Skip to main content

Rahasia kecantikan wanita Pasundan

mojang priangan by art_sense
Hallo fellas! Either should be happy or sad, when my drawings and wrintings on claims and traced without permission huuuuuu tapi yasudahlah ambil positifnya, semakin banyak orang suka, semakin bermanfaat, semakin berpahala dan kemaren-kemaren ada yang bilang suka baca blog tanpa komentar, gapapa sih aku juga jarang komenin blog orang tapi seenggaknya tulisan aku masuk ke alam bawah sadar kalian hahahaha

Setelah ngajar dari setengah 7 pagi sampe jam 11 siang, pukul 3 sore beberapa hari lalu aku juga ngajar ekskul ART untuk murid-murid Al Irsyad Satya Islamic School di Kota Baru Parahyangan. Sebelumnya aku transit dulu ke rumah lalu jam 1 janjian sama suami untuk lunch bareng. Aku sengaja menghapus make up ku dan hanya pake pelembab plus Lip ice, tanpa lipstick merah favoritku. Pertemuan pertama bersama anak-anak ini, aku memulai kelas dengan memperkenalkan diri dan berkenalan dengan mereka, kemudian tau nggak mereka nanya apa?

“Miss udah nikah belum?” bukan atau “Miss udah punya anak?” bukan juga. Tapi mereka nanya gini:

Murid: “Miss, orang Sunda ya?”
Aku: “iya, kok tahu?” (ya taulah. Logat gue emag sundanis abis)
Murid: “pantesan cantik
Aku: (tersipu malu) “emang orang Sunda cantik-cantik?”
Murid: “enggak, aku jelek”
GUBRAKKKK!!

Oke no offense ya, kali ini aku enggak akan ngebahas make up cantik natural, atau menulis suatu hal yang berbau rasis. Enggak sama sekali, aku cuma ingin menulis fenomena yang sering mewarnai kehidupanku sehari-hari sambil nunggu suami beres latihan musik. Cheersss!!!

Laudya Cynthia Bella, Donita, Tika Tiwi T2, Sherina Munaf, Isyana Sarasvati, Rianty Cartwright, sampe Tamara Blezinsky merupakan artis-artis asal kota kembang yang sering menghiasi Televisi nasional tanah air. Sering nggak sih kalian mendengar: “cewek-cewek Bandung cantik-cantik” atau “Orang Sunda cantik-cantik” kalo aku sih berpendapat setuju, bukan karena aku USA (Urang Sunda Asli) yang lahir dan besar di Bandung tapi juga mendengar pendapat orang sejak bertahun-tahun. Tapi emang gampang dan murah banget sih kalo mau lihat cewek geulis di Bandung, tinggal naik angkot atau bus kota, pasti kalian bisa menemukannya. Pernah lah dulu waktu pulang kerja seangkot sama teteh-teteh cantik nya luar biasa, ampe pengin naya perawatannya pake apa hahahha seneng aja gitu kalo lihat cewek cantik dan sopan, ya daripada iri tanda tak mampu. Sebenernya apa sih rahasia kecantika wanita pasundan? So, check this out!

Sejarah:

sumber: internet
Kecantikan wanita Pasundan emang sudah terkenal sejak dahulu kala, dimana Putri Dyah Pitaloka  Citraresmi dari Kerajaan Sunda berhasil memikat hati Prabu Hayam Wuruk dari kerajaan Majapahit (Jawa). Tapi sayang sekali, di hari pernikahan yang seharusnya bahagia justru berakhir dengan Perang Bubat yang membuat Kerajaan Sunda tak berbekas, bahkan situs kerajaan utama nya pun entah berada dimana.

Genetika:
Tos geulis ti ditu na” atau “Udah cantik dari sono nya” Kecantikan seseorang emang udah Tuhan anugerahkan berdasarkan kerturunan leluhurnya, misalnya anaknya cantik ya karena ibunya cantik, darimana sih kecantikan itu berasal? Hati. Suka merhatiin nggak sih mimik seseorang ketika berbicara, bentuk alis, bentuk mata, bentuk hidung, bentuk bibir, gambaran wajahnya saat berekspresi menunjukan sikap atau kebiasaanya sehari-hari. Misalnya, Bagaimana matanya menghalalkan segala cara untuk mendapatkan yang ia sukai, bagaimana kebiasaannya saat berbicara tercermin jelas memengaruhi bentuk bibirnya.

Letak Geografis:
dok.pribadi
Tanah parahyangan terutama Kota Bandung berada di dataran tinggi dan letaknya dikelilingi oleh pegunungan, sehingga membuat Kota Bandung sejuk (walau enggak se sejuk dulu sih) karena masih banyak wilayah hijau yang membuat udara Bandung bagus untuk kesehatan.

Air:

Aku jadi teringat pada Almarhum kakek, dulu beliau bilang kalo air di Bandung berbeda, bisa membuat wajah bersih dan cerah. Emang sih karena udah terbiasa tinggal di Bandung jadi saat ke luar kota yang cuacaya panas, bikin wajah aku mudah kena biang keringat dan beruntusan. Tapi pas balik lagi ke Bandung udah bagus lagi mukanya.

Makanan:
dok.pribadi
Salah banget deh kalo cewek Bandung dibilang matre, soalnya nenek moyangnya aja cuma makan Karedok, Lotek dan lalapan sayuran mentah yang hampir selalu ada dalam menu harian mereka. Bahasa kerennya Orang Sunda doyang banget makan salad dan raw food. Selama mencuci sayuran secara bersih, kita akan mendapat hasil yang lebih optimal karena vitamin dan enzim yang diperlukan tidak hilang saat proses memasak. Hmm I love lotek and karedok.

Ramah:
mantan perawan alias udah pada nikah karena mojang priangan murah senyum sih ke yang enggak kenal aja suka senyum apalagi ke suami

Orang Sunda memang terkenal ramah atau someah, itu sebabnya wanita Sunda sering dibilang Istri yang baik karena nurut sama suami. Dengan keramahtamahan tersebut otomatis akan membuat wanita semakin cantik dan awet muda.

Nah saat ini Bandung semakin cantik namun mengundang pendatang besar-besaran, setiap tahun pasti saja ada ribuan Mahasiswa yang kuliah di Bandung dan malas kembali ke kampung halamannya karena udah keenakan tinggal di Bandung. Padahal desa nya membutuhkan mereka juga, tapi ya namanya juga godaan duniawi, di Bandung itu keren karena banyak tempat wisata, makanannya enak, mall nya asik-asik buat nongkrong dan cewek-ceweknya bening-bening. Semoga aja para pendatang juga bener-bener cinta sama Bandung dengan tidak buang sampah sembarangan, tidak merusak fasilitas umum dan tidak mempermainkan perasaan wanita Pasundan yang baik hati.

https://pbs.twimg.com/media/CFLO05CVEAA5Kiy.jpg 


MAU LES MUSIK? BACA INI 

Comments

Popular Posts

[Review] Vaseline Repairing Jelly Original

[Review] Sampo Natur: Aloe Vera Extract

[Review] Kosmetik Inez

[Review] Herborist Zaitun Shampoo

Pengalaman USG di Cimahi

[Review] Mineral Botanica Face Brightening Night Cream

Wisata unik dan mendidik : Wisata Seni ke Bale Seni Barli

Hadiah Untuk Ibu Menyusui

[Review] Sisir Pelurus Rambut

[Review] Citra Spotless White Glow Facial Foam