Skip to main content

[Resensi Buku] Show Your Work karya Austin Kleon


Halo Passion people! Buku ini saya beli di Toko Buku Togamas jl. Supratman Bandung, harganya sekitar Rp 40.000, sama seperti buku Steal Like An Artist karya Austin Kleon yang pernah saya review sebelumnya, buku ini masuk koleksi Bestseller di Toko buku tersebut. Berikut review nya...



1. Identitas buku
Judul buku: Show Your Work! 10 Ways To Share Your Creativity and Get Discovered

Pengarang:
Austin Kleon

Penerbit:
Noura Books

Tahun terbit:
Cetakan ke -4 Agustus 2015

Jumlah halaman:
215 halaman

2. Jenis Buku: 
Buku non fiksi, kategori hobi dan motivasi

3. Packaging
Jika Steal Like An Artist di dominasi warna Hitam pada covernya, Show Up Your Work! justru di dominasi warna kuning cerah kontras dengan font berwarna hitam, tapi ukurannya sama, tidak terlalu besar, travel fiendly dengan cover yang enak dilihat.







4. Keunggulan:
>> Berdasarkan organisasi buku, sudah sistematis karena diawali dengan cara kerja baru dalam mempublikasikan skill atau karya kita ke khalayak umum. Jaman sekarang HRD bisa aja "melihat kepribadian" kita dari sosmed dan blog kita kan?

>> Berdasarkan isi buku, buku ini berisi 10 cara "pamer karya" yang baik dan benar. Sudah tahu kan kalau masyarakat Indonesia lebih senang yang galau-galau dan keluhan? Terbukti dengan jumlah likes dan followersnya, lalu apalah gunanya seniman yang mati-matian berkarya nyata? Followersnya Pak Nyoman Nuarta berapa sih? Jauh banget sama Ayu Ting2 bahkan Awkarin, tapi siapa sih yang gak kabita selfie depan GWK Bali? See?! Yang populer belum tentu punya karya dan lebih berduit kok. Hal tersebut sempat bikin saya desprate, hanya fokus pamer karya di Instagram dan tidak akan terlalu sering main sosmed seperti Facebook & Twitter, tapi setelah membaca buku ini, saya malah semangat lagi pamer karya karena hasil karya kita harus dipublikasikan. Buku ini sangat menarik dan enak dibaca karena font nya unik, banyak bold dan quotes yang keren banget! Enggak butuh waktu lama buat namatin buku ini, bisa dibaca kapan aja dan dimana saja.

Bagian terfavorit adalah Bener banget soal: menunjukkan pamer harta, anjing, kucing, bayi, DUCK FACE SELFIE (((yang sama sekali engga seksi))), sunset, lunch dan Cappucino mahal ala cafe itu jangan terlalu sering atau gausah ajalah, CUKUP PAMER KARYA. Jika saya pamer hadiah di sosmed, itu bukan untuk riya dan sombong tapi untuk memotivasi bahwa saya dapet dari hasil berkarya, bukan hasil minta Mama, tapi the real sponsor cint!

>> Berdasarkan bahasa, karena ini buku terjemahan, kayaknya akan lebih asik dan pas dalam Bahasa Inggris tapi harganya hampir dua kali lipat di toko Books & Beyond guys!






5. Kelemahan
Hanya masalah penyesuaian kosa kata saja sih.

6. Nilai Buku
Buku ini adalah salah satu buku favorit saya, karena mendukung saya untuk share dan pamer karya, membuat saya merasa tidak sendirian dan semangat meraih kesuksesan sejati. Saya kasih nilai 4.8/5 awesome!!!

7. Kesimpulan:
Setelah buku Steal like an Artist yang nyuruh terus berkarya, Buku Show Up Your Work! ngajarin saya untuk berduit. Ini adalah alasan kenapa saya harus mempublikasikan karya setiap hari, karena darimana orang bakal tau klo kita suka berkarya jika hanya disimpan sendiri :)

Completely! kedua buku ini ngajarin saya untuk jadi Seniman yang Berkarya & Berduit.


Sekian review dari saya, semoga bermanfaat buat kalian yang hobi baca buku berkualitas! So, show up your works!!! Kasih tau dong judul buku favorit kalian? 



Comments