang pernah denger atau sedang asik ber hand lettering ria? Kali ini saya akan bahas tentang Hand Lettering sebagai aksi nyata dari tulisan sebelumnya yaitu Berilmu, beramal dan berkarya ^^ btw saya masih pemula banget sih, tapi udah gak sabar berbagi ilmu (((panggilan profesi Guru))),  semoga dengan ilmu yang masih sedikit ini, akan mempertemukan saya dengan ilmu yang lebih luas, berkualitas dan tentunya jadi amal kebaikan aamiin. 

Pixabay.com

Definisi
Hand lettering adalah seni menggambar huruf dan kata yang dibuat seindah dan semenarik mungkin. Seni menulis indah ini saling berhubungan dengan istilah seni yang lain yaitu kaligrafi dan tipografi (wikipedia).

Manfaat
Berdasarkan pengalaman saya pribadi, belajar hand lettering itu seperti mengingatkan latihan nulis tegak bersambung waktu SD di buku kotak-kotak itu loh, tapi sekarang "menulis sambung" doang jadi karya seni yang punya nilai uang. 

Hand lettering mengajarkan saya kesabaran untuk terus belajar sampai menemukan style favorit. Karena saya tuh rada bosenan, jadi kalo diem duh ngapain ya, melukis kayaknya waktunya kurang apalagi saya lagi hamil gini jadi melukis harus cepat dan enggak boleh berlebihan, yaudah deh hand lettering aja, waktu lebih singkat yang penting saya dan baby hepi bisa kreatif berkarya bersama hehe.


Alat dan bahan
Mungkin pecinta hand lettering yang pro udah punya alat dan bahan yang Wah seperti sketchbook khusus, pena khusus dan tinta khusus yang harga per itemnya dibandrol Rp 200.000an , tapi intinya sih buat pemula yang baru belajar, bukan tools nya tapi semangat dan tangannya hehe.

Melihat studio lukis di kantor, para master tuh enggak bawa kotak makeup eh maksudnya kotak alat lukis komplit ala Seniman itu loh, para master pakai cat seadanya tapi hasilnya luar biasa, kalo udah jadi lukisannya, harganya ratusan juta men!! 

Apalagi berdasarkan pengalaman pribadi, alat dan bahan yang mahal bagi pemula belum tentu berhasil *tunjuk diri sendiri*.

Saya memakai peralatan sederhana yang ada di rumah, adapun alat dan bahan sebagai berikut:
  1. kertas biasa/bekas, bisa juga sketchbook tebal/sketchbook khusus cat air
  2. Pensil mekanik dan penghapus merek Sakura
  3. Sakura Brush hitam dibawah Rp 20.000
  4. Sakura Pen atau merek Artline dan Snowman Marker juga bisa untuk outline harga sekitar Rp 6000- Rp 15.000
  5. Spidol Snowman hitam Rp 1.500
  6. Connector Pen Faber Castell warna-warni yang udah 3 tahun gak abis-abis
  7. Sakura Gelly Roll warna putih, silver dan gold Rp 13.000
  8. Snowman Marker warna putih 2 ukuran Rp 15.000 an
  9. Cat air merek apa aja, saya punya nya Reeves tube Rp 70.000 dan Koi Sakura Rp 200.000 an
  10. Boleh pake penggaris biar rapi tapi anak Seni Rupa nya sendiri bilang penggaris dan penghapus adalah haram saat belajar seni, saya sih jarang pake penggaris, langsung aja.
  11. Drawing Pen khusus Kaligrafi merek Snowman Rp 8.000
  12. Snowman Gold Marker Rp 13.500


Meskipun alat dan bahannya murah meriah dan mudah di dapat di Toko alat lukis, jangan pernah sekali-kali minta karya gratisan, apalagi sama yang udah Profesional.

Lukisin cafe pake mural hand lettering pengen gratisan? please deh orang Indonesia jangan berjiwa receh atau berjiwa fakir ya, hargai kerja keras orang lain, hargai seni, jangan sampai selfie di mobil cicilan, nongkrong di cafe Instagramable, traveling mewah tapi karya Seni pengen gratis! Boleh gratis sih tapi suruh beli Copic dulu selemari hihi.

Tutorial
Saya biasanya lihat tutorial di Youtube, Instagram dan Pinterest, awalnya niru dulu nanti lama-lama ketemu chemistry style favorit kamu. Nah kalo style favorit saya yang seperti ini, gemuk-gemuk lucuk! (((Tapi badan teteup seksi dan glowing yes)))



Cara 1, jadi kita nulis dulu pake pensil mekanik, bagian huruf yang tegak lebih tebal saat diwarnai dan bagian penyambung lebih tipis. 




Cara 2, Kamu juga bisa coba mix dengan cat air, bisa melukis bunga-bunga dulu, tunggu sampai kering baru menebalkan tulisan dengan spidol. 


Cara 3, coba langsung dengan brush cat airnya, nah yang ketiga saya masih belajar hihi, diperlukan kesabaran dan kertas khusus Waco yang bagus, ini saya gak niat bikinnya karena pakai kertas seadanya hehe, jangan ditiru ya. 



Nah ini cara paling hematnya, agenda yang terbuat dari LJK bekas, spidol Snowman hitam Rp 1500 an, meskipun kekurangan spidol murah itu kalo basah atau kena air ya udah bhay, berbeda dengan merek Koi dan Faber yang marker nya ada anti air, mungkin nanti saya akan coba Spidol Snowman yang harga dan kualitasnya premium. 


No excuse just try it!
Hasil karya

Awal-awal belajar hand lettering itu masih warna warni, asik kan kalo traveling bawa hasil karya? Gak cuma selfie doang hihi





Hand lettering sekarang, udah nemu style sendiri, tanpa harus meniru lagi. Untuk karya terbaru, free for follow my instagram @art_sense


Semoga membantu ya! maafkan bila masih banyak kekurangan. Saya tunggu kalian para master hand lettering untuk berbagi tips di kolom komentar! Mari menyebarkan kebaikan lewat tulisan dan karya^^

Update! ✒📝✏Tulisan saya tentang Hand Lettering sudah dibaca lebih dari 500x di blog sandraartsense.com 😂 sekarang tulisan tersebut sudah dimuat di Majalah Kalawarta edisi Maret 2017 📖.

Kita mungkin enggak bisa membantu semua orang di seluruh dunia, tapi kita bisa membantu orang yang membutuhkan lewat tulisan, karena menulis adalah berkarya untuk keabadian.

Belum bisa sedekah harta ya sedekah ilmu saja, sama-sama memanjangkan umur amal kebaikan 😍🎨

#SharingIsCaring
Berbagi karya itu menjemput rezeki tak terduga!




Comments

  1. Sist, pengen bisa bikin ginian. Ajarin neneng atuhlah pelis :")

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduh sist itu caranya sudah terpampang nyata heheu selamat mencoba^^

      Delete
  2. Beuh keren bingitz kerjaaan temen sayah wkwkkw.. Kalau les bisa ya mbak ?? Semoga saya ketularan seni ya srperti Anda hehe amin
    Terimakasih tipsnya 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleeh banget Mbak les di saya aja, tinggak ajak ke Coffee shop biar sambil nongkrong cantiks gitu

      Delete
  3. AMAZING! mbak aku salut kamu bisa nulis beginian..aku nggak bisa..tulis tangan pake pen aja jelek banget :D

    ReplyDelete
  4. Hihi Makasi Mba, ayo dicoba pasti bisa ko!

    ReplyDelete
  5. Masih sebatas mimpi bisa bikin ginian, hayuk ahh belajaaar.. tfs yaaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Dewi semangat berkarya

      Delete
  6. ih keren itu mah, mana aku bisa, mana tulisanku saja jelek apalagi bikin spt itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi saya juga masih belajar Bu^^

      Delete
  7. Pernah pengen menekuni HandLettering, tapi ujung-ujungnya bosen. Mungkin bukan passion, wkwkkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heheh jangan dipaksain Unii^^ mungkin ada passion lain yang lebih expert ya

      Delete
  8. Sumpah keren banget, aku sama sekali gak ada bakat gini-ginian mbak huhuhu

    Salam,
    Rasya

    ReplyDelete
  9. Kalo liat hand lettering pake kapur pas jalan-jalan, cuma bisa "wuah emezing" abis tulisan asli bikin orang "astaghfirullah, des" haha ntar coba ah, siapa tau bisa bikin orang jatuh cinta
    Menarik, mak! Salut ama jiwa seninya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih banyak Mak Des, yuk mulai praktik^^

      Delete
  10. Wah, cakep banget. Dan boleh dicoba nih. Murah. Tapi sayang, buat saya mah gak mudah. Nulis biasa aja kayak ceker ayam gitu. Pasti gak bisa hand lettering. Huhuhuhu... mupeng. :(

    ReplyDelete
  11. Selamat mencoba Teh^^ pasti bisa kok

    ReplyDelete
  12. Salam kenal
    Pengen banget belajar handlettering ini, harus banyak latihan yaa supaya tulisan luwes a.k.a ga kaku 😁. Baru mau beli Alat tempurnya..Mau nanya, kuas lukis yang bisa diisi isi air sama kuas lukis biasa nyaman yang mana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal kembali, kalo meurut saya dua-duanya enak klo kita sudah terbiasa. Kelemahan kuas yg diisi air lama2 tube nya yg seperti mengeras, klo kuas biasa paling brush nya yg rontok. Karena kuas biasa lebih murah saya sarankan beli yang murah aja kalo mau belajar hehe

      Delete
  13. cute letter itu namanya huruf coffeebreak bukan?salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah engga tau nih Mba, awalnya saya niru2 aja.. ga hafal nama-nama font hehe

      Delete
  14. Kece banget mba. Aku nyerah nih kalau mau ikutan hand lettering :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Awalnya saya juga enggak bisa tapi karena sering latihan jadi bisa deh hehe

      Delete

Post a Comment