Skip to main content

Tempat Wisata di Bandung dan sekitarnya part 1 (main ke Tebing Keraton)

Bandung adalah salah satu kota terkenal di dunia, setuju nggak? Secara di Bandunglah tempat terjadinya Konferensi Asia Afrika, berarti Bandung harusnya terkenal dan ada di setiap buku sejarah anak sekolah di Benua Asia dan Afrika dong hehehe

Selain kota sejarah, Bandung juga terkenal sebagai kota fashion, Bandung itu sering disebut Parijs Van Java atau Paris-nya Indonesia. Disinilah tempat anak muda kreatif berasal, banyak artis layar kaca dan seniman lahir atau besar di kota Bandung. Selain itu, kini Bandung semakin kekinian karena menjadi pusat wisata kuliner (next kita bahas ya tempat kuliner di Bandung) dan menjadi tempat destinasi wisata baik domestik maupun internasional. Sayangnya kabar baik tersebut serasa kurang mengenakan karena timbulnya masalah sampah dan kemacetan di kota Bandung.

Baiklah kali ini kita akan membahas tempat main di Bandung atau tempat wisata yang ada di kota Bandung. Buat pecinta alam, kayanya cocok deh main ke tempat yang satu ini, tempat main yang lumayan baru di Bandung, terkenal karena dulu pertama kali di posting di twitter ama seorang pesepeda dan ramai sampe dikenal sebagai tebing instagram heheh yu kita Hiking ke Tebing Keraton

Beberapa bulan yang lalu, aku melihat foto teman di Facebook, lalu aku chat dengan langsung menanyakan dimana lokasi foto tersebut, setelah diberi tahu, aku langsung googling dan mengajak suami untuk pergi kesana. Kebetulan besoknya hari Minggu, jadi suami mengajak teman-temannya untuk pergi juga.

bagaimana cara menuju Tebing Keraton? Kalian tahu Taman Hutan Raya Djuanda atau Dago Pakar gak? Nah tebing Kaeraton itu masih berada di lingkungan hutan konservasi Dago Pakar. Untuk menuju kesana dari Bandung Barat/Cimahi kita harus melewati jl.Pateur Pasteur lurus aja sampe jembatan Pasupati, turun dari jembatan sebelah kiri menuju jl. Taman Sari (ituloh yang sebelah kanannya ada Taman Jomblo dan Balubur Town Square) dari Taman Sari ikutin aja jalan sampai melewati Kebun Binatang dan ITB. Pas udah kelihatan CafĂ© Halaman dan Lukisan dinding Babakan Siliwangi, langsung deh belok kanan sampe ada perempatan McD Simpang lalu langsung belok kiri menuju Jl. Ir. Djuanda  alias menuju Dago Atas.

Dari Dago atas kita lihat sebelah kanan ada Terminal Dago kemudian dua jalan, jangan turun belok kiri, lurus aja nanti ada dua jalan lagi yaitu jl. Dago Giri yang menuju Lembang yaitu turunan ke bawah dan kita masih lurus, kemudian belok kanan sampe melewati Alfamart kemudian belok kiri sampe ikutin jalan yang agak menanjak, dari situ mulai deh udara hutan yang sejuk makin terasa.
Setelah sampai di Tahura Dago Pakar, jangan masuk dulu, kita belok ke kanan ya atau tanya aja penduduk sekitar, mau ke Tebing Karaton. Pasti udah pada tahu kok heheheh. Waktu itu kita juga nanya ke anak-anak dan dikasih tahu jalan tak beraspal ke sebelah kanan.

 Dari Dago Pakar, perjalanan masih lumayan jauh, disarankan isi bensin dulu, pakai mobil juga bisa tapi kayanya Jeep lebih cocok soalnya ada beberapa bagian jalan yang masih jelek. Jalananya cuman satu tapi berkelok-kelok diantara rumah-rumah penduduk dan hutan-hutan yang menghiasi perjalanan. Waktu kita kesana, pemandangan sebelah kanan indah banget, matahari terbit dan ada selimut awan. (saying banget waktu itu semua file foto ilang huhu) Kemudian nanti ada dua jalan, ambil yang kiri yah yang ada pangkalan ojek. Buat yang bawa mobil kayaknya disimpen disini dan pake ojeg deh. Hari itu abis ujan malemnya jadi jalanan agak becek dan licin alias leeur, hampir aja aku dan akang jatuh dari motor tapi untungya aku pake sepatu olahraga jadi gak licin pas nginjek tanah basah. Aku gak nyangka disana juga ada perkampungan penduduk, selanjutnya ada plang Tebing Keraton yah belok kiri lagi jalannya lumayan nanjak nah nanti ketemu parkiran motor dan Pos tiket masuk Wisata Tebing Keraton. 

Waktu itu kita bayar parkir motor 5k dan tiket masuk perorangnya 11k kalo gak salah mah, dulu sih gratis katanya cuman bayar parkir aja. berhubung rame dan buat keamanan sekarang dipasang  blok gitu biar ga licin dan pembatas tebing supaya lebih safety.oia tiket udah termasuk asuransi dan tiket masuk Tahura Dago Pakar (Gua Jepang dan Gua Belanda). So, daripada nanti langsung pulang mending main dulu di Tahura hihi



Menurutku, pemandangan di Tebing Keraton bagus banget soalnya berasa di film Twilight kalo kata pupils ku hahah sayang banget waktu itu gak keliatan sunrise nya. Hidden paradise nya Bandung, MY HOMETOWN DAGO! kemanapun aku dan akang jalan-jalan gakan sekedar buat selfie, tapi menikmatinya dan berfikir kalo misalnya Tebing Keraton ini adalah anugerah Tuhan karena sejak dulu nenek moyang penduduk sekitar Tebing Keraton itu sangat menjaga lingkungan, sayang sama alam sehingga sekarang berkahnya sangat terasa untuk penduduk sekitar.. jadi, jangan buang sampah sembarangan yah!




video nya ada di instagram @art_sense


Tips main ke Tebing Keraton:
1.       Datang lebih pagi
2.       Datang pada saat musim panas/cuaca cerah
3.       Datang pada saat hari biasa. Kalo wiken suka rame banget
4.       Bawa jaket, syal
5.       Pake sepatu yang gak licin (kalo high heels not recommended banget)
6.       Isi batre hp atau kamera
7.       Bawa minum atau camilan siapa tau laper di jalan

Comments

Popular Posts

[Review] Vaseline Repairing Jelly Original

[Review] Sampo Natur: Aloe Vera Extract

[Review] Kosmetik Inez

[Review] Herborist Zaitun Shampoo

Pengalaman USG di Cimahi

[Review] Mineral Botanica Face Brightening Night Cream

Wisata unik dan mendidik : Wisata Seni ke Bale Seni Barli

Hadiah Untuk Ibu Menyusui

[Review] Sisir Pelurus Rambut

[Review] Marina Body Scrub, Bright and Fresh