Skip to main content

Cara memasak Nasi Merah yang enak di Rice cooker

Pinky rice!
Hari gini masih selfie sama masakan buatan orang? Sejak kapan kamu jadi marketing gratisan hehe sah-sah aja sih kamu mau makan enak dan mahal di mana aja, toh itu kan uang-uang kamu, puas aja gitu ya kalo makan di tempat gaul walaupun pas bayar agak nyesel, yang penting gaya iya kan? Aku ketawa pas denger tagline nya Delta Fm, mereka bilang: mau gaya tapi banyak utang, atau mau hidup tenang banyak tabungan? Jelas dong aku pilih menghindari hutang biar makan enak, tidur nyenyak dan rekening gendut jadi aku tiap hari masak buat aku sendiri, suami, bekal suami ke kantor sampe orang di rumah syukurnya masih bisa nyicipin masakan aku. Kan kalo pasang DP makan at blab la bla, orang-orang kan gak ikut diajak apalagi ikut makan hehe kalo masak sendiri kan bisa lebih hemat, lebih sehat dan bisa berbagi, minimal orang-orang tercinta di sekitar kita bisa ikut mencicipi. Bukan berarti aku gak pernah pasang DP makan dimana loh, bukan berarti aku gak pernah makan diluar, cuma sekarang kalo dipikir-pikir sayang banget uangnya kalo makan di luar terus, boleh lah sehari-hari kita makan sehat nah seminggu sekali cheating time makan di luar sepuasnya. Cuma masalahnya kalo sibuk tiap sebelum makan di foto, kapan belajar masaknya? Kapan belajar hematnya? Kapan berbagi nya? No offense loh ya aku cuma sayang dan gemar memotivasi agar para perempuan enjoy memasak! Ada loh seorang istri yang gak mau masakin buat suaminya bilangnya gini: “Ini rumah tinggal, bukan rumah makan” Sana aja makan masakan Bibi.. jadi bibinya banyak deh wow…elus dada.

Tempat belajar seni di Cimahi dan Bandung Barat

Dulu aku suka bete kalo disuruh Mama masak atau liatin beliau masak ehh sekarang baru terasa kalo masak itu salah satu kegiatan penting yang wajib dikuasai ibuk-ibuk. Sekarang Mama dinas di luar kota wkwkw jadinya aku gugling aja kalo mau nyari ide buat masak. Mari kita mulai dengan makanan sederhana yang tiap hari aku konsumsi yap Beras Merah!

Awal aku berkenalan dengan beras merah sekitar tiga tahun yang lalu, sejak itu aku mulai mengkonsumsinya hingga sekarang.Ternyata enak juga dan ketika aku baca di internet tentang manfaat beras merah, wahh banyak sekali ya manfaatnya. suamiku suka bilang kalo beras merah bikin cepat kenyang dan bisa bikin tubuh lebih berenergi, karena sedikit gula lebih banyak kalori dan kaya akan serat. So far manfaat yang aku rasain adalah gak cepet ngantuk dan berat badan lebih terjaga hehe bonus nya langsing dan merasa lebih sehat! Apapun itu kalau demi kesehatan dan udah tau manfaatnya bagus, kenapa tidak? bukankah waktu bayi makanan yang pertama kali diberikan ibu adalah bubur beras merah? kenapa sekarang gak suka hehe

Banyak temen yang nanya, "San gimana sih caranya masak nasi merah? soalnya kalau aku yang masak kok keras" so, check this out how to cooking healthy pinky rice ala chef Sandra heheh

Pertama-tama kita harus memilih beras merah yang bagus kualitasnya. Terkadang beras merah suka dicampur sama beras putih dan masih banyak serahnya. Kalau aku biasanya beli di dekat rumah mama di grosir khusus penggilingan beras. Selain harganya lebih murah, rasanya juga enak. kalo lagi kosong aku biasa beli di Pasar Antri Cimahi, harganya bervariasi dan menurutku sekarang harganya sama dengan beras putih. Dulu sih pas pertama aku konsumsi beras merah harganya sekitar 8k lebih mahal sedikit diatas beras putih biasa. Kalo sekarang, harga-harga kan udah naik ya cin jadi harga beras merah pernah aku beli paling mahal 15k wow kalau beras merah pack yang ada di supermarket lebih mahal lagi karena diklaim sebagai beras organik. Walaupun harga semen turun, tapi aku gak makan semen loh Pak, lagian semen turunkan buat yang bangun rumah nah kalo yang bangun rumah pasti banyak duit kan? ehehe semoga rejeki nya makin banyak yah jadi walaupun harga beras naik turun cantik kita masih dimampukan buat beli dan hidup sehat yes. Ini adalah contoh beras merah yang aku beli di Supermarket harganya Rp 14.250 untuk satu kilo beras merah Cianjur. Beras ini warna merahnya gak pudar waktu dicuci dan hasilnya merah banget walau sudah aku campur dengan beras putih dan mekar kalo basa Sundanya Bekah dan rasanya enak!

Beras Merah Cianjur Rp 14.250 di Borma Ranca Belut Cimahi

Setelah kita membeli beras merah berkualitas bagus, kita ambil cangkir beras yang kecil sebanyak 2 cup saja dan 1 cup beras putih kalo aku sih perbandingannya gitu tapi tips buat yang belum pernah makan beras merah, mungkin beras putihnya yang 2 cup lalu beras merahnya yang 1 cup oke?

2 cup beras merah dicampur 1 cup beras putih

Langkah ke tiga adalah mencuci beras gunakan air yang mengalir dan saringan khusus untuk mencuci beras yah.  Saat mencuci beras cukup sebentar saja karena jika terlalu bersih nanti vitaminnya hilang.



Yang keempat, masukkan beras ke dalam rice cooker dan beri air sedikit lebih banyak dibandingkan dengan menanak beras putih karena tekstur beras merah memang lebih keras. Aku suka memasukan air sebanyak dua buku jari. Kalo kata mertua tercinta beri garam dan gula secukupnya kalo aku sih enggak hehe. Karena rice cooker punyaku unyu-unyu jadi jangan melebihi tanda batas air yah soalnya nanti kalo kepenuhan airnya keluar dan malah bisa menyebabkan kerusakan pada rice      cooker kamu. Jadi hati-hati ya gunakan feeling chef mu karena akan sangat berpengaruh.

Kelima, jangan lupa tekan tombol cook nya yah!

sahabat setia sejak jaman aku kos rice coocker unyu-unyu

ready

Nasi merah ini juga cocok loh dibuat nasi goreng, kalo aku pribadi ngerasa paling enak makan nasi merah bersama ayam goreng, tumis kangkung, tahu goreng dan sambel goreng oncom/ sambel cikur khas Sunda. Selamat mencoba ya!

MAU LES MUSIK? BACA INI

Comments

  1. bebskiiii..
    berguna bingits yahhhh blognya..
    semoga sukses blognya cyntahhhh :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Vika, makasih ya jadi pembaca setia. Yuk mulai jadi beauty blogger!!

      Delete
  2. makasih tipsnya. belum pernah sih masak beras merah di magic com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mbak Tira, selamat mencoba ya :)

      Delete
  3. Kalau udah makan beras merah lauknya bisa lebih bervariasi yah? Makasih tipsnya. Mau coba ah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa Mba, enak ko demi kesehatan dan ga bikin ngantuk walau makan dikit juga^^

      Delete
  4. Di rumahku, yang doyan beras merah, cuma aku aja. Trus magic com cuma saja doang, jadi, kadang-kadang aja masak beras merahnya. But, makasih ya sharingnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga yang lain ketularan ya aamiin

      Delete

Post a Comment