Skip to main content

10 Tips agar badan langsing tapi rekening gendut!


Hi ladies, Selamat Idul Adha, semoga yang belum kurban tahun depan bisa kurban aamiin. Indahnya berbagi ya...

"Semakin tinggi sekolah bukan berarti semakin menghabiskan makanan orang lain. Harus semakin mengenal batas (Bumi Manusia, h. 138)" — Pramoedya Ananta Toer

Nah kali ini aku nulis bukan buat bakar sate tapi buat bakar lemak hehe, siapa sih yang engga mau punya badan langsing tapi rekening gendut! Mario Teguh aja bilang gitu, yuk belajar rendah hati, masa enggak mau dinasehatin orang sukses hehe

Dulu saya dan suami pernah ke Gramedia, liat buku yang dari judulnya aja iri banget sama yang cantik dan langsing, boro-boro beli minat juga engga hehe lagian suami emang lebih suka kalau aku langsing, sebenernya itu cuma bonus dari pola hidup sehat dan hemat sih hihi

Tak lama kemudian aku liat si penulis buku tersebut di TV, maaf ya tapi aku lebih seneng liat Dian Sastro atau Titi Kamal yang selain cantik, langsing, keliling dunia mulu hihi lagian Psikolog di acara tersebut bilang jika gemuk itu pasti ada sesuatu yang tidak bisa diungkapkan dalam dirinya, entaahlaaah... kadang saya juga dengar kalo temen2 lagi stress malah nafsu makannya bertambah.

Suami kan bisa hipnotis tuh, lalu mensugesti biar langsing hehe beliau cuma bilang gini: "Gemuk itu bukan bakat atau keturunan, tapi kebiasaan". Jleb .

Aku baru inget dulu pas tinggal sama mama, mama makan aku ikut, mama tidur aku ikut, mama ngemil aku ikut, mama gemuk aku ikutan gemuk juga hehe.

Karena langsing itu sudah biasa tapi menjaga badan langsing dan rekening gendut itu baru ruaaar biasssa

Kalau gitu apa saja tips agar badan langsing yang aman:

1. Makan


You are What You Eat, saya punya bukunya. Kalau dalam bahasa Sunda ada sebutan "Beuteung Karet" untuk orang yang makan banyak tapi teteup langsing, nah jika Anda kurang beruntung memiliki nasib seperti itu, kurangilah porsi makan Anda. Awalnya berat sih tapi sejak aku ngurangin makan yang asalnya 2 sendok nasi jadi hanya 1 sendok nasi dan tidak pernah nambah kecuali teramat sangat enak dan langka hehe makan sebelum lapar, sudahi sebelum kenyang.

Oia sejak SMA aku rajin puasa dan mulai makan dengan 3 jari tangan yang asalnya pakai 5 jari tangan hehe sunnah katanya :p mulai tahun 2012 mencampur nasi putih dan nasi merah, kebayang dong Nadine Chandrawinata 20 tahun lebih gak makan nasi, tetep langsing dan cantik kan? Sekarang juga pagi2 bikin lemon madu yang dicampur air hangat, sarapan buah baru nasi/kentang/oat/pasta. Perbanyak sayur, buah, kacang-kacangan daripada daging.

2. Banyak gerak dan Olahraga

Mama aku malas diajak olahraga, capek ngurusin rumah juga hehe iya sih kerasa sekarang, belum punya baby juga kerjaan rumah tangga mah selalu ada hehe, selain berpahala juga bantu bakar kalori lho. Sejak SMA kelas 3 saya rajin ikutan senam seminggu sekali dari mulai yang gratisan sampe sekarang berbayar. Kata Dokter di Santosa Hospital yang ngisi talkshow KLCBS, mumpung masih muda harus banyak gerak, jangan sampai semuanya pakai pembantu nanti pembantunya yang sehat hehe jadi jangan bangga ya yang dari kecil dimanjain. Kalau kata Orang Sunda mah tong janten awewe bete kapoe hehe

Alhamdulillah sekarang punya tetangga, bisa nyalon, zumba dan kokoreaan itu hiburan ibu rumah tangga haha Olahraga engga harus mahal kan Mommies? kalo udah niat mah temen, baju, sepatu bakal ngikutin hehe masih berani bilang yang langsing itu hidupnya susah? Uang senam bertahun tahun kemanain?

3. Minum air putih
Aku tuh kayak Onta kalo minum banyak banget, beser sih emang tapi aku emang gak terlalu suka soda atau sirup. Terapi air banyak banget yang udah ngerasain, kalau aku sih minum pas bangun tidur, sebelum makan, sesudah makan, sebelum mandi dan sebelum tidur.

4. Tidur cukup
Aku mah lagi skripsi juga engga pernah begadang, pelor banget hehe

5. Belajar

Belajar depan komputer saat workshop Animasi terutama, bawaanya laper terus tapi otak emang lebih banyak menguras energi dibanding aktifitas fisik.

Baca juga: Tempat belajar seni di Cimahi & Bandung Barat

Selanjutnya gimana sih biar rekening gendut?

1. Nabung

Hemat pangkal kaya emang benar adanya, nabung bukan pilihan tapi kewajiban untuk masa depan. Sebelum belanja, transferkan nafkah dari suami ke rekening istri biar praktis. Jangan ragu buka deposito syariah, investasi emas dan next saham syariah. Berkat menabung, kami tidak pernah merasakan perihnya tanggal tua, setiap hari adalah tanggal muda karena pas tanggal muda kami enggak foya-foya.

Semua orang pasti pernah merasakan titik terendah dalam hidup, namanya life quarter crisis biasanya sebelum usia 25 tahun. Suami suka nyindir karena dulu sebelum nikah tabunganku cuma 300 ribu setelah 2 tahun kerja full time, padahal boro-boro ngehedon shay, sekarang rekening aku lebih gendut dari rekening Suami padahal aku cuma kerja part time hahaha.


2. Masak

Biar suami gak jajan mulu, betah di rumah ya Istri harus belajar masak dong! Udah dewasa jangan repotin ortu dan mertua mulu, uang 200k buat sekali makan di luar, tapi kalau masak bisa buat makan seminggu berdua! See, makan untuk hidup tapi hidup bukan untuk makan saja. Kecuali ngafe dapet sponsor dan kalau ada dana tapi sibuk, pesan katering sehat aja.

3. Hidup sederhana
Sumber: Pinterest

Bener kata Bidan Okke Evriana, saya pernah ngalamin saat awal kerja. Ngekos beli lauk 1 buat makan siang dan malam. Disimpen dulu gayanya, disimpen dulu gengsinya, beli sesuatu kalau emang butuh banget. Beli baju yang murah juga kalau badan bagus mah pake apa aja akan terlihat mahal yes.

4. Hindari hutang dan riba
Sumber: www.rumahsyariah.com

Pahit memang, tapi aku harus memberitahukan akibat hutang dan riba yang bahkan bisa memutuskan tali silaturahmi dengan orang terdekat. 

Wahh tadi nonton Warkop DKI nyindir hutang mulu tuh....

Udah nikah masi tinggal sama Mertua? Why not? Kecuali kalo rumahnya enggak memungkinkan ya ngontrak aja, tapi kalo tinggal di rumah mertua dapur beda, listrik misah dan punya ruangan pribadi kenapa engga? Kadang amal-amalan juga sih, kalo menantu nya pikaseubeuleun (((???))) ya tinggal sama siapapun bakal kayak neraka tapi kalau kita mau belajar bijak, dewasa dan bijaksana insya Allah belajar menjaga hubungan baik dengan mertua. Tenang, jangan takut gak kebagian rumah di dunia ini, dipinggir jalan banyak rumah dijual, yang penting duitnya ada dulu kan ya? Hahhaha daripada maksain nyicil sampe kikir atau pinjem ke ortu sendiri dan males bayar. Racun nya sih "kalau gak nyicil ya gak punya" seolah menghalalkan hutang, kecuali amat sangat terpaksaaaaaa yah, kalo tempat kerja masi deket rumah yah ikut numpang aja dulu yang penting kan ga ngerepotin.

Alhamdulillah kami nikah tanpa hutang, honeymoon berulang-ulang, suami dulu udah usaha resign dan nyari kontrakan deket kantorku ehhh malah diterima deket rumah suami lagi. Yasudah aku yang ngalah. Kami juga yakin kalau nikah diawali tanpa hutang, insya Allah beli rumah, mobil, umroh, keliling dunia, bisnis juga tanpa hutang dan riba aamiin. Karena udah jadi kayak trend jaman sekarang nyicil rumah, rumah belum lunas udah nyicil mobil buat gaya tanpa produktifitas itu terlalu mainstream!! HUTANG dan RIBA telah merusak POLA PIKIR (Mindset) kebanyakan orang dalam “Cara” membeli rumah yang benar. Aku juga lebih seneng investasi daripada arisan dan kreditan.

Baca juga: Kenapa harus nikah tanpa hutang

5. Banyak berkarya dan berbagi

Jangan pelit bagi ilmu ya karena sejatinya berbagi tidak akan mengurangi :) Kata Pak Mario Teguh,  semakin banyak berserah pada Tuhan, semakin banyak yang  diserahkan Tuhan untuk kita.

Ada orang di dunia ini yang menanyakan padaku tips langsing, udah dikasih tau tapi dia gak nurut akhirnya gagal dan nyalahin semua wanita seksi, langsing dan cantik itu hidupnya susah sssstttttt udah siap langsing dan kaya? Siap dong!

Comments

  1. Bener lho masak itu bisa hemat banget. Sebulan bisa under 1 jt buat 2 orang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya dong karena kan kita sebagai Istri gak tahu ya kapan lagi banyak rezeki kapan harus prihatin jadi belajar hemat itu penting

      Delete
  2. Nabung nih yang masih belom bisa getol. Ihiks...

    ReplyDelete
  3. Aah bener hidup mah nggak usah kebanyakan gengsi. Karena ngikutin kemauan mah ga akan ada habisnya.. Aku jarang beli baju branded , malah lebih sering ke pasar kaget belinya :))

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. Mau ikut langkahnya ahh... Terima kasih maks :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 makasih udah baca, gudlak mak

      Delete
  6. Bahaha lucu klo menantunya pikasebeleun emang minta diunyeng mertua y mba :)
    btw masak emang bikin hemat mba ^^

    ReplyDelete
  7. Aku dulu susah kurusnya sekarang malah kurus aja, ga sampe peot sih tapi kata dokter itu karena alergi. Belum sepenuhnya disiplin tapi berusaha ngerem pola makan yang dulu asal makan. Sekarang tiap pagi aku usahain minum air lemon peras. Soal rekening, punyaku belum ndut euy, masih sebatas numpang lewat huehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saaamaa teh dulu aku susah kurusnya sekarang udah kurus malah dibilang hidupnya susah hahhaha, awalnya berat banget tapi lama2 enak teh kalo banyak tabungan, asal jangan pada ngutang aja haha

      Delete
  8. syukur ....masak terus sih.. tapi rekening tipis perut gendut..hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga nanti kebalik ya Mak

      Delete
  9. Terima kasih tipsnya mbak. Aku orang tipekal makan apa aja tetap kurus, nggk masalh tu, tapi yang jadi masalah rekeningnya yang nggak pernah gendut. Hehehe. Salam kenal mbak, mampir ke rumah ku ya, www.yellsaints.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga, semangat nabung ya^^

      Delete

Post a Comment

Popular Posts

[Review] Vaseline Repairing Jelly Original

Pengalaman USG di Cimahi

[Review] Sampo Natur: Aloe Vera Extract

[Review] Herborist Zaitun Shampoo

[Review] Mineral Botanica Face Brightening Night Cream

[Review] Citra Spotless White Glow Facial Foam

[Review] Vitamin E

[Review] Marina Body Scrub, Bright and Fresh

[Review] Kosmetik Inez

Wisata unik dan mendidik : Wisata Seni ke Bale Seni Barli